Budidaya Jamur Tiram

Pembuatan Bibit

Alat dan Bahan

· Serbuk gergaji

· Biji milet

· Kapur (CaCO3)

· Gypsum (CaSO4)

· Bekatul

· Baglog polipropilen atau plastik

· Botol

· Ayakan

· Kapas

· Pralon

· Kertas minyak, koran atau aluminium foil

Cara Pembuatan

1. Campur serbuk gergaji dengan milet 42% dan dicuci hingga bersih

2. Rebus selama 30 menit mengunakan pressure cooker

3. Tiriskan kemudian tambahkan kapur 1%, gypsum 1% dan bekatul 15%. Kadar air diusahakan mencapai 40 – 60 % dengan menambahan air dan pH 7.

4. Bahan kemudian dimasukkan dalam baglog polipropilen atau botol. Per botol diisi 50 – 60% media kemudian ditutup dengan kapas dibalut kertas/aluminium foil.

5. Sterilkan dalam autoclave 1210C selama 2 jam. (jika direbus lakukan selama 8 jam)

6. Inokulasi secara aseptis dengan bibit dari biakan murni.

7. Inkubasi selama 15 – 231 hari pada suhu ruang dengan pengocokan setiap hari agar miselia jamur tumbuh merata. Dan tidak menggumpal.

8. Bibit siap ditanam pada media produksi.

 

Budidaya

1. Serbuk gergaji direndam dalam air selama semalam lalu tiriskan

2. Tambahkan bekatul 15%, kapur 2%, gypsum 2 %, dan air sampai kadar air 65% pH 7.

3. Masukkan dalam baglog, padatkan dan buat lubang pada ujungnya menggunakan potongan pralon. Lubang ditutup dengan kapas dan kertas minyak atau aluminium foil.

4. Sterilkan

5. Inokulasi dengan bibit. Bibit 15 g untuk 1 kg media.

6. Inkubasi selama 15 – 30 hari. Rumah jamur harus dijaga tetap kering dan bersih, suhu 22 – 280C tanpa cahaya

7. Buka cicncin pralon.

8. Susun baglog dalam rak, dan siram bagian yang dibuka dengan semprotan air. Jamur tiram butuh sushu 16 – 220C dengan kelembapan 80 – 90%.

Pemanenan dapat dilakukan sampai 9 kali dalam 1,5 bulan jika dirawat dengan baik. Media juga dapat ditambah pupuk TSP

About these ads

216 thoughts on “Budidaya Jamur Tiram

  1. saya baru memulai bisnis jamur tiram putih…saya mencari penjual bibit yang bagus dan mencari pengepul atau pembeli untuk wilayah pasuruan & sekitarnya…minta info juga untuk model bangunan yang bagus untuk media penanaman jamur tiram putih…
    hub saya di 0343 7611135

    jawaban lengkap untuk kita semua…….

  2. bagimana mendapatkan hasil jamur yang optimal, karena setiap kali panen jamurnya kok menguning, padahal saya sudah melakukan penyemprotan berulang2, untuk penyiramannya apakah harus mengenai baglognya?trima kasih

    alamat email saya :silfi_chilyah@yahoo.com

    • bedakan perlakuan antara yang kelompok yg satu dgn yang lain…liat hasilnya.. kesabaran akan menentukan. kl bertanya pada yg lain kadang tambah bingung.. karena situasi tempat sangat menentukan. jd cari cara sendiri perlakuan apa yang cocok bagi jamur anda di lingkungan daerah tempat anda.. semoga membantu..

    • Salam, untuk menentukan hasil yang optimal tentu banyak hal yang perlu diperhatikan, diantaranya
      1.KUMBUNG .perhatikan SIRKULASI udaranya, karena bila CO2 yang dihasilkan jamur tidak dapat keluar dan terganti O2 maka tuubh buah jamur lebih cenderung memanjang sedangkan tudungnya kecil.sedangkan yang diharapkan adalah tudung yang besar dan tubuh standar dan hal ini bisa diperoleh dengan pengaturan sirkulasi udara
      perhatikan pulah suhu udara,kelembapan juga cahaya
      2.untuk warna kuning coba teliti jenis jamurnya karena ada tiram kuning, tetapi bila jenisnya putih bisa jadi disebabkan karena suhu terlalu tinggi sehingga terlalu sering di semprot tanpa disadari (perhatikan pula alat semprot atur sehingga keluar hanya kabut), mengenai jamur /jamur terlalu berlebih menangkap titik air sehingga tersimpan dalam tubuh jamur, hal ini menyebabkan cepat menguning dan busuk.saran sebaiknyanya atur kelembapan kumbung dengan cara disiram lantai atau pake atap dari ijuk sehingga lebih dingin
      3.yang disiram itu lantainya biar lembab karena, bisa juga baglog disiram tetapi dikwatirkan air masuk dalam log nya, sehingga menyebabkan baglog timbul bercak, juga bisa mengundang hama ulat

  3. apakah ada yang jualan jamur tiram yang sudah siap panen, berapa harganya, dan dimana alamatnya?
    trimakasih……………………
    ditunggu jawabanya.

