Menghitung Biaya produksi dan Pemasaran Jamur Tiram Segar

Dalam budidaya jamur tiram, maka fakto pemasaran dan penentuan harga jual produk menjadi penting untuk diperhatikan. Berapa harga yang harus ditentukan agar kita tidak rugi. Berapa persentase tiap komponen yang perlu diperhitungkan agar layak tidaknya usaha kita dapat diperkirakan. Disini akan kami coba paparkan secara sederhana perhitungan biaya produksi dengan contoh rupiah dan persentase. Contoh rupiah untuk memudahkan. Namun karena harga bahan baku ataupun yang lain serta harga pasar berfluktuasi maka angka persen diharapkan akan mempermudah perhitungan. Angka-angka yang ada akan mudah dikembangkan jika diolah dengan worksheet seperti excel dsb. Komponen yang dilibatkan jug dapat ditambah, persentase dapt diubah dan sebagainya sesuai kondisi yang ada.
Pada tulisan ini dibuat singkat karena terbatasnya ruang. Silahkan dikembangkan sendiri.
Diasumsikan(berdasar hitungan yang dilakukan oleh usaha yang sedang dijalankan) biaya produksi per kg jamur adalah Rp 4.460,-. Perajin/Petani dapat mengambil untung sebesar (60 %) yaitu Rp 2.740,- sehingga harga jual per kg jamur adalah Rp 7.200,- Ingat harga ini adalah harga ditingkat petani atau harga tangan pertama yaitu di tempat panen. Untuk mencapai harga sebenarnya masih banyak yang harus diperhitungkan.
Biaya produksi ditingkat petani (Rp 4.460,-) dihitung berdasarkan biaya tidak tetap (82,20%) dari total biaya produksi dan biaya tetap 13,70%. Biaya tidak tetap mencakup: jerami, bekatul, kapur, pembibitan, polibag, pupuk, kompos dan sebagainya yang umum digunakan. Biaya tetap mencakup depresiasi alat dan kombong serta tenaga kerja. Tenaga kerja dapat dihitung sebagai biaya tetap atau tidak tetap tergantung pelaksanaan di temapt usaha. Pada industry kecil sering masuk biaya tidak tetap karena mereka bekerja sesuai pekerjaan saat proses produksi yang dibayar harian.
Hitung total biaya produksi anda (misal Rp 7.045.200,-), hitung total pendapatan anda yaitu jumlah jamur yang dihasilkan dikalikan harga jual tingkat petani (missal Rp 11.376.000,-), lalu bagilah total biaya produksi dengan total pendapatan jika diperoleh 1: 1,61 (0,62 atau lebih besar dari 0,60) maka usaha anda ini layak untuk dilakukan. Jika kurang harap diperhitungkan kembali beberapa factor biaya dan juga harga jual yang anda tetapkan.
Pada penjualan jamur segar petani dapat menggunakan penjualan sendiri namun cara ini kurang efektif jika hasil cukup banyak dan semakin besar sehingga mau tidak mau kiat menggunakan jasa pedagang grosir atau pedagang eceran dalam bentuk pasar, rook atau supermarket. Tentunya masing-masing tingkat pedagang ingin memperoleh keuntungan. Semakin panjang rantai penjualan sampai ke konsumen maka beda dengan harga jual di tingkat petani akan semakin besar. Biaya yang dikeluarkan harus diperhitungkan pula dengan pajak dan transportasi. Umumnya harga jual ditingkat petani adalah 60% dari harga jual ke konsumen. Artinya harga jual yang kita tetapkan maksimum adalah 60 % dari harga yang berlaku di pasar.
Penambahan biaya sebesar 40 % meliputi: biaya pemasaran sampai ke tingkat pedagang eceran sebesar 8,33% (besar kecilnya ini tergantung daerah dan panjang pendeknya jalur) sehingga harga sampi ke pengecer menajdi Rp 8.100,-. Pengecer harus mengambil untuk untuk penjualananya (biasanya sebesar 20 %, disini dianggap mengambil untung 31,67%) maka harga di tingkat pengecer menjadi Rp 12.000,- per kg. apakah harga ini dapat anda capai. Harga jual ke konsumen sebesar Rp 12.000,- adalah harga perkiraan anda untuk melihat apakah lebih tinggi atau lebih rendah dari harga yang sesungguhnya ada. Agar anda tahu untung tidak usaha yang akan kita lakukan jika menggunakan jasa orang lain (rantai distribusi). Biasanya setiap rantai menentukan biaya sendiri sehingga persentase yang ditulis bukanlah harga mati jadi dapat diubah sesuai dengan situasi di sekitar tempat usaha.
Produk jamur tiran yang dijual di pasar sering telah mengalami proses lebih lanjut missal pengemasan dan pendinginan. Penjualan dengan cara ini jug akan menambah biaya dn harga jualnya. Macam kemasan akan mempengaruhi harga jualnya. Jika produk ini yang anda pakai maka ada penambahan biaya lagi harga ditingkat petani bisa tidak lagi 60% tapi dapat turun sampai menjadi 20% jika produk dikemas dalam kaleng dan sebaginya.
Jadi saat anda menentukan harga jual maka lihat harga jual di tingkat konsumen, kemudian tarik mundur apakah harga yang anda tetapkan dapat bersaing. Jug untuk menentukan harga minimal yang harus anda tetapkan apabila produk anda akan dibeli oleh distributor (apakah anada harus mengantar produk ke distributor atau distributor yang akan mengambil sendiri)
Selamat mencoba menghitung usaha anda, agar anda tidak rugi dalam melakukan usaha budidaya jamur. Semoga sukses selalu menyertai anda. Amiin.

