Difteri

Nur Hidayat

Difteri adalah racun yang disebabkan oleh strain dari bakteri Corynebacterium diphtheriae. Eksotoksin dihasilkan bila bakteri terinfeksi oleh bakteriofag yang membawa gen penghasilkan racun (gen tox). Hanya strain racun yang dapat menyebabkan penyakit parah. ( Jarang penyakit difteri-seperti ini disebabkan oleh strain racun dari C. ulcerans atau C. pseudotuberculosis) C. diphtheriae memiliki tiga biotipe: gravis, intermedius, dan mitis.

Biotipe gravis dikaitkan dengan penyakit yang paling parah, namun beberapa strain mungkin toksigenik. SEMUA isolat klinis dari C. diphtheriae harus diuji untuk toxigenicity. Strain nontoksikogenik dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan infeksi invasif lainnya, dan telah dikaitkan dengan kejadian endokarditis.

Difteri adalah penyakit saluran pernapasan atas penyakit yang ditandai dengan sakit tenggorokan, demam, dan pseudomembran amandel, faring, dan / atau hidung. Penyakit ini dapat melibatkan hampir semua selaput lendir. Untuk tujuan klinis, difteri dapat diklasifikasikan menurut status infeksi:

  1. Difteri hidung anterior
  2. Difteri faring dan tonsil
  3. Difteri laring
  4. Difteri kulit

Difteri ditularkan dari orang ke orang melalui droplet pernapasan atau melalui kontak dengan cairan dari lesi kulit.  Orang yang tidak diobati umumnya menyebarkan bakteri dari saluran pernafasan atau dari lesi kulit selama 2-4 minggu setelah infeksi.

Andalan pengobatan untuk difteri adalah antitoksin difteri. Jika difteri diduga kuat berdasarkan temuan klinis, spesimen bakteriologis untuk pengujian harus dikumpulkan dan kemudian antitoksin harus segera diberikan tanpa menunggu hasil.

Imunisasi dengan toxoid difteri menghasilkan kekebalan yang berkepanjangan tapi tidak seumur hidup.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s