Meet the Data-Storing Bacteria

sumber:http://www.pcworld.com/article/214776/meet_the_datastoring_bacteria.html

Bakteri berada di garis depan berita akhir-akhir ini, dan bukan hanya sebgai menyebabkan penyakit. Sebagai contoh, NASA menemukan bakteri di California pada arsen, dan peneliti lain menemukan cara untuk membuat bakteri bermain Sudoku. Namun, para ilmuwan sekarang menguji kemampuan menyimpan data elektronik di E.coli.

Menurut mahasiswa Universitas Cambridge di majalah BlueSci, peneliti dari Universitas Hong Kong berhasil menempatkan 90GB data ke dalam DNA dari koloni E.coli. Data juga dapat dienkripsi oleh sisi spesifik rekombinasi genetik tertentu; proses murni alami yang berarti data dapat campur aduk.

Ilmu yang menakjubkan

Mengingat bahwa ada tampaknya sekitar 10 juta sel dalam tiap gram bakteri, dan setiap sel dapat memiliki penyimpan kurang lebih 5GB, ini bisa mengakibatkan beberapa kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Plus, berbagai jenis sel memiliki radio resistance kuat dari yang lain, yang berarti sel – dan data di dalamnya – akan bertahan dari ledakan nuklir.

Namun, penemuan masih memiliki banyak pekerjaan yang harus terus dipelajari,  DNA sel dapat bermutasi, yang bisa menghancurkan beberapa data yang tersimpan. Karena ancaman ini, pengujian hanya dilakukan pada bakteri hasil rekayasa genetika dan terbatas untuk menyimpan data informasi hak cipta saja. Jadi jangan merasa terlalu bersalah membunuh bakteri di rumah anda dengan pembersih kuman-penghilang dulu.

By Elizabeth Fish, PCWorld Dec 24, 2010 12:51 am.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s