139 gagasan untuk “Menghitung Biaya produksi dan Pemasaran Jamur Tiram Segar

  1. silahkan buka komentar pada budidaya jamur tiram lebih murah dan mudah di blog ini pula disitun banyak alamta distributor yang langsung komentar. semoga dapat saling berhubungan

    • pak,,, jamur saya kok kuarang subur y… apa penyebabnya???
      dan low daengan asap pengaruh d dek pertumbuhan jamuar tiaram????

  2. pak please dehh , saya ingin tahu tempat untuk memasarkan jamur tiram saya di daerah surabaya/ gresik ( mohon dibales di alamat email kami , yudha -marwan @yahoo.com)

  3. semoga info ini membantu:
    Asalamualaikum
    dimana saya dapat membeli/memesan jamur tiram, saya mulai merintis usaha pemasaran jamur, permintaan pasar cukup banyak sedangkan saya masih kesulitan cari jamur tiram. tolong bagi saudara sekalian yang bisa membantu saya untuk mendapakan jamur tiram. sebelumnya saya ucapakan terimakasih banyak hubungi saya (Rudi Hartawan) di 081913239948
    Membutuhkan Jamur Tiram kualitas bagus yaitu segar dan besar, apabila ada yang berminat, saya membutuhkannya segera yaitu 20kg/2 hari sekali. Mohon infonya apabila da yang berminat, berapakah harga per kilonya? Hub, Tiwi 08883419191 / Heru 0341-6291891
    Ass wr wb,
    Sugeng enjing Pak Nur.nyuwun tolong disampaikan ke Pak Tegar yang dari Magelang mungkin saya bisa bantu memasarkan jamur tiramnya.karena kebetulan saya kurang pasokan dikarenakan banyaknya permintaan dan hasil panen saya tidak mencukupi.
    tetapi terlebih dahulu saya minta dikirim sample secara acak biarpun nantinya saya akan minta kualitas yang pilihan dan bener” yang bagus.
    minta tolong sample sekaligus penawaran harga di kirim ke :
    ANGELINA TELLY
    YKP RUNGKUT KIDUL RK VJ/18 SURABAYA
    atau untuk penawaran harga secara komplit di emailkan ke haryanjleen@yahoo.co.id.
    terima kasih.

      • Met siang p’priyanto,
        Sya pnya jamur tiram 20-50kg per hr, dr petani rumahan n sya tnggal daerah cikunir, bekasi selatan. Klu bleh tau bpk tnggl d bekasi nya dmna y n brpa kbutuhan bpk per hr.
        Trima ksih.-

        Salam
        arjo
        0811 826 747

      • Pak Priyanto, saya dyah, saya petani jamur tiram di bogor, hasil panen saya bisa mencapai 100 – 200 kg lebih/hari, mungkin saya dapat membantu bapak untuk memenuhi kebutuhan jamur tiram yang bapak butuhkan

        Terima Kasih
        Dyah
        08159326080

  4. Assalamu’alaikum Wr Wb.

    Memang permintaan di pasar itu sebesar itu ta? Kalo memang seperti itu, saya bisa bantu teman-teman yang kekurangan stok jamur, saya bisa bantu mengirim atau menyetok jamur, tapi mungkin masih wilayah kota malang saja. Kaloada yang monat silakan hubungi saya Yuga Eko Wahyono di nomor 085736391944 atau email di hyo_oga@yahoo.com.

