Tentang

Perhimpunan Mikrobiologi Indonesia (PERMI) cabang malang diketuai oleh Dr.Dr. Noorhamdani dari FK Univ Brawijaya dan Sekretaris Ir. Nur Hidayat, MP dari Fak Teknologi Pertanian Univ. Brawijaya.

saat ini artikel-artikel masih belum lengkap. kami mengundang seluruh pemerhati untuk juga bergabung agar blog ini memberi manfaat.

salam

nur hidayat

67 thoughts on “Tentang

  1. Mas Nur Hidayat mbok ya o widget “komentar terakhir” ditampilkan sehingga pemberi komentar bisa tampil di sidebar blog. Terima kasih

    Permi Purwokerto
    Hendro Pramono

  2. Makasih. saran sudah saya tampilkan Pak. semoga makin baik ya. maklum karena tiap hari saya juga ngisi di ptp2007.wordpress.com untuk pangan dan teknologi pertanian. boleh kok di tautkan/link.

  3. Assalamualaikum…
    mau nanya nih….
    saya sedang meneliti tentang Saccaharomyces Cerevisae,
    saya belum menemukan literatur yang pas mengenai perkembangan Saccaharomyces Cerevisae. jadi saya mau menanyakan tentang :
    berapa lama waktu maksimum perkembangan Saccaharomyces Cerevisae, dan
    waktu maksimum fermentasi gula menjadi alkohol oleh Saccaharomyces Cerevisae.

    saya sangat menantikan balasan jawaban yang bermanfaat untuk penelitiian saya.
    Terimakasih sebelumnya…
    Wassalamualaikum….

  4. saccahromyces tumbuh pada berbagai media dengan sumber karbon gula. Laju pertumbuhan tergantung konsentrsai gula dan fase petumbuhannya.
    untuk memfermentasi gula waktu yang dibutuhkan juga tergantung kadar gula dan faktor lingkungan lainnya.
    saya akan usahakan untuk membuat artikel atau setidaknya menampilkan artikel yang dapat di download agar membantu anda.

  5. Ass…
    mau tanya ni, saya ingin meneliti tentang toksisitas bakteri, saya belum menemukan referensi yang mendukung tentang penelitian saya. pertanyaanya kira-kira buku-buku apa saja yang mendukung?
    terimakasih

  6. mohon diperjelas apa yang dimaksud:
    a. toksin yang dihasilkan bakteri?
    b. toksisitas bakteri?
    untuk penelitian seperti apa? karena banyak sekali bakteri yang menghasilkan toksin atau keberadaan bakteri itu yang menyebabkan keracunan ada foodborne disease dan foofborne pathogen juga intoxication. kalau ada masalah yang lebih spesifik tolong disampaikan biar tidak salah tafsir.
    salam
    nur

  7. assalam..
    mau tanya pak, ada starter buat nata de coco ga’ ya, ni mau mencoba utk bikin nata de coco, tapi starternya ga’ tau cari kemana, klo tidak keberatan minta email atau no tlp utk bisa beli starternya, bisa kirim ke email eko.prasetyo46@gmail.com, makasih sebelumnya..

  8. Salam sejahtera,

    Saya Kuswasana Adi baru kali ini membuka situs ini. Saya praktisi dalam bidang pengolahan limbah industri yang dalam bidang pekerjaan saya seringkali bersinggungan dengan mikroorganisme.

    Menurut saya situs ini sangat bermanfaat untuk pengembangan teknologi di Indonesia, karena menurut saya mikroorganisme memang memiliki peran yang sangat luas dalam berbagai bidang kehidupan kita.

    Saya sangat tertarik untuk mengunjungi kembali situs ini oleh karena itu saya mohon ijin terlebih dahulu, namun sebelumnya saya mau bertanya mengenai batasan pokok bahasan yang boleh dikirimkan dalam situs ini baik komentar maupun artikel.

    Kalau ada beberapa pertanyaan mengenai penanganan limbah industri kirimkan saja ke e-mail saya (kuswasana_adi@yahoo.com), mungkin saya dapat membantu.

