Temukan Formula untuk Tanaman Jamur

Sumber: http://www.unisma.ac.id/index.php?option=com_content&task=view&id=52&Itemid=23

Menurunnya produksi tanaman jamur cukup menarik perhatian Dekan Fakultas Pertanian Unisma Dr Ir Agus Sugianto MP. Melalui risetnya, Agus menemukan formula ASG+ ( air sisa gula ) yang bisa memperbaiki produksi jamur hingga 750 gram per lock.

Padahal, berdasarkan pengalaman yang dialami para petani jamur, rata-rata hasil panen hanya mencapai 400 gram per lock. “ Penemuan saya ini sudah dipraktikkan banyak petani jamur. Malah petani jamur binaan saya yang tersebar di beberapa tempat di wilayah Kabupaten Malang juga sudah membuktikannya,” ungkap Agus.

Petani jamur yang menjadi binaannya seperti di wilayah Wagir dan Poncokusumo.
Bahkan ada petani luar Malang yang juga menjadi binaan dan telah merasakan manfaat penemuannya. “ Bahan ASG+ ini saya ambil dari sisa perasan tebu ditambah beberapa nutrisi lain.Tapi komposisi dan secara lebih jelasnya tentang ASG+ itu, maaf saya tidak bisa mempublikasikan. Bisa ditiru nanti,” elaknya.

Terlebih lagi, hasil penemuannya itu belum dipatenkan. Sehingga Agus pun berhati-hati untuk membuka resep pembuatannya, meski ASG+ tersebut dijual bebas.

Dijelaskan, cara kerja formula ini cairan ASG+ diinjeksikan pada awal sebelum inokulasi ( penularan jamur). Beberapa jenis jamur yang diberi ASG+ ini seperti jamur kuping, tiram, serta jenis shitake. “Saya belum membuat produksi dalam jumlah besar, rencana ke depan ada,” katanya.
Menurut Agus, belum dikomersialisasikan hasil temuannya ini karena bahan-bahan ASG+ tersebut cukup tinggi. Sehingga  dia pun harus memikirkan cost produksinya sebelum dilepas ke pasar.

5 thoughts on “Temukan Formula untuk Tanaman Jamur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s