    • Saya bisa menyediakan jamur siap panen tapi masih terbatas di 10kg/hari untuk di kumbung pribadi saya didaerah podomoro Malang Jatim dengan harga rp.8000,- namun saya juga bisa koordinasi dengan tempat2 lain diluar Jatim misalkan Jabar tapi konpirmasi 1mg sebelum anda pesan atau butuhkan.
      Terimaasih.

      * Untuk balasan silahkan via email ricsmushroom@gmail.com atau phone 081912115123

      Salam

      Ir.Ricath (Rics)

    • saya berminat dalam usaha ini trus terang saya dalam ekonomi labil bisa g ya?
      saya msi usia muda baru menikah 3 tahun ini
      mhon bimbinganx ni no hpq 085646710453

    • pada artikel lain di blog ini dapat dilihat. banyak sekali termasuk di Purwokerto silahkan dibaca pda komentarnya. terutama pada artikel tentang budidaya jamur tiram lebih mudah dengan media murah. kalau tidak salah ada dekat banyumas.

  4. Penjelasan mengenai budidaya, no. 4 : Sterilkan, apa ya maksudnya ?
    Ngomong2 di malang mana ya lokasi budidaya jamurnya? Jual bi2t & perlengkapan lainnya ga ? Thanks

  5. inokulasi secara aseptis adalah menghinarkan dari kontaminasi jadi proses dilakukan dengan baik.
    biakan murni adlah kultur jamur yang hanya berasal dari satu spesies saja sehingga hasil akan lebih baik.

  6. assalam mualaikum wr.wb pak ada gak pelatihan tentang jamur tiram di semarang, tolong kasih tau langkah pembuatan jamur pakai gambar supaya lebih jelas

  7. kalo di jakarta masih ada gak yang melakukan pembiakan dan bisnis jual beli jamur tiram. kalo ada tolong dong saya di kasih tau lokasi dan contac personnya. sekalian ama balai pelatihannya.

  8. ADHIE JAMUR MALANG:
    melayani:
    1. Pelatihan budidaya jamur tiram
    2. Pelatihan kultur jaringan/pembuatan bibit jamur tiram
    3. Menjual bibit jamur tiram
    4. Menjual baglog jamur

    • Halo Pak Adhie,

      Saya tertarik untuk memulai usaha tanam jamur, apa hambatan terbesar di usaha ini? trus kalo di surabaya apakah suhunya cocok?

      Thanks

      • surabaya suhu diluar sekitar 30c’ lebih, tidak jauh bedah dengan tempat kami dijombang.anda bisa berkunjung ketempat kami GRAHA JAMURKU 0813 5980 1074

    • Assalamu’alaikum
      Perkenalkan Kami Akbar Ilman. Rumah kami dibanyuwangi Kami tertarik dengan iklan Bapak tentang Pelatihan budi daya dan kultur jaringan/pembibitan. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk kedua pelatihan tersebut? Apa saja yang perlu kami persiapkan untuk ikut pelatihan itu? Berapa biayanya? terima kasih. Mohon dibalas dipesan Facebook saja atas nama Akbar Ilman

    • hallo pak adhie..
      say tertarik untuk mulai mempelajari budidaya tanaman jamur, dmn saya dapt mempelajarinya lebih rinci, dan klo di lubuklinggau sumatera selatan, apakah suhunya cocok?? trims..

  9. silahkan dilihat ditulisan tenatng jamur tiram yang lain di blog ini rsanya ada yang dekat tapi saya ga apal. cari ya sendiri satu persatu di komentar. banyak komentar yang nyediakan alamat pelatiahan atau jual beli.

  10. pak, kalo yang dimaksud dgn biji milet apa, kalo ingin memperolehnya dimana. proses sterilisasi dgn cara direbus kalo kurang dari 8 jam bisa gak, maklum biaya bbmnya mahal. thanks

  11. ADHIE JAMUR
    melayani:
    1. Kultur jaringan/pembuatan bibit jamur tiram (f0,f1,f2,f3)
    2. Menjual bibit jamur tiram
    3. Pelatihan budidaya jamur tiram
    4. Jual baglog jamur
    contac perso:
    0341-5493880/085749622212

  12. salam sejahtera Pak Nur,yang Bapak maksud dgn biji milet itu apa? apa bisa di ganti dgn biji2an yang lain? selain mensterilkan memakai autoclaf apa tidak ada cara lain utk mensterilkan media bibit f1 dan f2 sperti kita mensterilkan media bibit f3. jadi kita tdk perlu membeli autoklaf lg cukup 1 macam saja alat sterilnya.
    terima kasih sekali sebelumnya atas info2 n saran2nya

    thanks
    rida
    eridahe@gmail.com

  13. Trimaksh pnjelasannya. Sy lg trial bikin biakan murni dari PDA. Alhmdulilah bhasil sampe tmbuh miselium. Tinggal menurunkan PDA tsb ke f1.

  14. kami menjual jamur tiram segar langsung dari perkebunan kami sendiri 1 hari sementara waktu kami dapat menghasilkan 500kg/hari diawal tahun 2010 kami dapat menghasilkan 1ton/hari bahkan lebih, jamur dapat diantar langsung ke jakarta dan sekitarnya kami sekarang sedang mencari pengumpul/suplayer didaerah jakarta dan sekitarnya apabila teman teman pengumpul/suplayer berminat segera menghubungi kami di 021-99252988 atau 0812-8986479 dengan SUGIARTO terima kasih kami menunggu anda segera!!!

