Populasi Bakteri Rhizobium di Tanah pada beberapa Tanaman dari Pulau Buton, Kabupaten Muna, Propinsi Sulawesi Tenggara

Sri Purwaningsih

Bidang Mikrobiologi, Puslit Biologi-LIPI, Bogor, Jl. Juanda 18, Bogor 16123.
J. Tanah Trop., Vol. 14, No. 1, 2009: 65-70.

Pulau Buton merupakan salah satu pulau kecil yang termasuk dalam wilayah Sulawesi Tenggara, yang memiliki nilai keanekaragaman hayati yang tinggi, terutama keanekaragaman hewan, tumbuhan dan mikroba. Usaha penggalian sumber daya hayati tersebut belum banyak dilakukan, baik flora, fauna maupun mikrobanya. Untuk itu perlu dilakukan eksplorasi mengenai potensi biota, terutama yang berhubungan dengan kesuburan tanah, salah satunya adalah mikroba tanah (bakteri tanah).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui populasi bakteri Rhizobium , dan untuk mendapatkan isolat murni sebagai kultur murni (“Culture collection”) serta mengetahui sifat fisiologisnya, yang nantinya dapat dikembangkan sebagai sumber plasma nutfah mikroba penyubur tanah

Kesimpulan: jumlah bakteri Rhizobium, pada daerah perakaran tanaman lebih banyak dibandingkan dengan sampel yang tidak ada tanaman (tanpa tanaman). Jumlah bakteri Rhizobium berkisar antara 7 – 115 × 10^5 CFU g-1 tanah, dan jumlah tertinggi pada perakaran tanaman ubi jalar (Ipomea batatas). Didapatkan 40 isolat murni, 35 isolat termasuk dalam kelompok tumbuh cepat, dan 14 isolat lainnya termasuk dalam kelompok tumbuh lambat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s