Biofilm

Nur Hidayat

Biofilm adalah matriks yang menyelimuti pertambahan mikrbial yang melekat pada permukaan biologis atau non-biologis. Secara tipikal, bentuk biofilm dalam habitat seperti pada permukaan yang terendam yang terterpa aliran air. Namun demikian, biofilm juga dapat terjadi pada habitat-habitat lainnya mulai dari akar tanaman sampai unit pengolah limbah. Secara alami, biofilm dapat ijumpai dalam mulut kitya, di toilet, di tanaman air yang terendam dan pada peralatan medis seperti catheter an prosthetic heart valve. Perkembangan biofilm juga dapat diuji dalam sistem model terutama untuk bakteri yang dapat dikulturkan.

Hal yang menarik tentang kajian biofilm adalah adanya perilaku yang berbeda dari mikroorganisme ketika tumbuh dalam biofilm dan ketika tumbuh sebagai sel tersuspensi. Melalaui penempelan satu sel dengan lainnya pada permukaan padat, mikroorganisme mampu memodifikasi sekitarnya (mikro-habitat), membuat penyangga/bufer untuk mengatasi fluktuasi fisik dan khemis

Perkembangan pembentukan biofilm mencakup tahapan-tahapan:

  1. Struktur ekstraselular spesifik seperti flagella akan menuju dan kemudian berada pada permukaan padat
  2. ada ekspresi gen spesifik (dan produk proteinnya) yang memungkinkan sel menempel dan melakukan perkembangbiakan membentuk monolayer.
  3. sel-sel yang telah berkembang biak dan mengekspresikan gen pengontrol untuk membentuk mikro-koloni
  4. biofilm matang membentuk jejaring tiga dimensi
  5. biofilm merupakan kehidupan yang dinamis dan memungkinkan terjadinya fragmentasi dengan membebaskan sel untuk kemudian berkembang sebagai biofilm baru.

 

biofilm

biofilm P.aeruginosa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s