    Terima kasih!

  5. saya mempunyai lahan sekitar 1000 meter di daerah bekasi..apakah cocok untuk membudidayakan usaha jamur tiram..??
    dimana saya dapat mendapatkan bibit jamur tiram..??
    bagaimana cara membudidayakanya..??

    • Aslkm,
      Sya bru blajar ingin mulai budi daya jamur tiram, tpi ngk pnya lahan n tmpat nya, mdah2an sdikit modal bsa kta krjasama utk mulai bisnis ini, anda sediakan lhan dan kumbung, nnti bag log dari saya, atw semua dr saya juga bisa, lahan dr anda.
      Mhn info lahan d daerah mna bekasi nya, kbetulan sya d cikunir, bekasi selatan.
      Trima ksih.

      Salam,
      arjo
      0811 826 747

      • saya kebetulan juga ingin mencoba membudidayakan jamur dan kebetulan sekali saya ada lahannya bila bpk arjo berminat kerjasama dengan saya silahkan hubungi saya di no. 089669442585,lahan yg ada sekitar 700 m,lokasi Depok terim sblmnya,,,,,

      • kalau saya bleh tau untuk pelatihan budidaya jamur bpk yg ketmpt saya dari awal proses pembuatan bibit sampai jamur siap panen itu kira2 perlu biaya berapa ya?
        trim ,,,,,

      • saya tidak pernah mengadakan pelatihan yg biasa adalah istri saya. dtang ke lab per peserta 3,5 juta lha kalo ke lokasi tdk tahu

  6. saya mau menanyakan tentang penyakit. di jamur itu ada hewan kecil sepeti kutu, ukuranya sebesar kedelai wara coklat tua, dan memakan jamur. bagiaman cara mengendalikannya? terimaksih

  7. jenis tungau (mite). Petani biasane menyebut sebagai kerpes. Kewane nyerang tidak hanya di jamurnya, tapi bisa juga ke mediane.
    Penanggulane, karena kewan itu seneng dengan yang kumuh2, maka usahakan lingkungan tempat berkebun jamur harus bersih, tidak umpyuk2an. Penyiapan media juga harus bersih, bebas dari kontaminasi tungau tsb. Penggunaan akarisida memang bisa, tapi sangat tidak dianjurkan karena masalah residu (kecuali yen konsumenmu wis kebal pestisida, yo gak opo2).

  8. Klu ddaerah saya kq tungau itu bkn spt itu ya?and krepes itu telur tungau hanya memakan media..yang bnr yg mana?mohon penjelasan pak nur..maturnuwun..

  9. bila ada yg membutuhkan jamur tiram putih harga cocok kami siap suplay untuk wilayah surabaya
    call : 085732399383
    kami juga menerima jamur tiram jenis florida harga cocok saya ambil
    trims

  10. kami menjual jamur tiram putih segar langsung dari perkebunan kami,kami sedang mencari pengepul/supplier jamur didaerah jakarta dan sekitarnya minimal order 500kg/hari harga bersaing dan diantar ketempat tujuan apabila rekan-rekan membutuhkan segera hubungi kami.
    Dengan : SUGIARTO
    No hp : 021-99252988 atau 0812-8986479
    Kami tunggu kabar baik dari rekan-rekan sekalian.
    TERIMA KASIH!!!

  11. kami menjual jamur tiram putih segar langsung dari perkebunan kami, kami sedang mencari pengepul/supplier jamur didaerah jakarta dan sekitarnya minimal order 500kg/hari harga bersaing dan diantar ketempat tujuan apabila rekan-rekan membutuhkan segera hubungi kami.
    Dengan : SUGIARTO
    No hp : 021-99252988 atau 0812-8986479
    Kami tunggu kabar baik dari rekan-rekan sekalian.
    TERIMA KASIH!!!