    Kalau ada kata-kata yang kurang berkenan saya mohon maaf sebelumnya.

    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

    Salam,
    Kus

  9. blog ini sifatnya tidak terlalu khusus pak, intinya artikel yang berkait dengan mikrobiologisecara umum baik untuk kesehatan, pangan, lingkungan, limbah dsb. sebagian artikel kami buat untuk memenuhi petanyaan pembaca blog ini, artikel apapun kami terima pak sepanjang yang berkait dengan mikrobiologi dipandang dari sisi manapun.
    mengenai pengolahan limbah, sangat kami harapkan. mngkin saja artikel bapak akan mendapat masukkan atau pertanyaan sehingga dapat berkembang atau menjadi artikel baru.
    kami tunggu artikelnya
    salam
    nur

  10. assalamu alaikum
    pak nur saya kesasar kesana kemari nyari sumber informasi/pengetahuan tentang bagaimana cara membuat sendiri bibit jamur merang secara in vitro (kultur jaringan) saya tdk memiliki basis biologi, tapi orang tuaku petani jamur merang tradisional yg terlalu bergantung pada penjual bibit. mohon info maupun reverensi nya ya pak nur yang baik.
    wassalamu alaikum

  11. Ass.

    Salam kenal pak Hidayat, saya sering dapat info-info bagus dari Permi alhamdulillah.

    Terus mau tanya dan mohon bisa dihubungkan dengan produsen Brem terbaik dan halal, kebetulan saya produksi tape ketan di Kuningan Jawa Barat karena sudan menjadi paket oleh-oleh daerah, bermaksud :
    1. Kami tahu bahwa brem dibuat dari tape;
    2. Kami siap drop bahan hasil olahan kami sesuai kebutuhan, sehingga produsen brem bisa mempercepat produksi;
    3. Terus terang, tape yang masih layak dikonsumsi setiap harinya lumayan banyak kurang teroleh dengan baik pun kami mau mencoba buat brem sendiri bukan ahlinya tapi kalau buat tape Kuningan Insya Allah kami ahlinya. Padahal kami produksi setiap hari sesuai permintaan pasar, sedangkan yang retur setelah 2 minggu di pasar kami sedang mencari alternatif yang terbaik agar tetap manfaat dengan jaminan layak dikonsumsi dan halal.

    Bisa menghubungi saya di 0232 8880056 / 085216309384 / 085217182338

    Terima kasih,
    ANA

  12. brem padat ato cair, setahu saya brem cair ada alkoholnya ya, jadi apakah halal? kalau brem padat kenapa ga dibuat sendiri pak? siapa tahu bisa jadi tren sebagai brem kuningan?
    selamat mencoba

  13. Makasih pak sarannya, memang ada rencana buat sendiri lagi dipelajari dulu ilmunya sedetail mungkin. Hasil riset kalau yang padat itu halal dengan kandungan tapi kalau yang cair masih banyak pendapat karena memang awalnya dijadikan minuman adat di Bali.

    Boleh kasih sumber pembuat brem gak? kalau literatur dah banyak tapi kan ada ahlinya mungkin lebih ke teknis bisa lebih faham.

    Jzklh,
    ANA

  14. Makasih atas infonya,.

    Saya mau menanyakan bagaimana caranya mengembangkan aktivator / starter kompos dengan menggunakan media padat semacam bekatul atau jerami padi.
    Terimakasih.

  15. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    mohon infonya untuk bagaimana caranya dan dimana mendapatkan Bio P2000Z (Microba goegle) di Jawa Timur. Ingin rasanya untuk aplikasi di Daerah Lamongan…..
    Terima kasih sebelumnya dan saya tunggu…

  16. Salam kenal Pak Nur,

    kalau hendak membeli bakteri Saccharomyces dan juga cendawan Aspergillus sebaiknya dimana? (posisi kami di Jakarta)
    Maklum kami bukan dari disiplin ilmu Biologi atau Mikrobiologi, jadi lebih baik membeli daripada mengembangkan bakteri dan jamur tsb. sendiri.

