Budidaya Jamur Tiram lebih Mudah dengan Media Murah

http://www.cybertokoh.com/news/jamur.htm

Edisi 325 / Minggu / 1 3 Maret 2005

AGRIBISNIS jamur tiram, di Nusa Tenggara Barat, sampai saat ini masih tergolong hal baru. Di Jawa dan Bali, bisnis ini sudah cukup lama dikenal. Di Lombok, tidak banyak bahkan bisa dikatakan hanya satu dua saja yang menggeluti usaha ini. Salah satunya adalah usaha yang dirintis Ir. M. Mahrup Kaseh sejak tahun 1989. Hingga kini usaha itu masih bertahan dan terus melakukan inovasi pada teknik budidaya dan pengembangan pemasarannya sehingga menjadi agribisnis yang utuh dan mudah dilaksanakan sebagai teknologi tepat guna yang ramah lingkungan.
Pengembangan teknik budidaya ini dipermudah dengan menggunakan bibit sebar dedan dengan media yang mudah dan murah. Alat pres dan alat sterilisasi direkayasa sendiri sehingga mudah dilaksanakan dengan hasil yang baik. “Teknik dan alat yang digunakan merupakan hasil pencarian terus menerus,” ungkap pensiunan PNS ini yang mengaku, belajar membudidayakan jamur lewat buku, potongan-potongan koran, majalah dan informasi yang ia kumpulkan.
Di Mataram, menurut, Ir. Parman, Ph.D, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Mataram, yang selama ini peduli dalam penelitian dan permasalahan jamur, animo masyarakat untuk membudidayakan jamur ini terbilang kurang. “Padahal untuk komoditi ekspor usaha ini sangat menjanjikan,” katanya.
Berbeda dengan jamur merang yang perlu ruangan tertutup dan hangat serta kedap udara, jamur tiram tidak memerlukan suhu tertentu atau ruang kedap udara. “Pada suhu biasa, jamur tiram bisa tumbuh dengan baik,” lanjutnya. Jamur tiram yang umum dikembangkan untuk budidaya biasanya berwarna putih, sementara warna coklat dan merah muda tidak. Menyoal rasa dari jamur tersebut, ungkap Parman, tergantung medianya. Sementara itu, untuk menghasilkan jamur sesuai warnanya tergantung pada warna asal bibit yang ditanam.-niek
Cermati Ciri-ciri Jamur Beracun
SECARA umum, jamur termasuk dalam jenis sayuran yang mengandung sedikit sekali protein dan hidrat arang, seperti halnya kangkung, ketimun, kool, kembang kool, tauge, sawi. “Karena kandungan kalorinya rendah, jamur boleh dimakan sekehendak atau bebas tanpa memperhitungkan banyaknya,” kata Ni Nyoman Widarmini, S.K.M. Kepala Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum, Mataram.
“Tentunya, jamur yang boleh dimakan atau tidak beracun,” ungkap Ir. Parman, Ph.D. Menurutnya, jamur tiram, yang berkembang dibudidayakan hingga saat ini adalah jamur tiram putih, coklat dan merah muda. Jamur ini, tumbuh di kayu yang mengalami pelapukan atau yang sudah mati, tumbuh pula di ilalang, sampah tebu dan sampah sagu.
Jamur tersebut tidak beracun dan boleh dimakan. Jamur yang tergolong beracun dan tidak dapat dikonsumsi, lanjutnya, jika jamur tiram misalnya, tumbuh di kayu yang masih hidup, tumbuh di bangkai, kotoran ayam atau binatang ternak. “Jika termakan, jamur jenis ini akan menyebabkan keracunan dan dalam konsentrasi racun tinggi dan bisa menyebabkan kematian,” ujarnya.
Ciri-ciri jamur beracun antara lain, umumnya tangkai payungnya bergelang atau terdapat lingkaran menyerupai cincin. Tapi, katanya, tidak semua yang bergelang merupakan jamur beracun. Selain itu, aroma jamur akan terasa berbau sangat tajam, jika dipotong terdapat cairan kekuning-kuningan dan berlendir. “Jika terdapat tanda-tanda tersebut, sebaiknya jamur ini jangan dikonsumsi,” saran Parman. Jamur ini biasanya tumbuh liar, sementara jamur yang sengaja dibudidayakan untuk dikonsumsi tentunya jamur yang tidak beracun, jadi tidak perlu khawatir membeli jamur apalagi yang sudah dalam kemasan.
Selain dikonsumsi dalam keadaan segar, jamur juga kerap dikonsumsi setelah mengalami pengeringan untuk pengawetan. Menurut Nyoman, antara jamur segar dan jamur kering terdapat perbedaan kalori yang dikandungnya. Jamur segar dalam 100 gram di dalamnya terdapat 15 kalori, protein 3,8 gram, lemak 0,6 gr, karbohidrat 0,9 gr, kalsium 3 mg, zat besi 1,7 mg, vitamin B 0,1 mg dan vitamin C 5 mg.
Sedangkan pada 100 gram jamur kering terdapat 128 kalori, protein 16 gram, lemak 0,9 gr, karbohidrat 64,6 mg, kalsium 51 mg, zat besi 6,7 mg, vitamin B 0,1 mg dan tidak mengandung vitamin C. “Jamur segar maupun jamur kering keduanya tidak mengandung vitamin A,” ujar Nyoman yang sudah 15 tahun bekerja di Instalasi Gizi ini. – niek
Belum Mampu Memenuhi Permintaan
BUDIDAYA jamur tiram dengan memanfaatkan limbah gergajian kayu yang dilakukan Mahrup, bisa dijadikan alternatif usaha yang mempunyai prospek sangat baik. Selain memakai bahan yang mudah dan murah, Mahrup juga membuat sendiri bibit induk dan bibit sebar jamur tiram ini, sehingga tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli bibit.
Dalam waktu dua setengah bulan bibit tersebut sudah dapat dipakai, lebih cepat ketimbang proses yang selama ini dikenal yang memakan waktu sekitar empat bulan. Membuat bibit induk dan bibit sebar jamur tiram dilakukan dengan menyediakan media antara lain dedak halus dan tepung jagung yang dicampur dan ditambahkan air lalu dibuat adonan atau pasta (perbandingan 2:1). Media tanam dipres dengan alat pres yang direkayasa sendiri.
Proses perawatan hingga panen dalam budidaya jamur tiram ini juga cenderung gampang. Setelah polybag-polybag dingin, bibit jamur tiram dimasukkan satu sendok di bagian atasnya dan disimpan dalam ruang inkubasi. Jumlah bibit yang dimasukkan tidak akan berpengaruh pada berat jamur yang dihasilkan melainkan proses keluarnya jamur bisa lebih cepat, kata Mahrup. Lama kelamaan, polybag-polybag tersebut nantinya akan kelihatan memutih di seluruh permukaannya. “Jika sudah putih semua, polybag tersebut dapat dipindahkan ke ruang produksi,” ujar Mahrup.
Dalam ruang produksi, perawatan sederhana dimulai dengan membersihkan ruangan tiap pagi serta menyemprot polybag dengan air untuk tetap menjaga kelembaban ruangan serta merangsang tumbuhnya jamur tiram. Agar proses tumbuhnya jamur cepat, maka kapas penutup mulut polybag dibuka beberapa sebelum jamur keluar. Dalam waktu 15 hari dalam ruang produksi, jamur akan terlihat bermunculan, keluar dari mulut-mulut polybag. Tidak lama setelah itu, selang tiga hari kemudian jamur tiram pun mekar dan panen pertama pun bisa dimulai.
Selain menjual jamur segar, Mahrup juga menyediakan polybag-polybag berisi jamur tiram berumur sehari untuk dijual. “Artinya, kami menjual jamur yang sudah keluar dan kemungkinan sudah tidak lagi terkontaminasi,” katanya. Untuk pemasaran polybag jamur siap panen ini, Mahrup memakai sistem mitra, mereka yang sengaja membeli polybag-polybag jamur siap panen tersebut. Sampai saat ini, ia memiliki setidaknya enam mitra yang rutin mengambil masing-masing 200 polybag tiap bulannya. Di samping itu, pemasaran dilakukan di pasar-pasar tradisional sekitar Mataram.
Permintaan akan jamur siap panen dalam polybag tersebut, menurutnya, sangat tinggi, hanya saja ia belum mampu menyediakannya. Tahun 2005 ini ia telah membuat bibit lebih banyak dari biasanya, serta sedang melakukan proses percobaan pada kemungkinan bisa menambah berat jamur tiram saat dipanen setidaknya dua ons. Di rumahnya, tempat budidaya jamur tiram sampai saat ini, Mahrup telah banyak memberikan pelatihan-pelatihan pada mahasiswa tentang budidaya jamur tiram juga sebagai tempat PKL, sumber bahan penelitian dan konsultasi teknologi serta menjadi tempat tujuan agrowisata yang sering dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah di NTB. –niek

olahan-jamur-tiram

About these ads

1.133 thoughts on “Budidaya Jamur Tiram lebih Mudah dengan Media Murah

  1. Ass.wr.wb
    Pak saya minta di bantu pemasaran jamur tiram bagaimana,adakah agen/bakul/sales yang mau mengambil panenan jamur tiram dari petani-petani?
    saya domisili di kabupaten malang (turen).
    adakah di malang asosiasi/perkumpulan untuk petani jamur agar dibentuk suatu kemitraan agar harga jamur tiram di pasaran stabil.tolong dibantu ya Pak,mengingat saya baru memulai usaha ini dengan modal kerja yang sangat pas-pasan.
    terima kasih atas perhatian dan tanggapannya.
    wassalam.
    angelina

    • Dear ibu angelina,

      kalau boleh tahu harga beli jamur tiram ditempat ibu berapa?apakah sudah termasuk biaya pengiriman?. saya berdomisili di surabaya, tolong saya dikasih daftar harganya. No telpon ibu angelina yang bisa dihubungi berapa?. saya tunggu khabar selanjutnya.