  12. Saya adalah Pembudidaya Jamur tiram Putih
    kami menjual jamur tiram putih segar langsung dari perkebunan kami, kumbung kami ada 4 ( kumbung 1 = 4000 log,Kumbung 2 = 1000 log, Kumbung 3 = 2000 log, Kumbung 4 = 3000 log ) kumbung terletak di Desa Pepe RT.13 RW.07 Sedati Sidoarjo. Untuk sementara kami panen 15 – 30 Kg. Karena ada 2 kumbung masih masa inkubasi. Harga Rp. 9000 – Rp. 9.500 /Kg (harga Lihat kondisi Panen) Hub. 031-77487799 (Didik Asyhari) 081-372030990 (Nizar)

  13. saya orang madiun pembudidaya jamur tiram pemula karena masih pertama kali. kami masih bingung selain dijual bentuk jamur dan keripik mungkin ada alternatif lain sihingga jamur bisa menarik dan tidak busuk jika tidak laku.

  14. “JAMURKU”
    Komplek PDAD no. 5 Ngadiwinatan Yogyakarta

    Sedia: Jamur tiram putih segar dari kebun sendiri.. Rp. 9.000,00 / Kg

    Kami juga menyediakan : Aneka masakan olahan jamur, kripik jamur

    Semua siap antar, luar kota juga OK..
    Beli banyak, lebih murah!!!!

    0857 2965 9988 dan (0274) 582541

    Terima Kasih

    • Kami petani jamur di depok, prod kami 80 kg/hari Ciri jamur saya Tudung lebar dan tebal serta batang jamur pendek, jika berminat bs hubungi saya : Nugroho di 081364774371
      Kami tunggu konfirmasinya Tks

  15. kami menyediankan beraneka macam kebutuhan ikan konsumsi nila,lele,lobster,jamur serta kami juga menyediakan beraneka macam ssndang busana muslim dengan harga grosir hub.saifudin 085646666891

  16. saya juga petani jamur tiram,,,tapi saya di kediri kalau boleh tau di malang daerah mana?harga per kg 8.500, namun saat ini produksi kita sedang berkurang dikarenakan pergantian media/ baglog…

    • mbak saya bisa menyuplai tiap hari di kediri… tiap hari bisa 1 -1,5 kwintal bibit ekstern dan florida harga bersaing bisa hub 081330094291, saya petani di bunder, pujon batu

      • KLO AMBIL LANGSUNG KE TEMPAT SPEAN DI KSH HRGA BRP/KG SY BTH TIAP HR 30 KG
        DAN BS TAMBAH
        INI NO HP SY
        0877 5400 9181 ATO 0899 369 4656 NOVEL

  17. Salam sukses buat semuanya. Saya pengusaha jamur crispy sidoarjo. Juga buka francise. Ada yg minat? Saat ini saya membutuhkan supplier jamur tiram putih / oyster. Tiap hari 10 – 15 kg kalo bisa harga per kg Rp.8.000. Bisa hubungi / sms di 085731023388. 08121705890. Bpk rudy sidoarjo

    • saya kuntang dr surabaya pak, saya memerlukan info tentang jamur. kalau ada waktu bisa sharing, mohon untuk menghubungi di 085648870193

  18. ass pa apa kabar ? saya yanto dari tangerang saat ini saya sedang dalam proses budidaya jamur tiram putih.Kalau bapak punya informasi yang ingin membeli jamur diwilayah tangerang tlg diinformasikan pa.saya baru dapat menghasilkan 30-50 kg/hari.trimakasih pa Hub : 0812 1367 0628 – 0815 1394 7165

  19. saya mempunyai usaha di bidang pembibitan dan budidaya jamur tiram, kami jual bibit per baglog seharga Rp 1500 belum termasuk ongkos kirim, kualitas dijamin.

      • sya petani jamur
        di kab.nganjuk.. yang membutuhkan jamur tiram segar tanpa bahan kimia
        apa pun asli organik,bibit,baqloq ato yang mau konsultasi masalah jamur tiram,ato
        yang membutuhkan bibit jamur tiram bsa contac/sms di no
        081334907510/08758599499.. consultasi kmi layani dengan senang hati..

      • bpk dodi di kediri mana… saya petani jamur tiram di pujon, saya bisa mensuplai permintaan jamur bpk.. bibit ekstern bis tiap hari 1 – 1,5 kwintal tiap hari.. bisa hub di nomor 081330094291 kalau boleh tahu no hp bpk berapa… harga bersaing..

  20. Saya baru mulai mempelajari ttg budidaya jamur..saya mohon infonya untuk mediatanam jamur itu bisa bertahan brpkali panendan jg tdk dipakai lagi apa bisa di daur ulang atau di gunakan utk kompos???