    Mohon diinformasikan harganya per satuan berat.

    Terima kasih.

    Salam
    Arya

  17. Ass.Wr.Wb
    Pak saya sangat tertarik dengan budidaya jamur,tolong beritahu saya kronologi tentang budidaya jamur dari tahap awal(persiapan)sampai tahap akhir(pemanenan) dan syarat-syarat tertentu,dan tolong kirimkan ke alamat E-mail saya :Agoes.stone@gmail.com.Saya berharap dari kemurahan hati Bapak untuk membagikan ilmu kepada saya.

    Terima Kasih.

  18. Kepada Yth
    PTP 2007

    Kami mengadakan seminar tentang autoclave, generasi terbaru dari systech germany.
    Bagaimana caranya saya mengirimkan undangan untuk seminar tersebut dan di tujuka kepada siapa?
    karena sifatnya terbatas.
    terima kasih atas perhatiannya.

    • salam
      nampaknya bapakbeberapa waktu yg lalu juga mengajukan ke Lab hayati ya? hanya karena tidak tepat waktu dan tanpa undangan terlebih dahulu sehingga tidakdapat diterima.
      silahkan kirim undangan dan tempat dimana,siapa yang akan diundang? kami akan coba rekomendasikan sejawat yang ada atau kamipsangundangan diblog ini.
      salam
      nur hidayat

  19. apakah bapak mempunyai alamat e mail? dari sana kami meminta bantuan dari bapak untuk di berikan ke user yang tepat.
    kami minta maaf karena undangan tersebut tidak untuk umum, maka kami tidak masukkan dlm blog tersebut, terima kasih atas perhatian dari bapak.

    kami juga ada nomor Hp 081-1321059, bila ada rekan bapak yang hendak ikut seminar.

  20. Ass.Wr.Wb
    Pak saya sangat tertarik dengan budidaya jamur,saya domisili dipurwokerto,dimana saya bisa mendapatkan pelatihannya,,?

  21. sy sudah agak lama membuat baglog jamur tiram, ttapi bru kali ini banyak yg gagal, sebelum di sterilisasi baglog sdh ijo (kontem)padahal belum seminggu, habis di sterilisasi tumbuh jamur orange di mulut kapasnya, ini penyakit apa ya pak? dan cara mengatasinya bagaimana?

    • berarti dari awal memang sudah jelek ya, maka disterilkan mungkin tetep masih ada mikrobianya. hijau kemungkinan aspergillus dan oranye mungkin neurospora

  22. Askum.
    Saya petani jamur pemula. Saya kesultan dlm memasarkn. Dimana saya bsa mendapatkan pengepul jamur.? Saya tinggal di Trenggalek Jawa Timur. Klo ada tlg hbungi ke 085645729877

  23. pak,saya mau tanya dimana alamat pengepul jamur di surabaya, saya tertarik budidaya jamur tapi bingung pemasarannya, terima kasih pak sebelumnya

  24. Selamat malam,
    Salam kenal pak Nur, Saya Fathan di Blitar.
    Bolehkah saya minta kontaknya Bu Lilik Fak. Peternakan UB?
    Saya tertarik dengan kefir dan mau tanya tentang bibit kefir ke Bu Lilik.
    Terima kasih.

  25. ASS. WR. WB.
    Terima kasih pak Nur atas jawabannya, maaf pak mau tanya lagi. Bagaimana cara mudah dan praktis mengisolasi bakteri nitrifikasi?
    Terima kasih.

  26. PUSAT PELATIHAN / KURSUS BUDIDAYA JAMUR TIRAM
    Fasilitas :
    1.Tempat praktek yang luas dan nyaman.
    2.Peralatan dan perlengkapan komplit, memadai dan standar nasional.
    3.Tim pengajar yang ahli dan profesional dibidangnya.
    4.Harga kursus pelatihan yang relatif murah dan terjangkau.
    5.Dijamin 100 % setelah praktek atau kursus di “ Bagus Jamur “
    anda langsung bisa membuka usaha bisnis jamur anda.