      Regards,
      ita
      alamat email : n.narulita@yahoo.co.id

      • maaf, sekalian saya nimbrung diskusi. saya juga pemula di usaha ini. saya kebingungan soal pemasaran. makanya saya cuma coba-coba 1000 polybag. saya domisili di Ponorogo. kalau saudara semua punya info tolong dibagi. no. HP 085736754040

      • hallo mbak ita,apa sampai sekarang masih beli jamur tiram?terima kasih atas perhatiannya.Dari khrisna Manado.

      • jamur tiram dapat dipasarkan dengan banyak jalan:
        pertama jual ke tengkulak di pasar.
        kedua jual langsung ke konsumen di pasar.
        ketiga jual ke tukang sayur keliling.
        keempat jual ke tetangga dengan sistem langganan.
        kelima jual ke warteg atau tukang kwetiaw… :)

      • asalamualaikum wr.wb

        saya juga petani baru mw tnya klo dibali ada gak agen/seles, yg mengambil hasil panen jamur saya….

        mohon bantuannya

        terima kasih

  2. untuk malang coba hubungi Bu Endang Moerdiati di fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. rumah jamur Jl Telaga Warna A-14 Malang. beliau punya tim pemasaran yang membina petani jamur di Malang Selatan.

  3. Salam sejahtera.
    Saya dari Surabaya. Saat ini saya sedang mencari seseorang yang bernama Bpk. Yohanes & Bpk. Lukas. Beliau berdua pernah mengadakan pelatihan budidaya jamur di Madura dengan tema : Madura Maju. Saya memiliki diktat singkat mengenai budidaya jamur beserta VCD tentang cara budidaya. Saya kesulitan untuk mendapatkan serbuk kayu yang bebas pestisida/fungisida. Dimohon bagi siapa saja yang membaca ini dan kebetulan mengetahui keberadaan atau nomor telepon kedua Bapak yang saya cari ; atau mempunyai info lebih lanjut tentang serbuk kayu bebas pestisida ; supaya mengirim berita e-mail ke tarsanto@yahoo.com. Sekian terima kasih.

  4. Ass.wr.wb
    terima kasih atas balasan emailnya.semoga bermanfaat dan bisa membantu kami sebagai petani baru.
    untuk bapak Roy Santoso mungkin saya bisa membantu bapak untuk mendapatkan serbuk kayu yang bebas pestisida dan bagus digunakan sebagai media jamur tiram.
    hubungi saya di 0888 566 1926.

    di malang kota sendiri kemarin kami survey tentang harga jamur tiram segar di pasaran rendah banget sehingga kalau kami ikuti harga tersebut kami sebagai petani kecil yang baru memulai di bidang ini, amat sangat mepet untung yang kami dapat malahan tidak sebanding dengan biaya transport kami untuk kirim barang.para pedagang ambil barang di kami dengan harga Rp.5000/kg dan mereka jual ke konsumen kisaran harga Rp.10.000 – Rp. 12.000/kg.
    semoga dengan info yang Anda berikan bisa bermanfaat bagi kami.
    terima kasih.

    wassalam,
    Angelina
    Haryanjleen@yahoo.co.id

    • Salam sejahtera
      Maaf mengganggu Bu, saya menanyakan tentang jamur tiram. Apakah sampai sekarang ibu masih aktif di dibisnis jamur tiram..?
      Kalo masih, saya ingin menjalin kerja sama bisnis dengan pihak Ibu.
      Saya tinggal di Banjarmasin, tolong segera di balas.
      Terima kasih

  5. Pak sy berminat budidaa jamur tiram putih, tinggal di Cimahi-BAndung Jabar tapi asal asli JATIM lho
    Sy sd tanya sana sini tapi blom 100% ngerti
    Rencananya sy mau sewa kubung, trus mau tanam 5000 baglog beli jadi disini ada yg mentah 1250/baglog n sd mateng 1850/baglog garansi 100%
    kalo nggak jadi bisa dituker, kalo bpk ada info harga baglog yg lebih murah n kwalitas baik di daerah cimahi-cisarua boleh donk infonya ?
    Trus untuk 5000 baglog saran bpk gimana supaya hasilnya kontinyu, ada yg saranin isi per 1000 baglog per 2 minggu ?
    Trus nich ada kubung yg pernah kena hama kutu jd nggak dipakai lg, gimana cara sterilnya yg murah n efektif
    MAkasih atas bantuannya, kalo bisa mohon balas ke email sy :yasinyw@yahoo.com

  6. saya mau bertanya bagaimana cara menyiasti hasil jamur tiram dan kuping supaya maksimal dalam pertumbuhannya, karena hasil yang saya panen saat ini belum maksimal, dan saya juga mau bertanya berapa lama masa produksi setiap baglog , dan penanggulangan hama yang sering terjadi pada budidaya jamur kuping dan tiram

    saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas saran yang telah diberikan kepada kami

    email : Jonathanrickopambudi.ricko@yahoo.co.id
    CDMA : 0341-7640928
    Hm :0341-795144
    GSM :085646426773

  7. untuk informasi lebih lengkap silahkan hubingi salah seorang pengusaha di malang. alamat Jl. mawar 9 Sengkaling atau di rumah maikannya Jl Sukarno hatta.

  8. Ass
    pak saya ingin mencari bbit jamur tiram, tetapi kendalanya saya tidak tahu dimana harus saya dapatkan dan standar harganya saya belum tahu. saya berdomisili di Serang-Banten. mohon bantuan informasinya pak. terimakasih

  9. alamat da di balasan sebelumnya. di madura dapat asal ruang datur suhu dan kelembapannya jdi butuh kondisi ekstra. apakah hasilnya seimbang? ini yang saya belum tahu.

    • saya tertarik sekali budidaya jamur tiram. media tanam dan tempat tdk masalah,tapi yg jadi masih menjadi kendala saya blm mengetahui dimana mendapatkan bibit yg bagus dan berapa suhu dan kelembaban yg cocok serta pencahayaan maksimal dlm sehari berapa jam? mohon balasannya…. trims

      • anda tinggal dimana? silahkan klik pada artikel alamat pelatihan, mungkin ada yg dekat.
        jamur tiram tidk butuh pencahayaan, cukup disemprot 2 kali sehari saja setelah tutup dibuka untuk menjaga kelembapan

  10. alamat da di balasan sebelumnya. di madura dapat asal ruang datur suhu dan kelembapannya jdi butuh kondisi ekstra. apakah hasilnya seimbang? ini yang saya belum tahu.

  11. saya rencana ingin budidaya jamur,tetapi kendalanyayang pertama saya kesusahan untuk mencari serbuk kayu nya dan bibityang tanam siap, selain itu pengetahuan saya tentang budidaya jamur belum sempurna mungkin ada yang bisa membantu saya, tolong kirim alamat n nomor yang bisa saya hubungi ke email indrawati_april@yahoo.co.id

  12. bahan tidak harus selalu denngan serbuk kayu. saya pernah coba dengan ampas tahu juga bagus. untuk informasi dapat anda kunjungi sumarsih07.wordpress.com lalu tanya disana atau hp 08122955435

    • asalamu’alaikum pak,saya indra dari purwokerto.
      mau tanya pak,saya sedang mencoba usaha jamur tiram,ada 1000 beglok,tp kok produksinya ga bnyak ya?sekarang paling sehari cuma dpt 5kg,itu gmana ya pak?apa masalah suhu ya?mohon bantuanya^_^

  13. saya akan memulai budi daya jamur tiram didaerah bandung, mohon informasi mengenai suhu yang dibutuhkan untuk budi daya jamur tiram, dimana saya bisa mendapatkan bibit yang bagus, berapa banyak jumlah jamur yang dapat dihasilkan oleh satu blog dalam satu media.
    atas informasinya saya ucapkan trima kasih.

    salam,
    herdi, Bogor

  14. asalamualaiku
    dimana saya dapat membeli/memesan jamur tiram, saya mulai merintis usaha pemasaran jamur, permintaan pasar cukup banyak sedangkan saya masih kesulitan cari jamur tiram. tolong bagi saudara sekalian yang bisa membantu saya untuk mendapakan jamur tiram. sebelumnya saya ucapakan terimakasih banyak
    hubungi saya di 081913239948

  15. Dear Bapak, thanx atas infonya di web. Saat ini, kami sedang memulai usaha budidaya jamur tiram. Sampai saat ini, kendala yang kami hadapi adalah panen yang melimpah sekali, sampai kadang2 tersisa. Jamur2 yang sisa ini hanya tahan sehari, dan langsung busuk besoknya. Selain diolah menjadi makanan, adakah cara supaya jamur yang ditanam dapat tahan lama? terima kasih sebelumnya.

