Biopestisida

Kapang entomopatogenik merupakan pathogen paling umum terkait dengan tungau laba-laba dan telah teruji secara laboratories. Oleh sebab itu penggunaan biopestisida ini guna melawan Tetranychus urticae menggantikan pestisida sibtetik acaricida perlu dikembangkan dengan lebih baik. Pada percobaan rumah kaca maka aplikasi penyemprotan dengan Beuaveria bassiana, Metarhizium anisopliae, Leuxanicilium lecanii telah mampu menurunkan jumlah T. articeae  pada tanaman tomat. Dikethui pula bahwa Naturalis-L (B. bassiana) juga kompatibel denganpredator tungau seperti Phytoseiulus persimilis. Kerentanan inang terhadap kapang pathogen ini dipengaruhi oleh factor-faktor lingkungan. Suhu merupakan salah satu factor yang mempengaruhi virulensi isolate kapang.

Guna membuat biopestisida maka kapang ini harus ditumbuhkan pada medium Sabouraud dextrose agar (SDA) dalam cawan petri dengan waktu 3 minggu pada suhu 26 + 20C. Konidia di permukaan dipanen dengan cara mengikisnya kemudian disuspensikan dalam 20 mL aquades steril yang mengandung Triton X-100. Suspensi konidia  kemudian divortex selama 5 menit untuk menghasilkan suspense konidia yang homogeny. Sebelum digunakan dilakukan pengujian viabilitasnya dengan cara suspensi konidia (3 X 106 konidia/mL) ditumbuhkan pada gelas obyek yang mengandung SDA secara spread-plating, kemudian ditutup dengan gelas penutup dan diinkubasi pada 26 + 20C selama 24 jam. Persentase perkecambahan dengan menghitung 100 spora per gelas obyek.

Hasil pengujian viabilitas menunjukkan bahwa kemampuan spora berkecambah sebesar 81 – 96%. Uji patogenisitas menunjukkan bahwa pada suhu 260C kapang ini bersifat pathogen apda T. urticae dewasa dan menyebabkan kematian sebesar 95 – 99 %. Tingkat virulensi juga meningkat dengan meningkatnya suhu.

sumber:

Bugeme, D,M., M. Knapp., H.I. Boga.,  A.K. Wanjoya and N.K. Maniania. 2009.  Influence of Temperature on Virulence of Fungal Isolates of Metarhizium anisopliae and Beauveria bassiana to the Two-Spotted Spider Mite Tetranychus urticae Mycopathologia 167:221–227

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s