    Bagi rekan – rekan yang yang jauh disediakan Fasilitas :
    1.Pelatihan / kursus selama 5 hari
    2.Tempat Kost, Asrama, Penginapan, Hotel
    3. Makan, minum, snek, tidur, selama pelatihan terjamin
    4.Tempat pelatihan di tengah kota
    5. Biaya yang relatif murah dan terjangkau

    MENJUAL :
    Jamur tiram segar atau olahan, bibit jamur, plastik log, cincin log, media
    tanam, pawon apolo berbahan plat dan baja, kapasitas isi banyak,
    rak jamur bambu terbaru dan termodern paling kuat kapasitas
    isi 880 log. Dan semua peralatan & perlengkapan komplit untuk budidaya
    jamur tiram yang baru mulai buka usaha bisnis jamur.

    ALAMAT :
    Jalan Ahmad Yani RT. 01 RW. 08 Desa Gandrungmanis
    Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap Jawa Tengah.
    Atau dari Stasiun Kereta Api Gandrungmangu ke selatan kurang lebih 1 km,
    Email: bagus_wahyu_saputra47@yahoo.co.id.
    Web : Bagusjamurcilacap.blogspot.com
    Hubungi Bagus Jamur 081384759024.

  27. aslmkm. pak saya mau tanya, jamur tiram putih di budidayakan di daerah lamongan gmana??rencana ingin usaha jamur tiram, tapi masih ragu.

  28. Assalamu’alaikum wr wb.

    Pak, sy sedang melakukan penelitian tentang fermentasi pati tapioka dengan bakteri BAL . Mau tanya , pak . Bak fermentasi yang sy pakai sedalam 90 cm dan isi endapan patinya sekitar 70 cm. Ada gas CO2 hasil fermentasi yang berada di lapisan bawah terjerap di endapan pati .Apakah keberadaan gas CO2 sebagai hasil fermentasi yg terjerap di pati mengganggu (atau bahkan racun) terhadap bakteri itu sendiri ? matur nuwun.

    • kemungkinan dapat mengganggu, tapi belum diteliti. hal ini karena BAL bkn bakteri yg membutuhkan CO2, tapi sampai akdar berapa menggangu belum diketahui mungkin peli diteliti, juga pengaruh dari enzim yang ada apakah dipangruhi oleh CO2 atau tidak

  29. Selamat sore, pak. pertama tama saya ,berterima kasih ada nya blog ini. saya mau menannyakan di mana saya bisa mendapat kan jamur kecap. karena saya termasuk awam. Dan saya tertarik untuk memahami nya. terima kasih bapak.

    • salam
      penjualjamur untuk kecap memang belum ada. dapat pesan ke UGM di FTP untuk beli jamur Aspergillus oryzae. kalo mau ya dapat isolasi dari fementasi kecap secara liar dan pilih atau seleksi yang warna hijau kekuningan dan kembangkan terus

  30. Selamat pagi,pak. Saya membuat tempe di Calgary Canada. Saya ada pertanyaan mengenai kadang tempe rasanya pahit. atau bau pesing. Itu apa penyebabnya. Terima kasih

  31. asslamu’alaikum bapak,
    saya salah satu mahsiswa pasca ub, dan sekarang sedang mengerjakan penelitian tesis,
    bapak saya mau tanya, saya melakukan sterilisasi media skim milk agar sesuai dengan prosedur yang ada yaitu pada suhu 121 derajat dengan lama waktu 1 menit, akan tetapi media mengalami kerusakan, menurut saya suhu yang digunakan terlalu panas dan terlalu lama menyebabkan proteinnya mengalami kerusakan. yang saya tanyakan bagaimana cara yang benar untuk sterilisasi media skim milk agar bapak?
    terima kasih,,

  32. selamat malam pak. saya Hutomo, mahasiswa teknik kimia UPN Veteran Yogyakarta. Untuk penelitian saya diharuskan melakukan uji kolagen untuk mengetahui jenis kolagen yang terdapat pada sampel yang saya gunakan. apakah ada rekomendasi Laboratorium yang dapat membantu pengujian teresbut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s