    • perkenalkan saa petani jamur di Tulungagung untuk kondisi panen raya sisa panen kami bungkusi plastik di gelembungkan dan dimasukkan di kulkas (bukan di frezer) itu bisa tahan 12 hari sampai jamur warna kekuningan…
      konsultasi call/sms gratis sebisa saya bantu berdasarkan pengalaman kami 085710075687

  16. asalamualaikum.nama saya mujiono,saya berdomisili di kota malang.
    saya lagi belajar budidaya jamur tiram putih,tetapi bingung pemasaran.mohon kalo ada yang bisa membantu saya bisa menghubungi di no 081805059229

    • SEBAIKNYA ANDA MEMPERHATIKAN SUHU DALAM PROSES INI,SEBAIKNYA SUHU SEKITAR 100 DERAJAT,DAN DALAM WAKTU SEKITAR 5 JAM.JANGAN LUPA PERHATIKAN KEBERSIHAN KUMBUNG TERUTAMA RAK PEMELIHARAN.TERIMA KASIH

  17. resep akan saya kirim, semoga tidak lupa ya. untuk sdr edy aturlah waktu panen dengan memperhatikan waktu membukanya sehingga tidak berlebih untuk dijadikan produk awetan terutama yg tidak laku misal dibuat “mushroom leather”

  18. Assalamu’alaikum
    saya berminat sekali budidaya jamur tiram dan saya akan memulai budidaya, tapi saya masih punya banyak kendala.
    mohon minta bantuannya bagaimana cara budidaya dan pemasaranya.
    domisili saya di Malang tepatnya di kecamatan singosari.
    Terimakasih banyak sebelumnya.

    ini email Saya :sony_agiel@yahoo.com

    • Pak sony saya bisa membantu berdasarkan pengalaman yang saya bisa, untuk bibit kami juga bisa menyediakan atau bisa belajar survey2 dulu ketempat saya (tulungagung) sehingga banyak masukan seblm menekuni bisnis jamur tiram…
      Gratis silahkan berkunjung dan berkonsultasi
      brama call/sms 085710075687

      • asslkm saya jarod asli tulungagung tapi sekarang tinggal di bogor. dr hsil membaca prihal usaha saya tertarik budidaya jamur.pasalnya saya ini nol puthul pemahaman dan pengalaman soal memulai usaha ini.makanya jika berkenan mas brama bisa memandu /sharing pengalaman.tulungagungnya mana mas.saya dari kalangbret.alamat email saya jarodi68@yahoo.co.id .tks sebelumnya mas.suwun

    • Pak arief memang jamur itu tidak bisa dipredikisi hasilnya kadang banyak teori yang diterapkan cenderung malah kurang maximal, jamr sangat dipengaruhi dengan cuaca kota tersebut, lokasi, dan arah kumbung disesuaikan dengan arah angin yang pas…
      untuk pengalaman saya kurang tetapi sedikit bnyak saya bs bantu hubungi saya, domisisli kami tulungagung
      brama 085710075687

  19. Saya memulai bisnis memasarkan jamur Tiram, Domisili Malang.

    Membutuhkan Jamur Tiram kualitas bagus yaitu segar dan besar, apabila ada yang berminat, saya membutuhkannya segera yaitu 20kg/2 hari sekali. Mohon infonya apabila da yang berminat, berapakah harga per kilonya?

    Hub, Tiwi 08883419191 / Heru 0341-6291891

  20. atau apabila ada yang tau di manakah saya bisa membeli JAMUR TIRAM langsung dari Petani yang domisili Malang?

    Terima Kasih Infonya.

  21. Saya lagi mengembangkan budidaya jamur tiram di daerah bintaro- pondok aren- tangerang baru sekitar 9 bulan dengan temperatur dikondisikan maksimal 30 C panas diluar diatas 32 C.
    Pada awal2 panen berjalan sukses, tapi 1 bulan terakhir ini panen menurun drastis karena HAMA KUTU. saya sudah memcoba mengunakan racikan campuran bawang dan kencur tapi hasilnya nihil, Saya mencoba menghidari penggunaan pestisida.
    Tolong saran dari Bapak sebaiknya apa yang harus saya lakukan. Saya lagi frustasi nih. saya sudah memcoba browsing di Internet tapi hampir semuanya isinya cuma yang bagus2nya aja.
    Terima kasih

    • Sdr Retna, bagaimana permasalahan dengan jamurnya apakah sudah normal kembali ??
      saat ini saya mulai tertarik tentang usaha jamur apakah bisa saya datang ke rumah untuk belajar??

      Terima kasih
      odang

    • Siang bu retna, saya lg tertarik mempelajari budidaya jamur, dan pingin belajar dulu untuk bener – bener menggeluti itu, o ya..saya tinggal dikecamatan jatiuwung kota tangerang, minta dibantu infonya tempat yang bisa saya kunjungi bt belajar yg tidak terlalu jauh dari tempat tinggal saya, atau kalo boleh berkunjung ketempat ibu saya minta alamat lengkapnya.

      Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

      Alfi

  22. Itu bukan hama kutu tapi tungau. pengendalian cukup kebersihan dan menjaga kelembapan. jangan terlalu lembap kalau bisa punya alat mengukur kelembapan (higrometer)

  23. jamur tiram saya kemasukan air waktu disiram dengan air. hal ini membuat badlog menjadi coklat dan tidak mau tumbuh jamurnya. gimana cara terbaik untuk siram air ? karena selama ini saya siram pake kaleng bekas susu dan tidk saya semprot..mohon petunjuknya…

  24. sebaiknya pakai semprotan bunga pak. murah dan dapat mengurangi air yang berlebihan sehingga tidak memicu tumbuhnya bakteri.

  25. salam kenal semua
    saya mau tanya bgmn cara membudidayakan jamur tiram? benihnya kalo dimalang bisa di dapat di mana? apakah jamur tiram bisa dibudidayakan di Probolinggo? untuk pemasaran di daerah malang kalau boleh tau bisa di pasarkan kemana? tolong informasinya di sofiyan_ub@plasa.com

  26. Salam Kenal semua

    Saya tertarik untuk bududaya jamur tiram dan jamur lainnya.
    saya tertarik karena saudara saya sudah usaha jamur tiram
    tetapi saya ingin lebih mengetahui prospek usaha jamur ini. lokasi saya di daerah Celeduk-Tangerang Provinsi banten, dan menurut saudara saya sangat strategis untuk pemasaran karena lebih dekat dengan ibu kota.
    Pertanyaan saya :
    1. Dimana perhimpunan dan pelatihan budidaya jamur yang terdekat tempat saya.
    2. Bagaimana prospek jamur di lokal ( dalam negeri ) dan luar negeri.
    3. Jenis jamur konsumsi apa yang diminati masyarakat.

    Terimakasih. Emai saya : nanang_prihandy@yahoo.co.id
    terima kasih

  27. salam kenal
    Pak saya tinggal di kediri akan mencoba usaha jamur tiram. saya pengen dapat infonya tentang bagaimana cara bididaya jamur tiram dan bagaimana pemasarannya dan resikony. trimakasih

  28. Ass wr wb
    Pak Nur, kami membutuhkan serbuk gergaji kayu sengon laut murni tanpa campuran obat dan kulit buah kakao kering.mohon bantuan informasinya jika ada yang memproduksi atau pengepul untuk menghubungi saya di email
    haryanjleen@yahoo.co.id atau di nomer 0888 566 1926.
    terima kasih.

    Wassalam

  29. Ass.wr.wb
    Pak saya minta di bantu pemasaran jamur tiram bagaimana,adakah agen/bakul/sales yang mau mengambil panenan jamur tiram dari petani-petani?
    saya domisili di Magelang.
    adakah di magelang asosiasi/perkumpulan untuk petani jamur agar dibentuk suatu kemitraan agar harga jamur tiram di pasaran stabil.tolong dibantu ya Pak,mengingat saya baru memulai usaha ini dengan modal kerja yang sangat pas-pasan.
    terima kasih atas perhatian dan tanggapannya.
    wassalam.
    tegar

    • Kepada yth.
      Bp. Tegar

      kalau boleh tahu di tempat bapak untuk harga beli jamur tirem 1 kg berapa?tolong saya dikasih harga sudah termasuk untuk biaya pengiriman (biaya pengiriman dibebankan ke pengirim. saya tunggu khabar selanjutnya

  30. Anda tinggal di daerah mana di magelang?
    saya kuranng begitu tahu tapi di daerah antara muntilan dan magelang nampaknya banyak petani jamur dn ada asosiasinya tapi saya lupa. maklum sudah lama tidak lewat sana. cobalah pasarkan ke supermarket, ditawarkan terlebih dahulu atau dibuat olahan. kemudian produk dititipkan.
    dapat hubungi asrama-asrama abri untuk coba sebagai menu, kan disana ada banyak misal di RIN dekat Boton atau di RPKAD dekat radio Polaris atau ke Akabri , panca arga dsb

  31. Ass wr wb,
    Sugeng enjing Pak Nur.nyuwun tolong disampaikan ke Pak Tegar yang dari Magelang mungkin saya bisa bantu memasarkan jamur tiramnya.karena kebetulan saya kurang pasokan dikarenakan banyaknya permintaan dan hasil panen saya tidak mencukupi.
    tetapi terlebih dahulu saya minta dikirim sample secara acak biarpun nantinya saya akan minta kualitas yang pilihan dan bener” yang bagus.
    minta tolong sample sekaligus penawaran harga di kirim ke :
    ANGELINA TELLY
    YKP RUNGKUT KIDUL RK VJ/18 SURABAYA

    atau untuk penawaran harga secara komplit di emailkan ke haryanjleen@yahoo.co.id.

    terima kasih.

    wassalam,

    angelina

  32. lam knl smua. bwt bpk admin. mohon pencerahannnya…
    sy mo usaha budidaya jamur…. sdh liat2 di net.. cuman ada masalah..
    sy mo tanya… untuk daerah kabupaten tangerang, dmn sy bs mengetahui tempat budidaya jamur… skalian untuk bibit nya.. serta jamur apa yg cocok…
    jadi untuk studi banding.. terima kasih banyak … alamat email ku: alaindh123@yahoo.com

  33. untuk wilayah malang,surabaya dan sekitarnya. jamur tiram kualitas bagus dapat di peroleh di nomor telp; 0341-5493880/085755022102..kami kirim sample anda cocok kami kirim..

  34. bos … bisa ngirimin bibitnya??? aku nyari di malang susah….perlunya cuma 1 sendok makan, mau buat study banding untuk wilayah sumenep. di tunggu komennya

  35. silahkan hubungi comment-comment di atas mungkin anda dpat informasi langsung. saya pribadi tidak jualan dan memiliki bibit jamur

  36. asalamualaikum..
    pak, saya ingin memulai budidaya jamur tiram, tetapi saya belum mengerti tentang bagaimana caranya dan apa saja yang harus dipersiapkan..domisili saya dimalang pak, apakah bapak bisa mengirimkan info2 tentang budidaya jamur tiram ke email saya di im.ashari@gmail.com
    mohon bantuannya..terimakasih banyak pak…

  37. pak saya mau tanya apakah di jakarta di daerah kelapa gading dg 32 c dan kelembaban 70% bisa untuktumbuh kembang jamur tiram. saya mau coba usaha jamur tiram ini, dan di mana saya bisa beli log yg jadi yah di daerah jakarta tolong informasinya diemailkan terima kasih

  38. sUHU KURANG BAIK (TERLALU TINGGI) MESKIPUN DPAT DILAKUKAN TAPI HASIL TIDAK SELALU BAIK. DI JOGJA SAYA PERNAH BUAT JUGA DAPAT. ASAL DAPAT MENGATUR KONDISI KELEMBAPAN DENGAN PENYEMPROTAN MAKA TIDAK MASALAH. UNTUK JAKARTA MOHON MAAF SAYA TIDAK TAHU. COBA BACA MAJALAH TRUBUS MUNGKIN ADA ALAMAT YANG DICARA ATAU ADA YANG DAPAT BANTU?