    • tergantung jenisnya silahkan tanya ditempat anda beli. mestinya dapat dipanen tiap hari tapi umumnya tidak, tergantung cara membuat sobekan

  15. Met pagi bp2 ………….. saya hanya mengingatkan aja bagi bapa2 yang akan memulai usaha budidaya jamur terutama jamur tiram jangan sampai salah milih tempat. Diperhatikan secara cermat klimatologi tempat tsb. yang akan di jadikan lokasi budidaya. Tujuan adalah untuk menekan biaya produksi sehingga profit bisa terkendali.
    Syarat umum :
    1. Lingkungan harus bersih (tidak ada kegiatan budaya lainnya yang tidak sejenis. Tujuannya untuk mengendalikan faktor kegagalan akibat kontaminasi mikroba lainnya.
    2. Ketinggian rata2 1000 m – 1200 m dari permukaan air laut (MSL) tujuan nya untuk mendapatkan temperatur udara 17 – 19 derajat celcius secara stabil (siang dan malam deviasi suhu tdk boleh lebih dari 3 derajat celsius).
    3. Kelembaban / humedity rata2 80% bisa didapat pada ketinggian lahan sperti pada butir 2.
    Masih banyak lagi persyaratan yang perlu di perhatikan. Semoga sukses…

  16. Pak, saya mau tanya. Saya memelihara jarum tiram dengan deskripsi sbb:
    1. Lokasi di Pandaan, Jawa Timur.
    2. Jumlah baglog 1100 buah.
    3. Mulai memasukkan baglog ke rumah jamur pada akhir April.
    4. Panen pertama tgl 7 Mei, dengan rata2 di bulan Mei 3,8 kg/hari.
    5. Panen bulan Juni ini rata2 1,1 kg/hari.
    6. Pola pemeliharaan tetap: menyiram 3x sehari dengan semprotan bunga untuk permukaan baglog, tanpa mengenai tutupnya. Juga menyiram tanah rumah jamur untuk menjaga kelembabannya. Setelah panen dilakukan pemeriksaan baglog, jika ada yang tersumbat sisa akar dilakukaan pembersihan.
    7. Di sekitar rumah jamur kami tidak ada usaha budidaya lain. Kami membangun rumah jamur di halaman belakang rumah.
    Pertanyaan saya:
    1. Mengapa jumlah panen menurun? Secara kualitas tetap sama, tetapi kuantitas berkurang.
    2. Berapa rata-rata per hari yang ideal?
    3. Apakah ada yang salah dalam prosedur perawatan kami?
    4. Apakah alat ukur suhu dan kelembaban mutlak diperlukan? Karena kami tidak memilikinya.
    5. Apa yang dimaksud dengan menjaga kebersihan?
    6. Apakah ada kemungkinan hama/bakteri/virus yang mengurangi jumlah panen?
    7. Apakah jenis tanah di rumah jamur harus jenis tanah tertentu?
    Mohon bersedia menjawab. Terima kasih sebelumnya.

    • Saya ingin coba membantu Nova dengan menjawab pertanyaannya :
      Jawaban
      1. Masa/fase generatif dari budidaya jamur tiram kalau digambarkan dengan grafik maka berbentuk kurve, naik kemudian sampai pada titik kulminasi setelah itu turun sampai pada titik penghabisan O (tidak berbuah lagi).Ini adalah pola pertumbuhan jamur tiram normal artinya syarat tumbuh terpenuhi secara optimal. Ini berlaku untuk kwantitas dan kualitasnya.
      2.Untuk menghitung hasil panen tidak ada alat yang akurat tetapi dapat dilakukan pendekatan dari nilai BER nya (Biologi Efektif Ratio), Tiram Putih dengan berat 2 kg/baglog berdasarkan pengalaman adalah 450 grm (rata-rata) jamur per siklus panen (2,5-3,5 bln)dengan catatan syarat untuk tumbuh/panen terpenuhi secara optimal.
      3. Prosedur pemeliharaan perlakuannya sama artinya semua petani melakukan hal yang sama, yang membuat hasilnya berbeda adalah klimatologi makanya memilih tempat sebelum melakukan usaha adalah hal yang penting sekali.
      4. Hummidity meter dan termometer sangat diperlukan untuk membantu petani bertindak melakukan perlakuan apa yang semestinya dilakukan, karena klimatologi dari hari ke hari selalu berubah. Misal:penyemprotan springkel tidak selalu sehari tiga kali bisa lebih tergantung kelembaban saat itu.
      5. Menjaga kebersihan adalah mengkondisikan rumah jamur selalu bersih dari hama mis:insect,mikrobio patogen,bateri dll.yang harapannya media tanam / baglog tidak terkontaminasi.
      6. Pasti …. perlu diketahui bahwa bencana yang paling fatal adalah terkontaminasinya baglog pada saat masa generatif akibat pemeliharaan yang kurang baik.
      7. Jenis tanah tidak perlu tertentu yang penting tanah tersebut bersih bebas cacing dan serangga dan perlu dikondisikan kelembaban tanah stabil.
      Demikian jawaban saya semoga dapat membantu usaha anda lebih berhasil. Terimakasih Wass.

