Disertasi Ulfah Utami: Senyawa Antibakteri dari Tanaman Mangrove

13 Agustus 2008
Kebutuhan bahan antimikroba untuk terapi penyakit infeksi masih tinggi. Di sisi lain timbul mikroorganisme patogen yang resisten terhadap antimikroba yang ada. Kondisi tersebut menuntut pencarian bahan-bahan antimikroba baru untuk mengatasinya. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan mencari antibakteri baru, melalui eksplorasi dan seleksi mikroba, mencari jenis yang beragam dari habitat yang beragam pula dengan harapan akan akan didapat isolat baru yang menghasilkan antibakteri yang lebih baik.
Upaya tersebut dapat dilakukan dengan memproduksi senyawa metabolit sejenis yang terdapat dalam tanaman, misalnya dari hutan mangrove. Habitat hutan mangrove dilaporkan memiliki tanaman-tanaman yang mengandung senyawa metabolit sekunder yang aktif sebagai antimikroba, misalnya tanaman Bruguiera gymnorrhiza.
Demikian diungkapkan Dra Ulfah Utami MSi dalam disertasi berjudul “Isolasi, Identifikasi, dan Seleksi Bakteri Endofit Penghasil Senyawa Anti Bakteri dari Tanaman Mangrove (Bruguiera gymnorrhiza)”. Ujian terbuka disertasi ini dilaksanakan Program Pascasarjana Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Rabu (13/8), dengan promotor Prof Dr Ir Soemarno MS, kopromotor Prof Dr dr Sumarno DMM Sp MK, dan Ir Yenny Risjani DEA PhD, serta majelis penguji yang terdiri dari Prof Dr Ir Siti Rasminah Ch Sy, Dr drh Aulani’am DES, Dr Dra Utami Sri Hastuti MPd, dan Mohammad Amin MSi PhD.
Ulfah melakukan penelitian disertasinya melalui beberapa tahapan kerangka operasional penelitian. Sampel tanaman Bruguiera gymnorrhiza diambil dari lima lokasi berbeda. Selanjutnya dilakukan isolasi dan identifikasi bakteri endofit Bruguiera gymnorrhiza yang terkandung di akar, ranting, daun, dan buah. Tahap berikutnya, dilakukan pemurnian dan identifikasi yang meliputi pewarnaan gram, morfologi koloni, dan uji kimia. Uji aktivitas antibakteri metabolit dan endofit dilakukan dengan mengkultur bakteri pada media MHB dan juga pengukuran diameter zona hambat pertumbuhan bakteri uji. Selanjutnya dengan menganalisis protein menggunakan SDS-PAGE, mengisolasi fraksi protein, dan uji aktivitas anti bakteri fraksi protein dilakukan untuk proses fraksinasi protein metabolit bakteri endofit. Sedangkan proses pemeriksaan kualitatif senyawa metabolit sekunder bakteri endofit dilakukan melalui ekstraksi metabolit sekunder dengan diklorometan, penapisan kimia dan uji aktivitas.
Dari penelitian tersebut, Ulfah Utami mampu mengisolasi beberapa bakteri dari tanaman Bruguiera gymnorrhiza yaitu Bacills megaterium, Burkholderia cepacea, Alcaligenes faecalis, Actinobacillus sp, Salmonella sp, Salmonella choleraesuis, Enterobacter egglomerans, Acinobacter iwoffi, Hafnia alvei, Pseudomonas fluorescens, Bacillus subtilis, dan Weeksella zooheleum. Terdapat dua isolat bakteri endofit yaitu isolat BP1 (Bacills megaterium) yang mempunyai aktivitas anti bakteri terhadap Staphylococcus aureus dan isolat DT (Hafnia alvei) yang anti terhadap bakteri Escherichia coli.
Dalam yudisium Ulfah Utami dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan (IPK 3,82) dan berhal menyandang gelar doktor dalam ilmu-ilmu pertanian dengan minat lingkungan pesisir dan kelautan.
Dr Ulfah Utami MSi (43 tahun), perempuan kelahiran Kediri, 9 Mei 1965, sarjana biologi lulusan ITB (1990), magister pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan dari IPB (1997), adalah dosen FMIPA STAIN Malang sejak 2000, dan pernah menjabat sebagai Ketua Program Studi Biologi FMIPA STAIN Malang (2000-2003), Pembantu Dekan I Fakultas Sains dan Teknologi UIN Malang (2003-2005), dan Pembantu Dekan II pada Fakultas Sains dan Teknologi UIN Malang (2005-aekarang). [fjr]

One thought on “Disertasi Ulfah Utami: Senyawa Antibakteri dari Tanaman Mangrove

  1. asslammu’alaikum
    perkenalkan saya Robi’a mhsiswa FMIPA UNRI
    saya sangat berkenan dengan disertasi ibu yang akan saya jadikan sebagai tugas SEMINAL LITERATUR.
    bu bisakah saya minta full teksnya bu??
    terimakasih sblumnya bu
    wassalam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s