  39. Selamat siang pak,
    Saya mau tanya nich, apa ada yang jual jamur tiram & jamur kuping dalam keadaan sudah kering dan keadaanya bagus?
    Kalau ada yang punya saya mau beli, tolong diberikan penawaran harga/ kg nya berapa. Saya ada di Surabaya.
    e_mail : zuwito@yahoo.com
    HP: 081_23107553

    Terima kasih

  40. Saya petani jamur baru dr blitar. Pny 4300log. Tp hasil kurang memuaskan. Tiap hr ada jamur yg trlalu basah.yg sering dari sobekan blakang.knp y?mhn bntuanya pak.trmksh

  41. sore pak.., saya seorang karyawan di perusahaan di pasuruan.., saya sangat tertarik untuk budidaya jamur.., tp kendalanya saya belum tau dg benar ttg teknik budidaya jamur. maukah bapak membantu saya dg mengirimkan artikel ttg teknik budidaya jamur dan cara pemasaranya, mungkin jg tau tempat pelatihan budidaya jamur di daerah saya, pasuruan
    jawaban bs japri pak.. ekosulistio@gmail.com

  42. saya pemula di budidaya jamur mohon info kalau beli cincin log jamur plastik dimana ya Pak ? dan pengepul besar jamur tiram dimana ya pak ?

    • mas yopie…apa sekarang masih jadi petani jamur….saya baru mulai usaha ini…apa bisa melempar hasil panen jamur tiram segar kepasaran mas juga, apa masih perlu supplai jamur tiram segar tambahan, saya dimojosari…

  43. untuk beli di tempat beli cincin log bisanya di tempat jual bibit. kalau tepaksa bisa pake pipa pralon. untuk pengepul lihat komentar-komenta sebelumnya. atau mungkn nantiada yang bantu? kalau ga salah di komentar ini ada yang dari surabaya selain solo. silahkan koontak beliau-beliau.

  44. Salam,
    Saya sudah memulai budidaya jamur tiram beberapa bulan yang lalu. dan Alhamdulillah sudah mulai panen. kebetulan derah saya lumayan panas ( kec. wangon, kab. banyumas, jawa tengah), sehingga produksi jamur tiramnya tidak maksimal, pertanyaan saya adalah bgaimana caranya biar cuaca dan kelembabannya bisa lebih sesuai dengan kebutuhan jamur tiram, sehingga produksinya bisa maksimal, trimakasih….. Slamet W (mutiara_pandawa@yahoo.com)

  45. silahkan beli termometer dan higrometer. atur suhu dan kelembapan dengan cara menyemprotkan air dlam ruangan sehingga sesuai persyaratan. kadang pada usaha yang lebih besar ditaur blower u ntuk membantu mengatur kelembapan

  46. saya ingin mencoba bisnis budidaya jamur, lokasi sy ada di daerah purwakarta, ada bbrp hal yg ingin saya tykan ke Bpk ;

    kira-kira berapa harga jamur per kg , dan sentra pembelinya ada dimana?
    dimana bisa dibeli lognya, berapa harga untuk log yg sdh putih?

    Terima kasih atas perhatiannya.

    Salam,
    Wiwi

  47. semoga tawaran ini medapat rspon dari yang lain untuk saling berhubungan sehingga dapat menjadi komunitas dan saudara yang bermanfaat. amiin. silahkan yang lain untuk saling berbagi
    salam
    nur

  48. assalamualaikum,
    saya tertarik untuk budi daya jamur, tapi tidak banyak yang saya tahu tntang jamur,saya tinggal di bali, yang saya mau tanya adakah tenpat pelatihan budidaya jamur di bali, dan untuk daerah bali jamur apa yang cocok di budidayakan.

    wassalam,

    lina

  49. assalamu’alaikum

    saya seorang mahasiswa yang berdomisili di surabaya, saya sangat tertarik untuk budidaya jamur tiram, tapi pengetahuan saya terhadap jamur sangat sdikit sekali, dan karena saya masih belum mempunyai penghasilan, maka modal yang sy miliki masih sangat minim.

    dimanakah sy bisa mendapatkan referensi yang bagus tentang budidaya jamur tiram di surabaya??
    oya pak kalau boleh saya minta tolong untuk disampaikan ke bu angelina hariyanto, sebenarnya beliau berdomisili dimana?di malang atau di surabaya? kalau di malang terus yang disurabaya itu alamatnya siapa?

    mohon bantuannya.
    terima kasih

  50. assalamu’alaikum

    salam kenal buat pak Nur dan pemerhati blog pak Nur,
    saya berminat sekali untuk segera memulai budidaya jamur tiram, tapi pengetahuan saya masih sangat terbatas,,

    saya mau tanya pak, bagaimanakah membuat media jamur yang paling baik? agar pertumbuhan jamur bisa maksimal…
    serbuk kayu apa sajakah yang bisa digunakan sebagai media?
    selain serbuk kayu apakah perlu tambahan bahan lain?
    dimanakah saya bisa mendapatkan plastik untuk baglog?

    1 lagi bapak, apakah bapak ada referensi untuk pengolahan makanan dengan jamur tiram?? semacam resep pak…

    maaf jika pertnyaan saya terlalu banyak, saya sempat tanya untuk beli baglog jadi, tetapi ada syarat minimal dalam pembelian, sehingga tidak mungkin bagi saya yang bermodal pas-pasan…,

    matursuwun bapak atas perhatiannya..

    wassalam…

  51. Assalm.WW.
    Budidaya jamur menurut hemat saya sangat potensial terutama bagi petani yang berada didarah persawahan untuk produk jamur merang.Yang menjadi masalah adalah ketrampilan dan pengetahuan tentang budi daya nya serta yang paling utama adalah ketersediaan bibit.Mungkin bapak dapat membantu bagaimana pembuatan bibit yang sedrhana namun berkualitas,atau dimana dapat diperoleh bibit yang baik dikota medan.Terima kasih

  52. ass,
    saya pengusaha jamur tiram putih dari Bangil (Pasuruan)/ Sidoarjo siap menyuplai kebutuhan jamur tiram anda dalam partai besar. Untuk yang berminat bisa menghubungi no flexy saya di 0343 -7793515, atau hp 085648014438. Atau telp rumah sidoarjo 031-8851345.
    terima kasih atas partisipasinya.

    Agung Hidayat
    email: puspita_larut@yahoo.com

  53. Saya tinggal di Pangkalpinang Bangka Belitung. Saya sangat tertarik untuk mengembangkan budidaya jamur tiram. AZpalagi di Bangka Belitung belum ada yang membudidayakannya. Saya berharap bapak bisa membantu saya. Paling tidak kalu ingin membuat pelatihan awal. bagaimana caranya? kalau ingin ikut memasarkan produk jamur tiran juga bagaimana caranya? Mohon bantuannya.
    fakhruddinhalim@gmail.com. No HP.0852-67814-660.
    Atas bantuannya saya ucapkan terimakasih.

  54. Ass.wr.wb
    Salam kenal………pak saya mahasiswi unsoed purwokerto jurusan biologi yang spesifik jamur saya tertarik ingin magang tentang usaha jamur tiram, yang ingin saya tanyakan apakah tempat usaha bapak menerima Praktik Kerja Lapangan ataukah bapak memiliki referensi tempat magang yang terdekat dengan saya domisili di purwokerto , pak Nur saya mohon bantuannya untuk konfirmasi lebih lanjut saya cantumkan alamat
    email :empatmmy_bio@yahoo.com
    blog: patmypatmmy.wordpress.com
    telp: 085227606553
    mohon bantuannya,
    terimakasih

    wassalam,

    Patmi Indriastuti

  55. Buat mas Zubain di Tlg Agung,sy warga Blitar,untuk membuat bibit jamur biasanya anda harus ikut pelatihan dulu,tentunya dgn biaya,hehe,bnyk kan pelatihan2,browse aja lewat uncle google..tp kalo sekedar cari bibit jamur,sy bs bntu,karena sy jg jualan bibit+media jamur. Silakan hub sy jika berminat di jamur_tiram23@yahoo.co.id
    Atau di no 085649542683. Trmksh

  56. Salam hormat p.Nur,saya pemerhati blok ini,apakah Bpk tau alamat dan no tlp dari CV.”88″ Sejahtera milik Bpk. Alex di Malang? Trimakasih bnyk

  57. Selamat Sore Bpk,

    Saya indri, mahasiswa FEUI. Saya sedang mengadakan riset mengenai jamur merang dan jamur tiram untuk daerah Lombok.

    Kira-kira Bapak ada contact person pengusaha kedua jamur tersebut di daerah lombok tidak ya?

    Terima kasih banyak atas bantuannya. Sukses selalu untuk Bapak.

  58. pak aku di wilayah klaten cuaca sedikit tropis apa coc ok untuk budidaya jamur tiram.mohon penjelasansan.saya benar membutuhkan informasi itu.dan bagai mana cara ter baik.dimana bisa menghubungi bapak lewat tlepon.nomor saya 081575574570

  59. rasnya Klaten ga beda jauh dengan jogja dan tidak masalah untuk jamur selama anda atur kelembapannya. apalgi jika dapat mengatur suhu ruang. untuk jamur tiram tidak begitu repot dengan kondisi.