  17. assalamulaikum.pak .. saya sangat berminat dengan penanaman jamur tiram . kalau di sumatra di mana tempat mebeli bibit dan mana tempat belajar budicara tentang jamur tiram. saya tinggal di kerinci daerah yg agak terpojok. jadi gimana caranya saya mau mebeli bibit ada yg bisa membantu sila email di
    vivilmpo@yahoo.co.id

  18. Bagi petani jamur atau yang belum mempunyai pengalaman tentang budidaya jamur.sebaiknya konsultasi dulu kepada ahlinya sebelum memulai usaha budidaya jamur.saya sudah 1 tahun memulai bisnis ini dan sudah berkembang.dalam usaha ini saya tidak sendiri saya berkerjasama dengan ADHIE JAMUR di malang, untuk memperoleh bibit dengan kualitas bagus,baglog jamur dan pelatihannya.
    bagi anda yang berminat bisa menghubungi P. Adhie 0341-5493880/085749622212 e-mail : http://www.adhiewong@gmail.com

  19. Pak Nurhidayat yang terhormat,jamur kami mengalami ketida suburan,seperti terhambat dalam pertumbuhannya, minta penjelasan bagaimana mengatasinya..??

    • Pertumbuhan jamur diawali pertumbuhan miselium yang lebat, cirinya permukaan media tumbuh miselium putih yang rapat menyerupai tempe yang sudah jadi. Apabila tidak menampakkan pertumbuhan seperti ini maka ada beberapa kemungkinan, yaitu: campuran media yang kurang tepat, bibit kualitasnya tidak baik atau jumlahnya kurang, atau inkubasinya di lingkungan yang kurang tepat, misal suhu terlalu panas, terganggu pencahayaan (seharusnya di tempat gelap). Nah kemudian saat menumbuhkan badan buah jamur, diperlukan kelembaban yang tinggi dan pencahayaan yang cukup (di tempat terang tetapi tidak terkena cahaya matahari langsung). gitu pak tanyanya umum sih, harusnya cerita cara budidaya jamur seperti apa mulai dari nyiapkan media dst. wass
      Jawaban dari Ibu Sri Sumarsih (http://sumarsih07.wordpress.com)

  20. mas, kalo mau beli bekatul tu dimana mas? CaCO3, sama gypsum dmana mas? saya berada dimalang tepatnya sengkaling mas, dekatnya Universitas Muhammdaiyah Malang..

    tolng jawab ke email saya ya mas,, thanks!! salam sukses..!!

  21. Saya produsen jamur tiram di Taman Dayu, Pandaan, Jawa Timur (dekat pabrik Sampoerna). Saat ini ingin meningkatkan volume produksi. Namun saya menunggu kepastian pemasaran. Jika ada pembeli yang berminat untuk menjalin kerja sama dapat hubungi saya, wahjudi 0817335599, 088848159333. Terima kasih.

    • kalau untuk jamur anda kira2 perhari menghasilkan berapa kilo dan berspa harga perkilonya? dan apa bisa dikirim? trims

      tolong dibalas via email atau sms ke 081937948449

  22. Salam kenal Pak,
    Saya akan memulai untuk budidaya jamur, tp kendalanya saya kesulitan untuk membeli baglog, apakah Bapak bisa memberikan referensi tempat pembelian baglog di JEMBER?ato Bapak mungkin tau dimanan perkumpulan petani jamur di Jember??
    Saya juga belum begitu memahami ttg teknik budidaya jamur, maukah bapak membantu saya dg mengirimkan artikel ttg teknik budidaya jamur dan cara pemasaranya?
    Jawaban bisa via japri pak.
    Email : rudi_rahmawan@yahoo.com
    Terimakasih atas informasinya
    Salam,
    RUDI

    • Sumur Gumiling itu daerah mana Pak Agung?
      Bapak tau gak tempat beli baglog jamur tiram di Jember?
      Terimakasih atas informasinya.

  23. oya pak saya mau nanya apa jamur itu bisa di bibit cairkan.mungkin dengan bibit cair akan lebih mudah cara penanamannya.kalau ada yang bisa dimana saya mempelajari hal tersebut.mohon jawaban .terimakasih

      • ya…….bisa sangat lebih mudah kalau bisa membutnya dalam media cair.tentunya harus di tunjang dengan technologi yang tinggi seperti di negara yang saya tempati saat ini

      • mohon donk dibuat artikel teknologi di negara yang anda tempati, agar kita yang disini dapatmenimba ilmu dari anda. saya tunggu ya.