    • tergantung perawtan dantidakada panduan, jika hasilsudah jelek atau berkurang diganti saja, dapat untuk kompos sebaiknya dimasukkan wadah pengomposan biar cepat jadi

      • sy pemula dlm budidaya jamur tira, sy mau tanya knp hsil panen jamur saya kurang maksimal, dlm arti jamurnay kurang besar, apa krn baglognya terlalu kecil? krn sy bru pertama kali tanam plastik yg sy gunakan berukuran 22-03-14. tp sekarang plastik yg sy gunakan 18-05-35. trm ksih atas jwbnnya

  21. merdeka semuanya…
    salam kenal..
    mohon info untuk penjual bibit jamur tiram,baglog yg sudah akan panen maksimal 14 hari .. tolong info ke saya
    no hp 0857 3635 6699
    terima kasih

  22. Assalamualaikum Wr Wb
    posisi saya ada di kota BLORA JATENG
    Saya petani jamur,mau cari pengepul jamur yg besar
    Mohon sms atau hub telp saya
    HP 085290194455
    terima kasih

  23. bagi yang membutuhkan serbuk kayu sengon (grajen) untuk jamur bisa hubungi saya (untuk area malang dan malang raya) 0341-9794150 atau 0341-2858868

  24. mau tanya kolau tempat beli bibit dan pemasaran hasil produksi di daerah bandung kmna…klo ada informasi mohon di kirim ke email sya (sisilangit_ujung@yahoo.com) hp.087821106534

  25. Zain Mushroom99 ! : Jual Beli Jamur Tiram Putih Kualitas Eksport Kami melayani penjualan Jamur Tiram Putih, jenis ekstern,tiram merah,florida,tiram salju. Curah dan kemasan (per ons)untuk area Sidoarjo dan Surabaya. kami melayani permintaan continue untuk restoran,otlet jamur crispy, pasar tradisional,supermarket. jamur dipanen pagi hari sampai d surabaya jam 11.00 jamur dijamin dalam keadaan fresh. siap di antar sampai tempat harga
    5kilo sampai10kilo =13500/kilo
    11kilo sampai 20kilo =13000/kilo
    20 kilo keatas = 12500/kilo
    Info hubungi Zainul Arifin 0321-7248243 085730443393

  26. Bagi rekan – rekan yang mau mencoba produk olahan jamur tiram (nugget dan bakso jamur) bisa menghubungi sy (vini) di no 085224027313..
    Saat ini sy berdomisili di bandung..
    Harga :
    Nugget = Rp. 25000 / 0.5 kg
    Bakso = Rp. 45000 / kg
    Dibuat dari jamur tiram pilihan. Enak dan nikmat..
    Silahkan mencoba..
    Ditunggu pemesanannya yah..

  27. Bagi temen – temen yg butuh supply jamur tiram segar, silahkan menghubungi sy (vini) di no 085224027313..
    Saat ini sy berdomisili di bdg..

  28. untuk wilayah Kalimantan Timur khususnya Balikpapan yang membutuhkan Jamur tiram bisa menghubungi kami di alamat email ini atau contact 08125846827. terimakasih.

  29. bagi, saudara-saudara yang membutuhkan JAMUR TIRAM, di daerah Gresik, Lamongan, Surabaya, dll….

    JENIS, JAMUR = FLORIDA, OSTEYRON…. (tidak jual Jamur Salju)

    harga Rp 13.500 / kg (min.10kg)

    eceran. Rp 15.000 / kg

    biaya antar Rp 10.000 (max 15 kg) pk. kresek…

    hubungi saya di 085852468000

    http://www.bakoeljamur.co.cc

    trims b4…..

  30. Salam kenal
    Saya Agus di Lumajang, Saya berminat untuk budidaya Jamur, tolong kalau ada info tempat pelatihan di dekat Lumajang bisa Hubungi saya di 085 631 74747. serius

  31. Salam Sukses

    Saya ingin belajar bertani jamur, dimana saya bisa beli bibi di daerah tulung agung ? Yang tahu infonya disampaikan terima kasih

    Salam

  32. Saya sedia jamur tiram segar, utk wilayah solo dan semarang harga 8500per kg diantar dg min order 50kg. Juga sedia kripik jamur 60rb per kg. 085642243111