  60. Selamat pagi semua pemerhati dan pelaku bisinis jamur tiram. Saya petani baru daerah solobaru – sukoharjo. saat ini sedang mencari pengepul jamur tiram atau kuping di solo – sukoharjo. capacitas per hari kurang lebih 50kg. bagi yang mempunyai informasi tolong hubungi saya di 0271-7052836.

    thanks
    dj

  61. Buat mbk Indri, pak Mahrup Kaseh Jalan Panji Asmara II nmor 4 mataram. Coba dicek apa beliaunya msh eksis di jamur. Maaf jk tdk bnyk membantu krn sy petani jamur blitar

  62. Assalamualaikum, buat semuanya

    Memang cukup mudah untuk membudidayakan jamur tiram. Tetapi terkadang bahan baku sulit didapat terutama bibit dan serbuk gergaji apalagi untuk daerah perkotaan yang justru merupakan lahan pemasaran yang sangat bagus. Dengan permasalahan yang demikian tidak mustahil asa untuk berbudidaya jamur jadi berkurang atau malah mungkin tidak dijalankan karena malas yang mengakibatkan kerugian.

    Jika anda ingin memulai usaha ini mungkin anda bisa bermitra dengan saya. Saya juga menjual media jamur tiram siap panen. Bentuknya sudah dibungkus dg plastik PP (polypropilen), sudah memalui tahap pencampuran, pengukusan pemberian bibit dsb. Jadi anda tinggal melakukan perawatan dg menyemprotkan air 3-5 kali setiap hari. Dan anda tinggal memanen dalam beberapa hari (tergantung umur dari pembibitannya)

    Jika ada yang berminat hub. no. 081542875147, (0281) 622274 atau zanzan74@yahoo.com . Buat Pak Nur jika ada yang berminat mohon bantuannya untuk ditujukan ke no diatas. Kami melakukan pelayanan pesan antar untuk daerah manapun. Sekedar informasi domisili saya di Purwokerto.

  63. ikutan gabung ya…
    saya baru mau mulai mencoba budidaya jamur, saya minta tolong info cara budidaya jamur yg baik dong…
    saya juga minta tolong info tempat menjual bibit jamur di wilayah jakarta.
    klo ada yg bisa bantu tolong email ke ulu.mudin@yahoo.com

    • PAK DIDIK, SAYA MAU COBA BELI SEDIKIT
      BIBIT DI BAGLOG.BERAPA YA PAK HARGA PERBAGLOG DAN KAPAN SAYA BISA BELI KE BAPAK ? TRIMAKASIH

    • Kalau boleh saya menjawab, satu baglog bisa tumbuh 4-6X tergantung dari nutrisi yang dikandung, lihatny dari panen pertama kalau berat encapai 1,5-2ons lebih maka panen berikutnya akan bagus ters sampai habis bisa mencapai 6-7ons/baglog
      baca artikel kami di w w w . s u k s e s j a m u r t i r a m . b l o g s p o t . c o m

  64. pak, saya mau tanya….saya pengen budidaya jamur tiram tapi susah untuk mendapatkan info nya…..saya domisili di daerah purbalingga.
    trims..,….

  65. Pagi pak, Saya baru mulai budidaya jamur kuping di kec. polokarto Sukoharjo,saya jg tertarik dgn jamur tiram tp saya blm punya pemasarannya karena jamur tiram kan hrs langsung terjual segar,bagi yg th pengepul daerah saya mhn infonya ke tsbd32@yahoo.co.id

  66. Assalamu’alaikum Wr Wb
    Salam kenal pak nur, saya tinggal didaerah cipulir kebayoran, saya sangat tertarik dengan budidaya jamur saya ingin sekali mendapat informasinya dan dimana kelompok petani jamur yang paling dekat dengan daerah kebayoran, tolong diberikan informasi yang terdekat

  67. Oh ya ada tdk yang beli jamur kuping basah?bagi yang tahu mohon infonya ke email saya diatas ato hp 085642316814
    Bt pak nur mo tanya tahu tdk pejamur didaerah sukoharjo solo selain agrolestari? Thanks 4 all

    • saya ingin belajar budi daya jamur saya tinggal di daerah tangerang kotabumi ada yang bisa bantu tdk di daerah mana kiranya saya dapat belajar n mencari bibit jamur merang atau tiram nanti kirim ke email saya mia_chitose@hotmail.com sebelumnya terima kasih

  68. pak Nur, saya ada rencana buat budidaya jamur di daerah tasikmalaya(jabar) tetapi saya belum tahu kira2 untuk wilayah jawabarat khususnya dekat ke tasikmalaya, tempat yang saat ini membudidaya jamur (titam dan merang) serta menjual bibit jamur tersebut ada dimana, mungkn pak Nur bisa bantu saya, siapa yang bisa saya hubungi. terima kasih.
    mohon balas ke email saya

    indrawati_april@yahoo.co.id

  69. saya sangat tertarik untuk budidaya jamur….
    tapi, apakah didaerah saya ada yang menyediakan benihnya, di daerah kabupaten kuningan, mohon informasinya lebih lanjut…
    trimakasih..
    NB., kirim lewat email saya : anay3@ymail.com

  70. halo pak nur, saya tinggal di kota samarinda, saya sangat tertarik dengan budidaya jamur tiram saya ingin sekali mendapat informasinya. apa jamur tiram dapat diawetkan dengan cara oven? mohon bantuannya ya pak.

  71. yth pak NUR

    saya juga tertarik untuk budidaya jamur, masalahnya mungkin waktu saya yg jarang di rumah. Apakah mungkin budidaya jamur diserahkan ke karyawan dng pengawasan yg minim (misal karyawan dikirim ikut pelatihan budidaya jamur) ?
    dan untuk pemasaran daerah Kebumen-Purworejo apakah sudah ada yg menampung hasil panennya ?
    saya juga ingin tahu seberapa perhitungan BEP-nya.
    Mohon dapat dibalas juga lewat email saya di pdo3004@gmail.com atau riyanto.rado@mail.bni.co.id

    Maturnuwun

  72. Nana Suhana (55), petani sekaligus pengepul jamur tiram putih di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, semoga dapat membantu bu idrawati dan pak edi

  73. dapat saja pak di ven, naum tidak dapat dikonsumsi segar lagi dan kalau tidak hati-hati akan berwarna coklat sehingga tidak menarik lagi.
    untuk pak Riyanto, budidaya jamur dapat diserahkan ke karyawan asal sudah terlatih, yang perlu diperhatikan adalah saat memulai apalagi kalau harus buat bibit sendiri maka pelu tenaga khusus, jika beli yang sudah dalam bentuk log dan tingga memelihara sebenranya asal bisa menjaga dengan meyiram pagi dan sore tidak ada masalah untuk dikerjakan sendiri atau keluarga (jika tidak besar lho)

  74. untuk pak Riyanto, dapat saja kita budidaya meski jarang dirumah. jika itu yang terjadi dapat mengangkat karyawan atau hanya pelihara saja, artinya beli bibit yang sudah jadi tinggal menumbuhkan lalu panen asal ada yang menjaga lokasi dan mengatur kelembapan.
    untuk kebumen dan purworejo saya kurang tahu tapi jogja dan magelang ada. silahkan dibaca pada komentar.
    untuk BEP silahkan dibaca pada artikel lain tentang menghitung biaya produksi jamur tiram pada blog ini juga

  75. nih…q org batu…q pengen banget budidaya jamur tiram….
    q bingung gmn c cra nya memanennya…
    apa di tarik sampai akar atao hanya di potong aja sampai atas permukaan tanah….dan perawatan mengharuskan di sekitar jamur tu lembab….dan juga berapa kali menyiram jamurnya…???????!!!!!

  76. kalau yang ada ditanah ya dicabut juga boleh, yang penting potong dengan baik sehingga yang dipanen utuh. yang dibudidayakan umumnya dipotong pada pangkal batangnya sehingga tidak merusak media pada log.
    umunya disemprot 2 kali tapi jangan sampai basah kuyup disekitar nya apalagisampai ada air tergenang. usahakan ebrsih namun tetap lembab. saya pikir di batu sangat cocok dan tidak masalah dalam budidaya.

  77. pak saya mau nikah tapi bingung cari usaha kayaknya usaha jamur cocck juga, tolong dong saya minta bantuannya bagaimana saya bisa budi daya jamur, terima kasih atas bantuannya semoga bapak dapat pahala

  78. assaalamualaikaum…mohon maaf pak saya dari papua mo nanya untuk media jamur yang bagus pakai serbuk kaya apa ya,soalnya di papua yang banyak adalh kayu besi,apa bisa di buat ya… makasih pak.wassalam

  79. Ass P.Nur.

    Saya tertarik untuk mengembangkan jamur tiram serta pengolahannya.
    Apakah bapak bisa memberi saya melalui email ttg tata cara budidaya jamur tiram, dan resep2 untuk mengolah jamur tiram?
    Atas waktunya saya ucapkan banyak terima kasih.

    Rudi
    united.technic@gmail.com
    081 6542 0883

  80. Gimana nih koq nggak ada yang respon,gimana pak nur,harga untuk jamur kuping dan tiram terkini ditingkat produsen berapa ya?Makasih bt infonya!

  81. Ass.Wr.Wb
    Pak kalo untuk memasarkan jamur tiram wilayah Magelang dimana ya… karena saya juga baru pemula budidaya jamur tiram dan juga dengan modal pas-pasan terima kasih
    Wassalam.Wr.Wb

  82. Assalaamu’alaykum..
    Pak, saya mahasiswa teknik elektro, kebetulan saya ada ide judul TA saya untuk pengontrolan dan pengendalian suhu pada proses budidaya jamur tiram. Ada tanggapan kah dari Bapak?? Saya juga minta izin u/ copy artikel Bapak.

    asrofinoorden@yahoo.co.id

    • Pengendalian suhu cukup baik terutama jika ada alat yang murah untuk UKM, namun akan lebih bagus jika pengendalian kelembapan ruang sehingga jika kelembapan turun, maka sensor akan bekerja dan nozle untuk menyemprotkan air berjalan hingga sensor menangkap kelembapan cukup lalu sensor mematikan penyemprotan air, ini juga akan mengatur suhu secara tidak langsung

  83. Alhamdulillah, blog bapak ini telah membantu usaha jamur saya bahka saya sampai kewalahan memeuhi pesanan, malah saya sekarang membutuhkan sekitar 50-100 kg per hari untuk memenuhi pesanan lain. ada yang bisa menyediakan harus kualitas baik dan jenis ostern ya tolong hub flexy 0343 7793515/ hp 085648014438,ohya kalo ada yang memsan jamur juga boleh. matur nuwun

  84. Jenis ostern tu yang gmn ya?pak agung hidayat tgl dmn?
    Yg mau buat alat pengontrol suhu dn klmbaban dibuat yg murah ya biayanya,klo mahal ya pcm aja sapa yang mau make?!