      • jangan ditanggapi bahasan catur, dia cuma mencoba tanya tetapi tau jawaban, juga tidak mau bahas, intinya cuma sok pinter dan pamer aja. gada niatan untuk kasi info yang lebih baik. malahan untuk down kan petani jamur, qta disini media komunikasi

  24. Pak Nur, nitip info ya…
    Saat ini saya lagi produksi sendiri jamur Tiram mencapai 80 kg/harinya di daerah Sidomulyo Batu. Jika ada peminat, saya bisa antar untuk daerah Batu atau Malang dan sekitarnya.
    Hub/sms di Ivan : 0817537113 / 0817537772 (0341-6423565)
    ivanluss@yahoo.com

    Terima kasih Pak Nur…

  25. tentunya media cair tersebut setlah di masuki spora yang sudah diculturekan lalu di proses dengan orbital shaker untuk menumbuhkan miselium dalam cairan tersebut

  26. dan mengapa prodak jamur tiram yang di hasilkan para petani tidak bisa maxsimal.karna bahan dari media culturenya kurang sempurna.para ahli disini tidak sepintar para ahli di indo.di indo dengan keahlian minim udah bisa menawarkan jasa hebat….salut. dan hasilnya prodak dan orangnya sama kualitasnya

  27. Aslm. Pak Nur. Pak saya minat sekali untk budidaya jamur tiram tapi saya bingung untuk pemasarannya krn kbtulan saya bertmpat di Pekalongan.ada g y pengumpul jamur tiram di daerah Pekalongan dsktry.kalau boleh tau jamur tiram itu dipasarkan untuk ekspor/dlm negri?trmksih..

  28. maaf saya tidak bisa menulis artikel tentang tecnology ini.karna riset ini masih rahasia.orang japan sangat tertutup dengan tecnology yang dimilikinya.sebaik apa tecnology nya. sebaik prodak yang meraka hasilkan.andai bapak tau tentang prodak prodak mushroom japan dan tempat produksinya mungkin bisa ikut bangga.saya katakan lagi semua jamur bisa di bibit cairkan.selamat mencari.ok saya kasih tau satu saja lainya cari sendiri gunakanlah baktery

  29. maaf saya tidak bisa membuat artikel tentang tecnology ini.riset ini di rahasiakan.yang jelas jamur dapat di bibit cairkan.silahkan anda cari sendiri

  30. saya mau menanyakan,apakah budidaya jamur dapat dilakukan didaerah dataran rendah dgn suhu relatif tinggi?apakah ada kiat2 khusus agar hsl budidaya didataran rendah bsa menghasilkan mutu yg baik?

  31. pak saya mau tanya,, andaikan saja dalam proses pembibitan dan proses pembiakan terjadi kesalahan, mungkinkah jamur tiram yang dihasilkan bisa berdampak tidak bagus, misal bisa mengandung racun dan berbahaya bagi tubuh manusia?
    terima kasih sebelumnya..

  32. pak saya mau tanya,apakah budidaya jamur cocok dilakukan didaerah dataran rendah dgn suhu relatif tinggi?jika cocok,bgmn kiat-kiatnya/perlakuan pada jamurnya agar hasil budidaya didataran rendah bisa menghasilkan mutu yg baik?mohon tanggapannya ya…Terima kasih sblmnya.

    • memang habitat aslinya jamur adalah di dataran tinggi antara 600-800 DPL tetapi didataran renda pun jamur bisa berkembang dengan baik,asal qta bisa atur suhu didalam kumbung bisa sama dengan kumbung didataran tinggi, tentunya dicari teknik yang mudah dan ekonomis, contoh nya ; qta bisa atur pembuatan kumbung sehingga sirkulasi baik, trus dalam kumbung juga bisa di kasi rumbai ( welet/ daduk :jawa ) bisa juga lantenya diplester terus kasi pasir sehingga mampu menyimpan air. ato gunakan alat modern seperti kipas angin dll..intinya qta buat suhu dalam ruangan sama dengan suhu dalam kumbung di dataran tinggi

  33. Kami pembudidaya jamur, berdomisili di Jombang. Kami bisa membantu anda menyediakan baglog siap panen dan juga menyediakan bibit jamur tiram. Untuk lebih jelasnya hubungi kami di:
    Hp:085730433614
    email:dyn_sam@yahoo.co.id
    blog:dyanwidyastanto.wordpress.com

  34. aku jg lg ms uji coba budidaya jamurtiram,info dr temen kurang aku paham,dimana aku musti cari tahu biar lebih jelasnya,buat yg sudah lama menekuni budidaya jamur tiram khususnya di daerahku{brebes atau tegal} trims..

  35. saya sedang mencari pengepul jamur tiram putih di daerah tegal, pemalang dan pekalongan…
    di petani kami menghasilkan 50 kg jamur tiram putih tiap hari…
    mohon informasinya bagi yang mengetahui…

  36. cak nur sy mohon dibantu dikirimkan buku panduan cara budidaya jamur tiram, dll, tentang jamur, 1, Bgaimana cara dpat bibitnya supaya lancar? di banjarbaru pasaran jamur 25 rb/kg, di ambil dr pengepul 20 rb/kg sungguh prpospek yang cerah, ini email sy: liliektrd@yahoo.co.id. HP. 0511 713 8182, sekali lagi mohon bantuannya .terimakasih cak nur wassalam

  37. menjawab pertanyaan rekan Reza.kalau memang bisa produksi stabil segitu saya bisa ngasih solusi dan menampung hasil panen anda.hub 087832142928 saya berdomisili di tegal kota

