Biotransformasi Triclosan

Triclosan (2,4,4’-trichloro-2’-hydroxydiphenyl ether) umum digunakan sebagai senyawa antimicrobial pada deodorant, sabun dan pasta gigi selama bertahun-tahun. Bagimana mekanisme kerjanya belum banyak diketahui. Salah satu hasil penelitian menunjukkan bahwa triclosan akan menghambat salah satu tahap dari sintesis ama lemak pada bakteri. Penggunaan triclosan yang begitu banyak kini mulai mencemari lingkungan baik sebagai triclosan ataupun turunannya. Struktur kimia triclosan dapat dilihat pada Gambar 10.1. senyawa ini bersifat xenobiotik sebagaimana senyawa-senyawa halogenated diphenyl ether.

triclosan

Gambar 10.1. Triclosan

Pada bakteri, triclosan pada dasarnya tidak dimetabolisme bakteri (misalnya Rhodococcus chlorophenolicus) yang dapat melakukan metilasi chlorinated hydroxydiphenyl ether lainnya. Namun demikian, telah diketahui bahwa jamur Trametes versicolor  dan Pyncnoporus cinnabarinus mampu melakukan biotransformasi triclosan.

Medium yang mengandung triclosan dan diinokulasi jamur T. vesicolor ataupun P.cinnabarinus dan diinkubasi selama 48 – 72 jam menunjukkan adanya dua produk yang terdeteksi pada HPLC dan meningkat jumlahnya. Waktu retensi produk A dan B yang lebih pendek dari triclosan menunjukkan bahwa kedua senyawa hasil biotrasformasi ini  lebih bersifat hidrofilik. Pada medium yang diinokulasi dengan T.versicolor juga terdapat senyawa lain yaitu 2,4-dichlorophenol. Senyawa hasil biotrasformasi yang terbentuk adalah penggantian H pada OH dengan senyawa gula (Gambar 10.2).

gambar 10-2

 

Daftar Pustaka

Kai Hundt, Dierk Martin, Elke Hammer, Ulrike Jonas, Markus Karl Kindermann,  And Frieder Schauer. 2000. Transformation Of Triclosan By Trametes Versicolor And Pycnoporus Cinnabarinus. Appl. Environ. Microbiol. 66: 4157–4160.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s