  85. selamat buat pak agung, saya ikut senangsemoga makin sukses jaga buat saudaraku yang lain. ini ada juga yang nanya tenatng pak agung tolong untuk saling komunikasi

  86. assalamualaikum…
    saya tertarik untuk mencoba membudidayakan jamur, tetapi pengetahuan saya hanya sebatas dari literatur. oleh karena itu mungkin kawan – kawan bisa memberikan informasi tempat pelatihan budidaya jamur disekitar wilayah jabotabek. bisa email ke: fizted@yahoo.com

    thanks

  87. D.H.
    Apakah bpk menyelenggarakan pelatihan budidaya jamur ?
    Sepertinya di Ygy akan ada pelatihan tgl 14-15 Peb 2009 besok.
    Atau mungkin bpk bisa membuat pelatihan dng sistem VCD, shg yg jauh cukup beli VCD dan tentu ada lampiran versi cetaknya. Siapa tahu dng VCD bisa diikuti dng baik dan bisa dipraktekan.
    Saya beberapa waktu yll beli VCD budidaya jamur tapi maaf sangat “amatir”. Hanya hasil shooting kegiatan jamur sehari2 dari membuat media tanam sampai baglog masuk ke kumbung … itupun file VCD-nya sepotong2 dan tidak ada narasinya sama sekali.

    Coba bpk bikin VCD budi daya jamur, tentu yg lbh rinci dari A-Z berikut penjelasannya, bs dalam bentuk narasi atau seperti gaya reporter.

    SEmoga terwujud pak, dan kalau terwujud saya pesan 1 set .. hehehe

  88. Saya lagi mau mencoba membudidayakan jamur Tiram, di daerah Gianyar Bali.
    sebagai sarana bagi anak-anak Panti asuhan agar mereka bisa belajar berusaha, agar tidak selalu mengharapkan belas kasihan orang.
    Terima kasih untuk informasinya.

    • Pak Marvin,

      kebetulan intan juga ada keinginan untuk tau mengenai budi daya jamur, alamatnya di gianyar mana ya? bisa intan berkunjung ke sana?

  89. Bagi pembudidaya jamur kuping daerah solo,karanganyar,sukoharjo dsktrnya yang kesulitan memasarkan jamur kuping kering silakan hubungi saya di 085642316814, saya ambil,buat pak nur terimakasih..

  90. menjaga kelembaban di ruangan budidaya, yaitu dengan memberikan pasir pada lantaio ruang budidayanya. dan semprotan bunga disemprotkan 1 jam sekali .( punya saudara saya sudah panen 5kg/hari (di malang – gadang)
    saya ada di wilayah sidoarjo. apa mas- mas tau yang jual bibit jamur tiram diwilayah sidoarjo?..tolong sms ke kami 08123181523.

  91. Ass. Pak

    saya iman dari batam. Disini saya ingin mencoba budidaya jamur tiram. Dulu di malang keluarga saya mencoba budidaya ini dan berhasil. Ayah saya dosen di STPP lawang. Cuman dulu kita tidak budidaya dari nol .. kita membeli log dari wlingi. Saya rasa kalo di batam belum ada yang menyediakan. Jadi saya mau tanya apakah ada yang menjual bibit jamur, dan panduan bagaimana cara membudidayakan dari awal (di polybag nya). terima kasih atas bantuannya

    • kemabngkanlah yang pernah di lakukan di malang. jika perlu beli lognya di malang atau yang dekat kemudian mulai dikembangkan di batam. siapa tahu di batam juga sukses. selamat berkarya

  92. Saya andik setiawan pak,
    Dari blitar Jawa Timur. Mohon informasinya karena saya pemain baru dalam agrobisnis terutama jamur.
    saya mau tanya berapa harga bibit jamur kuping F4 per 1000 nya ya? Kalau bisa yang sekitar malang gitu?
    trima kasih pak..

    contact number saya 085220130681

    BR,
    ANDIK SETIAWAN

  93. pak saya tertarik sekali dengan budidaya jamur merang. saya tinggal di pare kediri. saya pengen informasi yang banyak tentang jamur merang dan budidayanya, kalo bisa kapan diadakan pelatihan tentang jamur di kediri.
    pak dimana saya bisa mendapatkan bibitnya? trimakasih banyak

  94. Salam,,,,,
    pak..Mohon informasi donk tempat budidaya dan pemasaran jamur Tiram diBALI..
    saya jg sedang mencoba membudidayakan & kebingungan pemasarannya hasilnya.klo da rekan2 yg tau mohon informasinya..(dnick_dayak@yahoo.com /081-233090806)
    Trims.

  95. salam kenal untuk semuanya..
    saya baru memulai usaha budidaya jamur di daerah lembang-bandung,dan saya butuh informasi mengenai harga jual dan konsumen yang butuh pasokan jamur tiram putih di daerah bandung dan sekitarnya..sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih..untuk informasi lebih lanjut bisa contact : errick_zheng@yahoo.com

  96. Salam Hormat,

    Pak, saya domisili diBandung, saya sangat tertarik untuk membudidayakan jamur Tiram khususnya, mengingat saya punya lahan potensial yang cukup luas diKudus Jawa Tengah, sehingga cocok untuk budidaya jamur.
    Saya ingin ikut pelatihan ataupun seminar yang diadakan didaerah Bandung untuk mengembangkan dan meningkatkan bisnis Jamur di daerah, ataukah ada pengusaha Jamur di wilayah Bandung yang mau bekerjasama..
    Ada kesempatan dan peluang ekspor Jamur ke Malaysia dan Singapore.
    Yang mempunyai informasi pengusaha Jamur di Bandung, bisa hub saya via email rif_da@yahoo.co.id
    atau sms only 085721382102.

    Terima Kasih

  97. assalamualaikum…
    saya tertarik untuk memulai bisnis jamur tiram. Saya mau tanya apakan Bu Endang masih tetap di Brawijaya, terus Bu Endang di UB sebagai dosen atau apa?
    Terima kasih sebelumnya.

  98. buat Rizky, Bu Endang masih di Brawijaya, tapi beliau sedang sakit (kanker).
    Buat sam. silahkan klik pada kolom buku tentang mushroom cultivation disitu ada detail cara budidaya namun dalam bahasa inggris.

  99. Salam,,,,
    Pak, surat saya kok tidak dibalas?
    Saya perlu alamat pengusaha yang membudidayakan jamur daerah sekitar Bandung, Cimahi, Lembang.
    Mohon konfirmasinya.
    Terima Kasih

    • mohon maaf pak saya tidak hafal tapi kalau bapak lihat dikomentar pada tulisan teratas tentang jamur, kayaknya banyak yang dekat. sekali lagi mohon maaf, maklum pak yang harus dinalas cukup banyak dari beberapa blog saya sehingga kalau yang kebalas ga urut sekali lagi mohon maaf.

  100. Assalamu Alaikum Wrwb. menarik banget artikelnya, maaf nih pak, kami sekeluarga suka banget makan olahan jamur tapi jarang sekali bisa dapat jamur yang segar, dan suami saya berminat budidaya jamur minimal untuk konsumsi sendiri, tapi gak tau gimana dapat bibitnya di polewali mandar, sulawesi barat. terima kasih banyak sebelumnya atas informasinya.

  101. saya berdomisili d nganjuk.
    saya tertarik untuk budidaya jamur.
    dimana saya bisa mendapatkan benihnya?
    tolong jawab die-mail saya.

    “kenthuk_bgtz@yahoo.com”

    terimakasih….

  102. asslamu alaikum wr wb
    pak…??
    kalo buat petani baru berapa bugget yang harus di kelarin???
    maklum lha ORMIS hehehehe
    balas ya pakkk
    minat banget tapi modal pas2an

    • dalam budidaya, jumlah sedikit juga dapat. dilakukan dalam ruang yang kecil pula. saya juga pernah di dekat sumur hanya beberapa log. jadi tidak ada ukuran berapa, semampunya dan secara bertahap ditingkatkan.

  103. aku mau mencoba membudidayakan jamur, tapi aku ga tau bagaimana cara untuk membuat bibitnya. untuk daerah jakarta, kita bisa memperoleh bibit jamur dimana yach. atau gimana cara membuat bibit jamur induk dan sebarnya.
    terima kasih.

    • harus aktif melakukan pemasaran dengan mencari konsumen, membuat penawaran atau hubungi distributor jika jumlah banyak.kembangkan jaringan pemasaran

  104. Slamat siang pak,,
    Pak saya ingin mencoba bisnis bididaya jamur tiram, tapi saya sangat awam dengan bisnis ini. Apakah bapak ada relasi pengusaha budidaya jamur tiram di daerah bekasi / jakarta? saya ingin sekali magang dan belajar/langsung terjun praktek,,
    Trima kasih atas infonya,,

  105. assalamualaiku,,,
    maaf pak, kalau beli log untuk budidaya jamur tiram di daerah pekalongan ada ga ya?
    karena saya belum bisa membuat lognya, baru sekedar baca2…terimakasih

  106. Terima kasih atas informasi yang diberikan. Saya sedang mencari usaha lain dan ketika saya membaca tentang budidaya jamur tiram, saya merasa tertarik, tapi saya masih buta tentang jamur, mohon informasi tentang cara dan lainnya dan dimana mendapatkan bibitnya. Lokasi saya ada di Mojokerto kota dan di Trawas. Terima kasih

  107. Assalamu’alaikum,
    Nama saya Surya dari Medan. Saya mau minta bantuan ma Bapak tentang alamat tempat penjualan log yang dekat dengan tempat saya berdomisili karena saya belum bisa membuat log sendiri. Makasih ya pak.

