Pengaruh Cahaya pada pertumbuhan Jamur

Sumber: H.M. Yusef & M.E. Allan. 1967. The Effect of light on growth and Sporulation of certain Fungi. Mycopathologia 33(2): 81 -89.
Hasil Berbeda dilaporkan berkenaan dengan pengaruh cahaya pada pertumbuhan dan sporulasi jamur. Hal ini mungkin disebabkan karena variasi dalam faktor-faktor berikut: 1. kualitas cahaya atau panjang gelombang radiasi,
2. kuantitas atau intensitas cahaya,
3. lama pemaparan terhadap total radiasi.
Selain itu jamur mungkin berbeda dalam respon mereka dengan faktor-faktor di atas.
Penyelidikan menyajikan laporan efek cahaya dikontrol di Myrothecium verrucaria, Pestalotia gracilis dan Pleurotus ostreatus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua jamur yang diuji tidak menunjukkan efek stimulasi cahaya terhadap pertumbuhan.
Intensitas cahaya rendah (160 dan / atau 300 foot candles / inci 2) tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan Myrothecium dan Pestalotia, meskipun memiliki efek penghambatan terhadap pertumbuhan Pleurotus
Paparan cahaya intensitas tinggi (950 foot candles / inch2) menghambat pertumbuhan dan menghambat Pestalotia bahwa Pleurotus.

Tanggapan jamur diselidiki untuk durasi paparan cahaya bervariasi dengan variasi dalam intensitas cahaya yang digunakan. Menggunakan relatif intensitas cahaya rendah (160 dan / atau 300 foot candles / inch2), pertumbuhan vermcaria Myrolhecium & gracilis Pestalotia tidak dipengaruhi oleh peningkatan dalam waktu pemaparan cahaya, sedangkan P / ostreatus eurolus diperiksa. Berbuah dalam kondisi yang sama bergegas saat terkena cahaya. Di bawah intensitas cahaya yang lebih tinggi (950 foot candles / inch2), pertumbuhan Myrothecium tidak terpengaruh, sedangkan yang dari Pestalotia dan Pleurotus menurun sebagai periode harian pajanan terhadap cahaya meningkat.

Kultur Pleurotus terkena cahaya terus menerus untuk menunjukkan pertumbuhan yang tidak praktis, dan penambahan gabungan ekstrak malt dan ragi sudah mempromosikan pertumbuhan terlihat efek pada budaya terpapar terus menerus untuk cahaya, tetapi tidak signifikan pada mereka yang disimpan dalam gelap. Hal ini dijelaskan dengan mengasumsikan kehadiran dalam ekstrak malt dan ragi cahaya zat pertumbuhan sensitif mempromosikan. Pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan Pleurotus ditemukan untuk peduli dengan kedua mekanisme sel dan menengah: cahaya mungkin menghambat dalam sel sintesis satu atau lebih zat penting untuk pertumbuhan dan pada saat yang sama nikmat dengan rincian dalam medium satu atau lebih zat yang diperlukan untuk pertumbuhan.

About these ads

One thought on “Pengaruh Cahaya pada pertumbuhan Jamur

  1. pak saya mau tanya, dalam penentuan intensitas cahaya itu pada beberapa literatur ada yang menggunakan foot candle ada yang menggunakan persen, sebenarnya bagaimana pak?
    terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s