  33. Produksi “Jamur Kayu Mas”
    Kami siap Melayani Pelatihan Budidaya Jamur Baik mulai dari cara membuat bibit sendiri sampai media Baglog jamur siap panen.
    Kami juga menjual Bibit mulai :
    F0 = Rp. 500.000,-
    F1 = Rp. 250.00,-
    f2 = Rp. 55.000,-
    f3 = Rp. 5.000/ botol caos
    f4 / Media Baglog jamur = Rp. 1700
    Hub. 085-655-723-086 Bpk. Andry Tulung Agung – Jatim

    • saya ingin memulai budidaya jamur apa saya bisa membeli baglog dari bpk dan menjual hasil produksi saya nanti ke tempat bapak.kbtln posisi saya di gondang

  34. saya wardi Tinggal dijambi,,, saya berencana untuk memulai budidaya jamur tiram” akan tetapi saya masih awam dengan budidaya jamur tiram” adakah yang bisa membantu saya,, kalau ada yang bersedia tolong kirim email ke kenzin_mato@yahoo.com/ 081366328976,,,,
    teng atas bantuanya

    • Saya petani jamur tiram di depok jika berkenan bapak bs ambil dari tempat saya, prod/hr 80 kg – 100 kg/hr karakteristik jamur saya : Tudung Lebar dan tebal sementara batangnya pendek diminati oleh pengusaha jamur crispy, saat ini kami melayani supply untuk jamurQu ;Jamur Crispy asli bandung; Jamur Kriuk dan insyaallah Nugget Jamur…informasi lanjut silahkan hub saya : Nugroho : 081364774371

  35. CV ADHIE JAMUR MALANG
    1.PELATIHAN BUDIDAYA JAMUR TIRAM
    2.BIBIT JAMUR TIRAM
    3.BAGLOG JAMUR
    4.JAMUR SEGAR (BISA KELUAR PULAU)
    5.HUB.03415493880 / 085749622212

  36. saya berencana usaha jamur, tp blm tw nh apa2 aj yg harus dipersiapkan, trus jg teknik2nya..kbtln ad lhan di bogor dan d sktr sukabumi,mohon bantuannya..

  37. saya salah satu pembudiya jamur tiram di semarang, apabila ada yang minat u/ pelatihan ttg jamur tiram di semarang saya siap membantu.Sebagai info saja jamur tiram Semarang adalah salah satu jamur tiram yang kadar airnya paling sedikit dari daerah-daerah lain

  38. saya petani jamur di candi sidoarjo , saya membutuhkan pengepul yang bisa menerima hasil panen .
    apabila berkenan mohon hubungi 03160681493

  39. Sy bru Saja mulai Prduksi jamur tiram,
    Sy btuh pengepul tk daerah Kendal,Smarang Dan Skitarnya,
    Bila Ad Mhon Konfirmasinya,
    Trm ksh.

  40. Saya produksi jamur tiram, saya butuh pengepul daerah Blitar dan sekitarnnya yang mau terima hasil produksi saya.
    Domisili Blitar.
    Apabila ada hub saya.

    085853730007 atau 08883847117

  41. bapak yg ada di blitar,saya kekurangan stok untuk jamur,saya per harinya membutuhkan 100 kg/200 kg,bapak bisa menghubungi saya di nomer 081234306948 atau 085856563923

  42. meningalkan usaha untk mencri modal lg di rantau orang or mencari persaudaraan,, khusus wilayah manado dan sekitarnya barang kli ada yg bermint budidaya jamur, sya siap memandu.. bsa hubungi q di 087858599499/081334907510, q di manado sampai skitar bulan 8..

  43. saya ada bibit jmur tiram dan jamurnya pon ada..bila ada yang membutuhkan atau bermitra dengan saya , dengan senan hati saya membuk peluang bersama anda…hub. 085735129368 (yus)

  44. assalamualaikum.
    pak,saya ingin bertanya dengan bapak,untuk melakukan pembibitan/membuad bibit jamur tiram bahan bakunya yang baik itu apa dan bagaimana caranya?
    trmh ksh pak tlng bantuannya?

