Ketua Permi Cabang Malang dilantik sebagai Wakil Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Bidang Penelitian

Rektor pada Pelantikan Pejabat UB: Perlu Perubahan Budaya Kerja
24 November 2008
Perubahan budaya kerja dari budaya kerja pegawai negeri menuju profesionalisme, menuntut kerja keras kita semua. Rektor Prof Dr Ir Yogi Sugito menegaskan ini, Senin (24/11), dalam upacara pelantikan sejumlah pimpinan fakultas, lembaga, unit pelayanan, dan pejabat eselon di lingkungan Universitas Brawijaya.
Upacara pelantikan diselenggarakan di Sasana Samanta Krida UB, mulai pukul 10.00 WIB. Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an, dan pembacaan surat-surat keputusan, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah para pejabat yang dilantik dan penandatanganan naskah sumpah jabatan, serta pelantikan oleh Rektor. Dalam upacara itu juga dilakukan serah terima jabatan, antara pejabat lama dengan pejabat baru.
Bertaraf internasional
Rektor mengingatkan kembali, saat ini UB sedang memasuki masa-masa yang sangat menentukan dalam perjalanan menuju universitas yang otonom dan bertaraf internasional. Untuk itu diperlukan komitmen yang kuat dari semua pihak, terutama unsur pimpinan. “Perubahan besar harus segera kita lakukan, bila tidak mau tertinggal oleh perguruan tinggi lain”, tegas Rektor. Perubahan itu tidak hanya menyangkut organisasi dan manajemen dalam masa transisi menuju status BHPMN (badan hukum pendidikan milik negara) serta berbagai aspek perubahan lain di bidang akademik, keuangan, kepegawaian, kemahasiswaan, maupun bidang pengelolaan aset. Tapi yang lebih penting adalah perubahan budaya kerja, dari budaya pegawai negeri menuju profesionalisme. Ditambahkan, saat ini UB sedang mengajukan perubahan status menjadi BLU (badan layanan umum), suatu status yang otonom di bidang keuangan, sebagai perantara sebelum otonom penuh.
Tiga pilar
Perubahan yang diharapkan, menurut Rektor, tetap mengacu pada tiga pilar program Depdiknas, yaitu: pemerataan dan perluasan akses; peningkatan mutu, relevansi dan daya saing; serta penguatan tatakelola, akuntabilitas dan citra publik. Sesuai dengan Restra Depdiknas, target Dikti sampai tahun 2009 yang harus direalisasikan perguruan tinggi adalah: persiapan menuju world class university dengan mempersiapkan beberapa jurusan yang berstandar internasional, UB memulai dengan membuka kelas berbahasa Inggris di semua fakultas; memperoleh sertifikat sistem manajemen mutu ISO 9001:2000, yang dalam waktu dekat akan diperoleh UB; realisasi sistem penggajian berdasarkan kinerja (PP 9 tahun 2007), yang dengan status BLU akan terlaksana lebih cepat; inventarisasi dan pengelolaan barang/aset milik negara (BMN) secara transparan dan akuntabel; jumlah dosen berkualifikasi S2 dan S3 lebih dari 85%, S3 di atas 50%, dan gurubesar di atas 10%, saat ini banyak dosen UB yang sedang studi lanjut; jumlah program studi terakreditasi A lebih dari 50%; kelulusan tepat waktu lebih dari 80%; peningkatan kualifikasi dosen dan pegawai administrasi yang sesuai dengan kompetensinya, di UB berjalan secara linier; pengembangan vitalisasi internal audit, UB telah membentuk Satuan Pengendalian Internal (SPI); dan pengembangan soft skill bagi mahasiswa untuk menunjang entrepreneurship education, sesuai arah pengembangan UB menuju entrepreneurial university.
Pejabat baru
Pejabat fakultas yang dilantik, antara lain: Dr Ing Setyawan Purnomo Sakti MSc sebagai Pembantu Dekan I Fakultas Matematika dan Ilmi Pengetahun Alam (FMIPA) menggantikan Drs Unggul P Juswono MSc, Farid Rachman SSi MSi sebagai Pembantu Dekan II FMIPA menggantikan Drs Nur Hidayat MS, Dr Agung Pramana WS MS sebagai Pembantu Dekan III FMIPA menggantikan Drs Warsito MS, Dr Suryadi MSi sebagai Pembantu Dekan III Fakultas Ilmu Sosial, Dr dr Noorhamdani AS SpMK sebagai Wakil Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Bidang Penelitian, Prof Dr Agus Suryono SU sebagai Wakil Ketua LPPM Bidang Pengabdian Masyarakat. Rektor juga melantik pimpinan unit pelayanan, Dr Ir Agus Tjahjono MS sebagai Ketua Inkubator Bisnis dan Dr Ir Ni Wayan Suryawardani MS sebagai Ketua Unit Pelayanan Teknologi Informasi Komunikasi. Selain itu juga dilantik beberapa ketua jurusan di FMIPA dan FIS.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s