  108. Slamat siang pak,
    Saya ingin memulai budidaya jamur tiram awal bulan depan di daerah Nganjuk. Tapi saya belum ada pandangan dimana bisa menjual jamur2 itu nantinya di daerah seputar Nganjuk.
    Mohon info dari bapak dan teman2 jika ada yg tahu dimana kira2 saya dapat memasarkan jamur2 saya nantinya.
    Terima kasih.

  109. ass
    selamat malam pak.. saya tertarik untuk budidaya jamur tiram! saya pemuda umur 23tahun.. saya tinggal di tangerang.
    yang mau saya tanya kan, berapa kira2 modal untuk budidaya jamur tiram… dan apakah untuk budidaya jamur tiram harus di tempat yang bersuhu dingin….
    trims, tigabelas_at@yahoo.co.id

  110. Info bt rekan2 didaerah solo yang bingung mendapatkan log jamur kuping dan tiram,atau kesulitan pemasaran jamur kuping kering bs hubgi saya di 085642316814

  111. saya sangat tertarik dengan budidaya jamur, apalagi di tempat belum banyak orang yang membudidayakannya. mohon bantuan dan panduan cara membudidayakan jamur tiram….
    o ya saya berdomisili di Palembang. mohon bantuannya….

  112. pak saya bingung,,,,,,,,di daerah saya udaranya cukup panas,,,,,,,,,,,,,jadi saya melakukan perawatan extra untuk merawat jamur saya…………..!saya buat hujan buatan sebanyak 4 sampai 5 kali sehari…!sampai2 blog jamur saya basah,,,,,,jadi saya bingung harus melakukan apa………>!!!!!!!!!!saya pernah dengar kalo terlalu basah juga tidak bagus untuk pertumbuhan jamur saya…….!!!!!!!!!!saya mohon sarannya pak>…>>adi_barong@yahoo.co.id
    tolong kirim balasannya ke alamat itu ya pak

    • udara yang panas bisa disiasati dengan model pembentukan kumbung dan bahannya.ditempat kami pada siang hari suhu diluar 31c tetapi dikumbung sekitar 25 c.silakan kunjungi kami
      :graha jamurku media komunikasi petani jamur:
      081359801074

  113. Siang pak nur dan smuanya, mau tanya pak nur n bt rekan yg sdh pernah mcoba menggunakan serbuk kayu slain kayu sengon laut utk media jamur kayu,bgmana prosesnya dan bgmana resiko kegagalanya dbndingkan mgnakan sengon laut,mkash tanggapanya!

  114. Assalamualaikum…..
    sy berminat untuk budidaya jamur, tp pengetahuan sy nol tentang budidaya ini, sy cm sering bca artikel aja.yang harus saya langkah2 apa yg harus sy lakukan untuk memulainya.ato sy harus bertanya kemana untuk informasi budidaya jamur.sy tinggal di sebuah desa kecil di kabupaten jember-jatim.
    terima kasih …..
    wassalamualaikum…

  115. Siang pak nur
    Mau tanya lg tentang steamer untuk sterilisasi baglog,apa pak nur punya desainnya?bila menggunakan bhn bkr kayu sebaiknya brp kapasitas steamernya?
    Trimakash tanggapanya

  116. jangan mudah putus asa.tadi pagi ada yang ke kantordengan awal 800 log berhasil lalu ada masalah karena dia ada urusan.kini mulai lagi karena sudah bisa mengtasi maslaah. maslah tiapo orang tidak sama.

  117. salam kenal semua

    saya berdomisili di jakarta, berminat sekali budidaya jamur tiram dan akan memulai budidaya di daerah jabotabek, tapi saya masih punya banyak kendala.

    mohon minta bantuannya bagaimana cara budidaya dan mencari mitra berpengalaman.
    Terimakasih
    email: tomut2004@yahoo.com

  118. assalamualaikum…
    pak, saya juga interest n pingin sekali untuk memulai usaha budidaya jamur tiram ini. tips-tips untuk memajukan bisnis ini apa ya pak? apa yg membuat bpk tertarik pada bisnis budidaya jamur ini?

  119. silahkan buka pada tulisan saya di alamat pelatihan. disitu ada pak Piryadi untuk daerah Jakarta. beliau pengusaha besar jamur tiram dan lingzhi

    • Untuk distributor jamur di semarang silahkan hubungi PT. ACEDA lokasinya jl. potrosari tengah 12 srondol kulon (70404667).(belakang ADA Setiabudi). sepertinya juga menyediakan bibit jamur.

  120. Ass.wr.wb
    Pak saya minta di bantu pemasaran jamur tiram bagaimana,adakah agen/bakul/sales yang mau mengambil panenan jamur tiram dari petani-petani?
    saya domisili di malang.
    adakah di malang asosiasi/perkumpulan untuk petani jamur agar dibentuk suatu kemitraan agar harga jamur tiram di pasaran stabil.tolong dibantu ya Pak,mengingat saya baru memulai usaha ini dengan modal kerja yang sangat pas-pasan.
    terima kasih atas perhatian dan tanggapannya.
    wassalam.
    4R13F

    • silahkan kontak alamat malang pada srtikel blog tentang alamat pelatihan. rasanya yang malang banyak, saya sendiri bukan ahli pemasaran

  121. Pa, kemarin saya pulang kampung, ada yang ngajak usaha jamur tiram ini… apa cocok usaha jamur di daerah Sukabumi.? rencananya kami beli bibit lalu di kembangkan sampai siap panen tapi tidak membudidayakan sendiri, gimana pndapat bpa.? 1 lagi saya minta Refrensi harga beli bibit & harga jual setelah panen… terima kasih sebelumnya,,,

  122. Pa, saya tertarik bisnis jamur tersebut, berapa modal pertama yg harus saya sediakan untk bisnis jamur tsb.? Apa ada orang Suksbumi yg sudah bergerak di bidang ini … mhon informasinya… trim’s

  123. ADHIE JAMUR MALANG
    MELAYANI:
    1. PELATIHAN JAMUR TIRAM
    2. PELATIHAN PEMBUATAN BIBIT JAMUR
    3. MENJUAL BAGLOG JAMUR
    4. MENJUAL BIBIT JAMUR
    5. HUB: 0341-5493880 / 085749622212

  124. terima kasih Pak Nur atas email balasannya.Karena modal saya yang terlalu pas-pasan jadi saya berencana membeli bibit jamur yang sudah jadi sbg usaha awal dan bisa jadi hemat untuk pembangunan kumbungnya saja.Yang saya ketahui saat ini pembudidayaan Jamur tiram di Pontianak hanya Universitas Negeri Tanjung Pura dan mereka memasarkan ke pasar tradisonal dgn hrga Rp 8000/strayrofoam;supermarket Rp.11.000.
    menurut Pak Nur, jika baglog+bibit jamur harganya kira2 Rp2.000/baglog ditambah ongkos krm ke Pontianak Rp 2.500/kg. Apakah saya bisa bersaing dengan harga pasaran yang diatas?Ohya, sebenarnya harga baglog+bibit jamur yg sdh jadi berapa?
    Terima kasih skl atas tanggapannya..

    erida

    eridahe@gmail.com

    • tergantung perawatan. kalau saat mulai panen ada upaya penjarangan sehingga hasil yang diperoleh tidak banyak yang sub grade artinya banyak yang ememnuhi ssyarat maka masih untung. atau jika anda dapat menjual yang subgrade boleh juga. selama pasar masih belum banyak pesaing yang subgrade laku pula dijual di pasar tradisional. ada patoka sederhana menghitung di artikel tentang menghitung biatya produksi jamur tiram

  125. asqm..gini pak sya sm tmn” bru mau mulai usha jamur, tp kmi khwatir, di tempat kami suhu’a cukup panas, bgaimana cara mengsiasati agar kualitas jamur yg akan kami produksi tetap baik,mskipun di daerah kami cukup panas pak, mhon bantuan’a .twrima ksh sblum’a.

    • dapat diatur dengan sirkulasi udara dan kelembapan tapi hasil biasanya kurang bagus. kalau untuk yg standar saya belum yakin tapi kalau untuk psaar tradisional atau untuk olahan masih cukup baik

      • saya seorang mahasiswa pertanian yang juga tertarik dengan permasalaghan mengenai jamur. setahu saya, jika dengan kondisi panas seperti itu, kka kita dapat melakukan modifikasi pada gudangnya, dengan membuat gudang yang tinggi, lebar, dengan banyak ventilasi, dan jangan lupa membuat sayap sayapa pada semua sisi gudang. itu untuk menjaga kelembapan udara. dana kalo perlu dilakukan pengabutan. disini perlu cost yang lebih tinggi. trims.

  126. Selamat siang pak.

    Saya sangat tertarik dengan usaha jamur ini, tapi saya bingung mencari lokasi tempat kursus/pelatihan budidaya jamur di daerah Tangerang, kalau ada info mohon alamatnya, dan bagaimana syaratnya

  127. Salam,,,,,
    saya Nick di BALI,sedang membudidayakan jamur tiram & kebingungan pemasarannya hasilnya.
    Mohon informasi donk komunitas prtani budidaya dan pemasaran jamur Tiram diBALI..
    klo pak tau ato da rekan2 yg tau mohon informasinya..

    (dnick_dayak@yahoo.com /081-233090806)

    Trims.

  128. salam sejahtera Pak Nur,yang Bapak maksud dgn biji milet itu apa? apa bisa di ganti dgn biji2an yang lain? selain mensterilkan memakai autoclaf apa tidak ada cara lain utk mensterilkan media bibit f1 dan f2 sperti kita mensterilkan media bibit f3. jadi kita tdk perlu membeli autoklaf lg cukup 1 macam saja alat sterilnya.
    terima kasih sekali sebelumnya atas info2 n saran2nya

    thanks
    rida
    eridahe@gmail.com

  129. salam pak gimana kalau ingin memulai usaha budidaya jamur ini
    apakah butuh dana yang besar dan juga tempat yang memadai. apakah bisa dengan persaratan sederhana.
    mohon pencerahan.

