Aeromonas hydrophila

Nur Hidayat

Bakteri ini tersebar secara luas di alam terutama air. Dalam makanan bakteri ini dapat di jumpai pada susu segar, keju, ice cream, daging, ayam, sayuran, ikan, udang dan hasil laut lainnya. Aeromonas hydrophila bersifat anaerob fakultatif, batang, gram negative, motil dengan flagella polar. Kisaran suhu pertumbuhan adalah 4 – 50C sampai dengan 42 – 430C dengan suhu optimum 280C. kisaran pH 4,5 – 9,0.  Merupakan bakteri pathogen pada ikan, kura-kura, katak, buaya dan manusia. Bakteri ini menyebabkan gastroenteritis pda manusia. Bakteri ini mampu membentuk hemolysin, enterotoksin dan cytotoxin. Nilai D480C adalah 5,2 menit pada larutan garam dan 4,3 menit pada susu segar dengan nilai z 6,210C.

Dari strain-strain A. hydrophila yang berhasil diisolasi dari lingkungan dan manusia menunjukkan bahwa sebagian besar mengindikasikan enterotoxin. Pada awalnya strain toxigenic hanya sedikit namun terus tumbuh ketika masuk dalam pencernaan. Perbandingan jumlah strain yang toksigenik dan nontoksigenik akan terus berubah sesuai kerentanan penderita. Jumlah minimal strain toksigenik untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik adalah 1000 bakteri/mL. Namun demikian yang harus diwaspadai adalah toksin yang dihasilkan akan tetap menyebabkan sakit meski tanpada adanya sel yang hidup. Untuk menginaktifkan toksin ini maka diperlukan pemanasan setidaknya 600C selama 20 menit atau 650C selama 10 menit.

Pustaka

Annapurnaand. E and S. C. Sanya. 1977. Enterotoxicity Of Aeromonas hydrophila. J. Med. Microbiol. 10: 317 – 323.

Davidson, P.M. 2003. Foodborne Diseases in the United States. In Food Plant sanitation (Hui, et.al eds). Marcel Dekker, Inc. New York.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s