  38. ass.. pak nur.. saya mahasiswa bapak angkatan 2003 yg uda lulus, saya skrg usaha budidaya jamur tiram di batu mencapai 20.000 baglog, dan megang 9 petani jamur di batu, tp dalam 1 bulan ini ada sekitar 3500 baglog jamur saya yang gagal panen karena diserang hama serangga dan ulet jamur. jamur salah satu petani saya juga mengalami hal yang sama pak. saya khawatir kalo nanti bisa menular pada jamur yang lainnya juga, bagaimana penaggulangannya dan kalo pake pestisida apa aman? terima kasih.
    wass..

    from: stephany
    email and facebook: stephany_karina@yahoo.com.
    tlp: 0817537772

  39. kami melayani pemesanan jamur segar, baglog 20 x 35 (rp 1500 siap panen), bibit segala macam jamur, linzi, kuping, merang, shitake, dll.
    alamat: jl. tempel turi sokamartani sleman jogja
    cp: 085292986203

  40. saya masih sekolah saya dari dulu pengen usha bertani jamur tiram,tapi saya tidak tau cranya.mohon bimbingannya dong bagi yang sudah sukses nanam jamur tiram ini. . . !!!!!!!thanks . .

  41. ass..terimakasih atas info tentang jamur, saya mempuyai ketertarikan untuk bisnis, atau menjadi petani jamur.saya bertempat di purwokerto, apakah cocok daerah ini untuk budidaya jamur. bisakah saya mendapat info mengenai bibit, perawatan jamur… modal yang harus dikeluarkan berapa?

  42. assalamu’alaikum…….
    Saya berdomisili diSabang NAD.saya sangat tertarik dengan artikel bapak tentang budidaya jamur tiram ini.tapi saya bingung,dimana saya harus mengikuti pelatihan tentang budidaya jamur ini,sehingga saya bisa mencoba untuk membuka usaha walau hanya kecil2an dulu.mohon saya dibantu pak.terimakasih..

  43. MUSAGA Training Jakarta menawarkan Paket training Mandiri Budidaya Jamur Tiram, terdiri dari : VCD, Modul, Bibit F2/F3, anda akan dibimbing secara jarak jauh mulai dari pembiakan F2, F3 dan F4 sampai pada tahap panen dan pemasaran oleh ahli Jamur kami untuk info lebih lanjut kontak : email : pinter_jamur@yahoo.co.id atau 0813 8197 7962 dengan Mochtar Gayo.

  44. kami menjual bibitjamur tiram, linzi, kuping. melayani juga pembelian baglog untuk daerah jogja dan sekitar. bisa kontak 02746834733

  45. Jual Jamur Tiram Putih dan Coklat basah. Tiram putih stok 2-3ton / hari. coklat 20kg/hari. ready stok. set pengiriman ke jawa bali sumatera kalimantan sulawesi bali. (Pembeli tetap = Pengiriman Gratis.

  46. Yth.Pak Nurhidayat (ptp2007) PERMI MALANG (www.permimalang.wordpress.com) dan yang berbahagia Saudaraku Jamurmania se-Nusantara.
    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Bersama ini kami informasikan Lembaga kami sbb :
    LSM : Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Sejahtera (LPMS), PAGUYUBAN :Komunitas Pembudidaya Jamur Nusantara (KPJN,
    DIKLAT : Musaga Training Centre (MTC), ALAMAT : Jl.Haji Karim No.48-A, Kel. Setu, Kec. Cipayung, Jakarta Timur 13880, Tel/Hp : 0813 8197 7962, E-mail:pejamurnusantara@ymail.com, pinter_jamur@yahoo.co.id, http://www.pejamurnusantara.blogspot.com, KEGIATAN : Melakukan pelatihan keterampilan singkat bagi masyarakat luas. Saat ini sedang fokus kepada Pelatihan Budidaya Jamur Pangan dengan pelatihan di kelas dan pelatihan/bimbingan jarak jauh. Materi Pelatihan: Teknik pembuatan bibit, F0, F1, F2, F3 dan F4, Pebuatan media bibit/PDA/ tanam, Manajemen produksi, kumbung, perawatan, hama, penyakit, panen, pasca panen, pemasaran, produk olahan, info permodalan dan mekanisme Kelompok Kerja (Pokja). FASILITAS : Tutorial, bimbingan konsultasi, modul, VCD, artikel, Sertifikat, Bibit stater F2/F3, hasil panen dan olahan dibantu untuk dipasarkan melalui jaringan Lembaga, biaya pelatihan murah, khusus keluarga pra-sejahtera/sejahtera: biaya gratis dan dapat subsidi. TARGET : Mencetak 1 JUTA tenaga/kader terlatih dan menguasai teknologi budidaya jamur. wassalam dan terima kasih.KONTAK PERSON/PENANGGUNGJAWAB:MUCHTAR MUHAMMMAD, MBA

    • makasih infonya Pak, karena cukup lengkap jadi saya buat sebagai artikel dan mohon ditanggapi jika ada yang komentar lewat artikelnya. semoga sukses selalu