  45. Saya Jual Jamur Tiram daerah surabaya lokasi budidaya Jl.simo katrungan kidul no.11 Surabaya.
    harga nego siap antar(sby) dan di jamin fresh

    panen bisa 5 kg/hr

    JIka ada yang minat
    Telp : 085645326777 (iis)
    Email :is2_85@yahoo.co .id

    Matur swun…

  46. Pak saya akhmad anawar,saya mahasiswa universitas negeri malang.Saya sangat tertarik sekali budidaya jamur tiram.Di daerah malang,di mana saya bisa ber konsultasi?mohon bimbinganya pak . . Terimah kasih

  47. Pak saya anwar,saya mahasiswa UM,asli pasuruan.saya sangat tertarik sekali dengan budidya jamur ini,tapi saya bingung dimna saya bebudidya di malang,di mana saya dapat berkonsultasi langsung pak?mohon bimbingannya pak . . Terimah kasih

  48. assalamualaikum. saya pengen belajar usaha jamur, tapi dengan baglog 2500/pcs apa bisa untung kalo harga jual jamur cuma 8000/kg. yang saya mau tanya dalam satu musim berapa hasiljamur tiap baklognya,dan berapa bulan waktu yang di butuhkan? sebelumnya terimakasih atas panjelasannya. wassalamualaikum

  49. Assalamualaikum….sy tinggal di bondowoso – jatim, saat ini sedang coba usaha budidaya jamur tiram, baru 500 baglog. Alhamdulillah sudah berapakali panen walaupun tdk byk, bagi rekan2 yg membutuhkan jamur tiram atau baglog bisa hubungi saya di 08129052723, sy tinggal di perum tamansari indah blok E/17.

  50. mohon informasi pengepul jamur tiram putih di wilayah cibadak sukabumi, bogor, cibubur, dan saya bisa menyediakan baglog siap panen, plastik dan alkohol hub yono 0878-8232-0028 atau 0815-1401-5992

  51. saya memulai bertani jamur tiram putih di surabaya (kec.sukolilo) dengan 1000 baglog dan akan terus bertambah (pasti fresh untuk area pembeli Surabaya), Rencana akan saya pasarkan curah. sekilo seharga Rp. 10.000,- smpai Rp 9.000,- (barang pasti tanpa penambahan air, bisa panen sendiri juga kalo pembeli mau) :D
    kalo bisa continue sih maunya ^_^
    silakan mail saja , @ wibisono03@gmail.com
    Terimakasih

    • SY BTH JAMUR CURAH,UTK TAHAP AWAL 20-30 KG/HR HRGA 9000/KG DAN BS TAMBAH SCR BRTAHAP.KIRA2 ADA YG BS SUPPLY,SY TINGGAL DI WARU.HUB/SMS 0877 5400 9181
      0899 369 4656

  52. pak kira kira unttuk lahan dan modal pembibitan dapet modal berapa pak,,saya mhswa UB smseter akhir.pengen cari usaha sendiri tapi saya juga bingung pemasaranya karena begitu banyak pesaing di malng.mohon bimmbingannya..

    • mulailah dari 100 baglog dalam kamar/garasi atau ruang apapun yg tidak dipakai, atur kelelbapan kalao bisa. jika tidak coba apa adanya dulu. jika jamur sudah putih semua dalam plastik maka mulai tutup dibuka atau dibuat sobekan siram dengan semprotan sehari dua kali. jika sudah siap panen dapat dipanen seterusnya

  53. Mohon kerjasamanya,Para pembudidaya Jamur Tiram di daerah Purwodadi,Sragen,Solo,Karanganyar,Boyolali,Semarang. Dalam segi pemasaran Jamur Tiram…ali{085866674783} alamat Purwodadi

  54. Bagi anda yg ingin mjd petani jamur tiram : kami sediakan benih dan baglog.
    Bagi anda yg ingin mjd agen / penyalur jamur tiram di surabaya & sidoarjo :
    kami sediakan kebutuhan anda sehari-hari.
    slkn hub kami di 031-77188767

  55. saya mempunyai jamur dengan kualitas yg sngat bgus dan masih segar”.
    untuk saat ini kami dapat menghasilkan 15-20kg per hari untuk ke depan nya kami dapat menghasilkan cukup bnyak
    bagi yg brminat hubungi
    indra 031_77780248 atau 083857614415

  56. usaha bisa tapi semua inti permasalahan adalah pemasaran !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! tolong tiap daerah diberikan satu pengepul yang bisa diandalkan .JANGAN JADIKAN USAHA INI SEBAGAI USAHA YANG TAK TAHU UJUNGNYA…….. PEMERINTAH ATAU SWASTA HARUS LEBIH TANGGAP TENTANG USAHA ORANG
    KECIL

Tinggalkan Balasan

