Aspergillus pada makanan

Kapang Aspergillus sp tidak sepopuler Rhizopus sp. Hal ini disebabkan Rhizopus sp langsung dapat dilihat oleh konsumen pada makanan yang dikonsumsi misalnya tempe juga Neurospora pada oncom. Aspergillus sebenranya lebih banyak dimanfaatkan namun produk yang dikonsumsi tidak melibatkan jamurnya.

Aspergillus oryzae yang digunakan dalam pembuatan kecap, sangatlah berperan pada perombakan protein kedelai sehingga meningkatkan protein terlarut pada kecap yang dihasilkan. Perombakan karbohidrat yang dilakukan oleh enzim amilase dari Aspergillus juga penting bagi pertumbuhan bakteri dan khamir ketika kedelai mengalami fermentasi dalam larutan garam.

Aspergillus niger penting pda produksi asam sitrat yang banyak digunakan pada berbagai makanan dan minuman ataupun sebagai pengawet dan peningkat citarasa. Asam sitrat harus dimurnikan dari substrat fermentasi sehingga keterlibatan jamur tidak lagi nampak. A. niger juga dapat mengkontaminasi makananmisalnya pada roti tawar, pada jagung yang disimpan dan sebagainya.

Aspergillus flavus merupakan kapang yang menghasilkan aflatoksin yaitu toksin yang dapat mematikan manusia dan ternak tergantung tipenya. Jamur ini banyak mengkontaminasi kedelai dan kacang tanah.

Aspergillus fumigatus digunakan untuk produksi enzim amilase yang dipakai pada berbagai industri termasuk industri makanan

Dan masih banyak lagi pemanfaatan atau kontaminan Aspergillus pada makanan. Semoga informasi singkat ini dapat menambah wawasan pada kita bahwa jamur ada yang dapat kita manfaatkan ataupun kita waspadai keberadaannya.

About these ads

5 gagasan untuk “Aspergillus pada makanan

  1. Asml.
    maaf saya tidak ingin berkomentar. Justeru ingin bertanya saja. Apakah saudara/i dapat memberitahu saya cara kerja untuk isolasi dan identifikasi kapang Aspergillus oryzae dari suatu produk (misalnya kecap, tanah, dan kacang, serta bagaimana cara mengidentifikasinya (karena beberapa kapang hampir memiliki ciri yng sama dengan A. oryze).
    tks

  2. Tolong tanya. Anak saya alergi susu sapi, sekarang minum susu kedelai (bubuk,kalengan). Tapi ternyata alerginya terhadap Aspergilus sangat tinggi. Tolong tanya, apa untuk membuat susu kedelai kalengan (yg dijual di toko2) itu juga memakai Aspergilus? Saya bingung darimana alerginya.
    Terima kasih.

    • salam
      kalau memang alergi susu sapi artinya anak ibu menderita lactose intolerance maka dapat menggunakan susu rendah laktosa (LLM). kedelai di Indonesia seperti halnya kcang tanah sebagian besar terkontaminasi aspergillus sejak penanaman. ini sulit dihindari. jadai buka memakai aspergillus tapi mengandung aspergillus. semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s