  47. Kami dari Komunitas Pejamur Nusantara ingin membantu rekan-rekan jamurmania se-nusantara bagi yang membutuhkan informasi tentang :P elatihan/kursus budidaya jamur(tiram, kuping, shiitake, campignon, lingzhi, merang), kursus jamur jarak jauh, kursus teknik pembuatan bibit (Fo, F1, F2, F3/F4), teknik pembuatan media PDA, media bibit subkultur dan media bibit semai, managemen dan perawatan/pemeliharaan jamur,syarat2 kumbung jamur, cara menangani hama/penyakit pada jamur,teknik menambah nutrisis jamur, tempat penyediaan bibit yang baik dan produktif, info pengepul jamur segar, info produk olahan dari jamur, info modal usaha, info pemasaran komoditi jamur ke pasar modern, wacana tatacara pemasaran jamur masa depan. Hubungi kami : email:pejamurnusantara@ymail.com, pinter_jamur@yahoo.co.id, Ph 0813 8197 7962, mail adress: Jl.Haji Karim No.48A, kel. Setu, Kec, Cipayung, Kota Jakarta Timur 13880, CP : Bpk Muchtar Muhammad, MBA

  48. Ass Pak Nur..
    Saya tertarik dengan budidaya jamur tiram ini dan saya asli Malang (Turen) tp skrg saya tinggal di Tarakan Kaltim ,kebetulan untuk di Tarakan ini kayaknya belum ada budidaya Jamur, jadi saya mohon bantuannya.
    Untuk temen2 yg mau kasih info bisa hub. rini_mma@yahoo.com Telp 081 347 247 366

    Terima kasih

  49. ass. apakah ada info yang jualan bibit dan pelatihan budidaya jamur tiram di daerah purwokerto,mohon bantuannya dan terima kasih. nano (081905 131418)

  50. ass….
    saya sangat berminat untuk mengembangkan budidaya jamur tiram melihat pangsa pasar di daerah asal saya yaitu makassar sangat bagus.Saya sangat membutuhkan bantuan bapak untuk menjalankan usaha ini. Apakah ada tempat atau instansi di Makassar yg bisa memberikan pelatihan tentang budidaya jamur tiram? mohon bantuannya dan terima kasih pak…

  51. Trimakasih pak atas artikel pembuatan bibitnya, ini memang saya butuhkan untuk pembuatan jamur bersama Teman teman dan Guru saya. Kalo bisa buat bibit sendiri kan lumayan, bisa menghemat daya :-) wass. . .

  52. saya blm pernah menjalankan budidaya jamur ini, tapi sudah ada rencana dari 3bln yg lalu.
    sebagai pemula yg sama sekali buta ttg bgmn pembudidayaan jamur, saya mau bertanya sedikit
    dimana saya bisa mendapatkan baglog untuk wilayah kota Medan?? adakah pelatihan2 untuk di wilayah Medan
    Trimakasih

  53. Budidaya jarum tiram merupakan propek yang bagus untuk peluang bisnis. Cara budidayanya juga tidak terlalu sulit, saya juga inginmengembangkan usaha ini nantinya, dengan aplikasi ilmu biologi yang pernah saya dapatkan di bangku kuliah…

  54. Didik di Surabaya

    Saya mau nanya apakah jamur tiram bisa dikembangkan di Surabaya?mengingat suhu di Surabaya berkisar 31-35 derajat celcius trima kasih atas informasinya

  55. pak klu kekuatan tumbuh dari panen pertama,kuat hingga brp bulan…dan panennya brapa kali tiap minggu..nia awal coba2 budidaya pak..hehehehehehe

  56. saya berada di kota padang panjang – sumatera barat..
    tertarik untuk pengembangan jamur tiram, apakah daerah saya cocok untuk pengembangannya, dimana saya bisa mendapatkan informasi dan baglog nya serta sekitar berapa biaya yang diperlukan untuk permulaan???
    terima kasih atas balasannya

    • silahkan lihat di komentar pada artikel ini atau di alamat pelatihan atau menghitung dst cukup banyak alamat rekan2 jamur. selamat mencoba

  57. salam hormat pak…
    saya rengga di tulung agung…
    saya mau tanya pak, apakah sama gypsum untuk menanam jamur dengan gypsum untuk membuat plafon rumah…
    trus dimana biasanya dijual gypsum itu..
    matur nuwun dan terima kasih…

  58. salam hormat pak…
    saya rengga di tulung agung…
    saya mau tanya pak, apakah sama gypsum untuk menanam jamur dengan gypsum untuk membuat plafon rumah…
    trus dimana biasanya dijual gypsum itu..
    matur nuwun dan terima kasih…

  59. halo teman-teman jika rekan2 ada yang kesulitan untuk mendapatkan cincin/ring baglognya, kebetulan saya memproduksi cincin/ring baglog tersebut. silahkan hubungi saya di 081390652680. terima kasih. salam sukses

  60. sedia bibit jamut tiram putih. menerima pesanan baglog ,bibit jamur, pondok gubuk al munir desa semumu, kec.pasirian, kab lumajang. hub
    untuk bibit f3 hub 085735178388
    baqloq/media siap tanam 081334646540/085746614997

  61. misi pak saya mau tanya:
    dalam pembuatan nya jamur didalam polybak tidak ad yang tumbuh itu di karenakan ap pak??
    dsni saya mendapati berwarna hitam dan ada juga warna hijau..
    mohon solusinya….
    maksh

  62. assalamualaikum.wr.wb
    saya andri tinggal di malang,saya ingin memproduksi jamur tiram putih,tapi masih bingung dengan pemasarannya,yang mau saya tanyakan?
    ada ga di malang orang / pengepul yang mau menerima jamur,terima kasih

  63. assalamualaikum.wr.wb
    saya andri tinggal di malang,saya ingin memproduksi jamur tiram putih,tapi masih bingung dengan pemasarannya,yang mau saya tanyakan?
    ada ga di malang orang / pengepul yang mau menerima jamur,terima kasih..ini nomer hp saya 08655542324 / ngik_2@yahoo.co.id

  64. Anda membutuhkan Thermometer Hygrometer? Alat yang bisa mengukur suhu dan kelembaban udara. Tersedia tipe analog. Anda tertarik? hubungi/sms saya di 085297214753 (Nea).Lokasi Medan, barang diantar sampai ketujuan, langsung atau via TIKI/JNE

  65. kami pemula usaha jamur minta info pak bos untuk pengepul daerah malang ,,,kami kesulitan cari pasaran ,, panen masih sekitar 10 kg /hari tq(vivi hp 08885535903/082142360080) makasih ,,

  66. assalamualaikum.wr.wb
    saya tinggal di malang,saya berminat sekali untuk memulai usaha budidaya jamur tiram putih,dimana pelatihan tsb diadakan serta bagaimana dengan proses pemasarannya,? mohon informasi diklat dan pengepul/koperasi yang mau menerima jamur,terima kasih..ini nomer hp saya 08123390728 e-mail :cahlanang95@yahoo.co.id

  67. Produksi “Jamur Kayu Mas”
    Siap Melayani Pelatihan Lengkap Mulai dari cara membuat bibit Fo sampai Media baglog :
    Kami juga menjual :
    Baglog siap panen Rp. 1600/Baglog
    Bibit Tabur : Rp. 4000/Botol
    Hub. Bpk. Andry – Tulungagung – Jatim
    Konsultasi Gratis

  68. ass…. saya lokasi di malang, saya mau meperbesar usaha jamur tiram tp saya bingung mencari pengepul jamur tiram di malang, mohon info trims.. tlf 0341.7622424

  69. salam kenal semuanya,kami produksi jamur d kota malang…
    untuk teman2 semua yg ingin menambah wawasan/ilmu tentang jamur bisa menghubungi kami;081945388922–03419620440
    atau bisa melalui chat ADD aja fb kami.”jamur farid malang”

  70. saya tinggal di Silo Jember, menyediakan baglog jamur tiram dengan bobot 1.4 kg harga Rp. 1900/baglog, bibit jamur tiram F1 (Rp 15000), F2 (Rp. 7000), serta pelatihan budidaya jamur tiram dari pembibitan hingga pemanenan. teman-teman yang butuh, hubungi saya di 085236261338

  71. Bismillah,

    Saya bermaksud mengumpulkan data para petani penjual bibit dan baglog jamur di masing-masing daerah, agar memudahkan bagi siapa saja yang ingin memulai usaha budidaya jamur.

    Bagi pelaku usaha jamur yang ingin usahanya dipromosikan di blog http://oemahjamur.blogspot.com/, silahkan ketik:

    Nama :……………
    Alamat:……………
    No Hp:……………
    Keterangan:……… (situs kalo ada)

    Contoh:

    Nama: Supriyadi
    Alamat: Desa Prambatan Lor RT.01 RW.03
    Kecamatan Kaliwungu KUDUS
    No Hp: 085226793739

    Keterangan: Kami menjual baglog bibit jamur dan baglog siap tanam. Silahkan kunjungi (www.oemahjamur.blogspot.com)

    Insya Alloh, saya akan masukkan dalam postingan khusus tentang dattar penjual bibit dan baglog jamur tiram.

    Semoga membantu, terimakasih…

  72. Jika anda para petani/pengusaha jamur dan mempunyai produksi jamur yang bagus, silahkan menghubungi saya Fredy di 081937948449. saya membutuhkan jamur dalam jumlah yang relatif banyak.

    syarat:
    1. Hasil produksi bagus
    2. Dalam jumlah banyak (continue)
    3. khusus untuk daerah Malang, Batu, Surabaya dan sekitarnya
    4. Harga murah
    5. Diutamakan bisa dikirim (kalau bisa)

    Semoga anda dapat sukses menjalankan usaha anda Terima kasih

  73. saya berdomisili di samarinda kaltim, adakah balai pelatihan budidaya jamur, yg menjual bibit jamur, serta media tanamnya di samarinda, mohon bantuan informasi di nomor telp 081346465679, terima kasih.

  74. Saya pemula dibisnis jamur tiram putih, mencari pengepul atau customer daerah purwokerto dan sekitarnya. Kalo berminat bisa contact di 0813-99378938.

    Thanks.

  75. saya ingin memulai bisnis jamur tiram di kota malang – jawa timur – belimbing- purwantoro
    saya kesusahan untuk mencari pembeli jika ada pembeli yang berminat
    bisa mengirim jg klo dalam jumblah besar
    jiika berminat bisa hubungin 085755506780 / pin bb 2263dc2f

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s