  130. saya huda dijombang…….
    pengen ikutan budidaya jamur tiram tapi gak tahu dari mana harus mulai……..
    mohon bimbingannya……..
    085292044000

    • Kami berlokasi di Jombang. Kami menyediakan bibit jamur dan pembuatan bag log.
      Alamat: dusun Santren, desa Banyuarang, Kec. Ngoro, Jombang.
      Hp: 085730433614/ Dyan widyastanto

  131. pak saya sangat tertarik sekali dgn bisnis jamur ini,bagaimana cara saya untk memulainya dan bgmana prospeknya kdepan karna saya ingin bergelut dbidang ini dan meninggalkan pekerjaan saya sbg karyawan? tolong nasehatnya jg karna saya brd dperantauan dan ingin kembali kkampung di Solo!

    • di solo banyak usaha dibidang ini yg dapat dihubungi. prospekcukup bagus asal tabah dan tidak sekdar budidaya tapi juga usahakan ke arah olahan atau kemasan segar untuk supermarket

  132. pak mohon informasi mengenain tempat budidaya jamur kuping terutama di wilayah jember dan sekitarnya karena saya saat ini membutuhkan pengusaha jamur kuping yang bersedia saya ajak menjadi mitra saya,saat ini saya adalah mahasiswa tingkat akhir poltek jember yang membuat tugas akhir berupa alat pengering jamur kuping dan nantinya akan diuslkan pada program DIKTI

  133. Pertanyaan saya: Kenapa Tamur Tiram di kumbung saya banyak semut dan hewan-hewan kecil (bersayap)? Apakah berpengaruh terhadap pertumbuhan jamur? Bagaimana mencegah datangnya semut dan serangga lainnya?

  134. Saya sedang memulai usaha jamur tiram..tolong dijelaskan cara sterilisasi yang benar, karna log yang saya prod masih banyak terserang jamur liar, trimakasih

  135. Assalamualaikum, buat semuanya

    Memang cukup mudah untuk membudidayakan jamur tiram. Tetapi terkadang bahan baku sulit didapat terutama bibit dan serbuk gergaji apalagi untuk daerah perkotaan yang justru merupakan lahan pemasaran yang sangat bagus. Dengan permasalahan yang demikian tidak mustahil asa untuk berbudidaya jamur jadi berkurang atau malah mungkin tidak dijalankan karena malas yang mengakibatkan kerugian.

    Jika anda ingin memulai usaha ini mungkin anda bisa bermitra dengan saya. Saya juga menjual media jamur tiram siap panen. Bentuknya sudah dibungkus dg plastik PP (polypropilen), sudah memalui tahap pencampuran, pengukusan pemberian bibit dsb. Jadi anda tinggal melakukan perawatan dg menyemprotkan air 3-5 kali setiap hari. Dan anda tinggal memanen dalam beberapa hari (tergantung umur dari pembibitannya)

    Jika ada yang berminat hub. no. 02817951188, (0281) 622274 atau zanzan74@yahoo.com . Buat Pak Nur jika ada yang berminat mohon bantuannya untuk ditujukan ke no diatas. Kami melakukan pelayanan pesan antar untuk daerah manapun. Sekedar informasi domisili saya di Purwokerto.

  136. nama saya adi,di besuki.!!!saya orang baru dalam bisnis jamur tiram ini,,,,lima belas hari lalu,saya melakukan pemanenan pertama,,,!!!!!sejak saat itu pula saya mengidap penyakit batuk,,,,saya skarang bingung,,!!!!!harus berhenti dalam bisnis ini atau di teruskan……!klo saya berhenti,,,,saya rugi modal,,tapi klo saya terus….!!!!saya kuatir batuk ini tidak sembuh…….!!saya mau tanya,,,,,,,!!!!apa saudara sekalian tidak batuk????/klo batuk apa obatnya??????
    klo tidak batuk…..!kok bisa????????kenapa saya batuk????/

    • saya adalah pembudidaya jamur di Sedati sidoarjo…
      memang kalau alergi Spora jamur, pastik batuk… dan kadang – kadang badan gatal 2…. terutama kalau masuk kumbung pada waktu pagi sekali… karena pada malam hari jamur banyak mengeluarkan spora.

  137. untuk nyang membutuhkan baglog dengan kualitas bagus disekitar pandaan jawa timur kami menyediakannya..hubungi bpk kaiman 081553409511 atau ari di 085646433499..

  138. Saya sudah usaha jamur tiram setengah tahun tapi saya ingincara membuat sendiri mohoh dikirim ke E-mail saya saya KLATEN

  139. p nur makasih sy banyak belajar dr komentar tmn2.Sy pengin sekali memanfaatkan halaman belakang rmh sy yg tdk terlalu luas krg lebih 45persg utk tnm mc2 jamur skala rt utk kebutuhan dpr.ya jmr tiram,sitake,kuping ato lainnya.Dimana ya mendpt bibitnya mc2 jamur tsb.Kira2 harganya brp?sy tinggal di perum sawojajar malang.trmksh.

  140. salam buat semuanya..
    saya baru memulai usaha budidaya jamur tiram dengan kapasitas 10.000 baglog, bagi yang membutuhkan pasokan jamur tiram segar untuk daerah yogyakarta dan sekitarnya bisa menghubungi saya di nomer (0274)6893938

  141. dear pak nur,
    saya tertarik dengan budidaya jamur tiram putih dan cokelat, cuman saya sama sekali tidak mengerti cara budidaya dan pembibitannya, serta alat2 pendukungnya, saya ingin membuat peternakan jamur dengan kapasitas 2000 baglog, kira2 butuh modal brp yah pak?minta tlg jawabannya dikirim ke email saya.tq
    email : steveimutz@yahoo.com
    hp:081386768882

  142. Ass…
    Hai,, saya Winda, 20 tahun..
    Mahasiswi Kimia, di USU Medan, Sumatera Utara..
    Saya sangat tertarik dengan usaha budidaya jamur yang anda lakukan…
    Sayangnya,, orang tua saya kurang mendukung,,,
    Saya berniat untuk merintis usaha ini dengan modal dari uang jajan saya sendiri..
    Sebelumnya saya sudah pernah mengikuti pelatihan budi daya jamur tiram.
    Saya mau tanya berapa kira2 modal yang saya perlukan untuk membuat usaha jamur kecil2an???…
    Tapi nantinya bisa dijadikan sebagai usaha sampingan saya.
    1 lg kebetulan medan beriklim cukup panas, belum lagi tanah yg nantinya bakal dijadikan lahan terkena paparan sinar matahari langsung, apa itu tidak mempengaruhi perkembangan jamur itu???
    Sedangkan saya tidak memiliki budget cukup untuk membuat sheet”rumah jamur” yang modren (menggunakan batubata)…
    Saya sangat berharap sekali anda dapat membantu saya, saya harap dengan saran yang anda berikan dapat sangat memotovasi saya…
    Saya harapkan sekali balasan dari anda….

    ThanX..
    NdhaQ

  143. pak,… saya mau tanya, “di cengkareng apa layak untuk budidaya jamur ??
    Ada dimana/siapa di cengkareng yg membudidayakan jamur??
    terimakasih pak.

  144. Kami menjual jamur tiram putih segar langsung dari perkebunan kami,kami sedang mencari pengepul/supplier jamur didaerah jakarta dan sekitarnya minimal order 500kg/hari harga bersaing apabila rekan-rekan tertarik segera hubungi kami.
    Dengan : SUGIARTO
    No HP : 021-99252988 atau 0812-8986479
    Kami tunggu kabar baik dari rekan-rekan
    TERIMA KASIH!!!

  145. Numpang iklan pak nur..Saya mencari jamur kuping kering kualitas bagus , harga bersaing..yang berminat hubgi 085725023929, saya di solo trims

  146. Salam kenal……..

    saya berminat belajar bududaya jamur, mohon info bila ada pelatihan budidaya jamur atau yang berkenan menjadi tutor disekitar jabodetabek
    terima kasih
    e-mail :ngapung14@yahoo.com

  147. Pak bisakah saya dibantu informasi untuk pemasaran daerah klaten tengah? Saya pemula dalam usaha jamur tiram. Terima kasih atas informasinya.
    Cp:085642097793

  148. Saya adalah Pembudidaya Jamur tiram Putih
    kami menjual jamur tiram putih segar langsung dari perkebunan kami, kumbung kami ada 4 ( kumbung 1 = 4000 log,Kumbung 2 = 1000 log, Kumbung 3 = 2000 log, Kumbung 4 = 3000 log ) kumbung terletak di Desa Pepe RT.13 RW.07 Sedati Sidoarjo. Untuk sementara kami panen 15 – 30 Kg. Karena ada 2 kumbung masih masa inkubasi. Harga Rp. 9000 – Rp. 9.500 /Kg (harga Lihat kondisi Panen) Hub. 031-77487799 (Didik Asyhari) 081-372030990 (Nizar)

  149. JUAL BIBIT F3 DAN JAMUR TIRAM PUTIH
    Saya adalah Pembudidaya Jamur tiram Putih
    kami menjual jamur tiram putih segar langsung dari perkebunan kami, kumbung kami ada 4 ( kumbung 1 = 4000 log,Kumbung 2 = 1000 log, Kumbung 3 = 2000 log, Kumbung 4 = 3000 log ) kumbung terletak di Desa Pepe RT.13 RW.07 Sedati Sidoarjo

  150. KAMI MENJUAL BIBIT JAMUR TIRAM DARI F.0, F.1 DAN F.2
    LOKASI KAMI DI DS TAGOG APU KEC PADALARANG KAB BANDUNG BARAT.
    LOKASI PERTUMBUHAN JAMUR DI CISARUA CIMAHI.
    HUBUNGI KAMI DI : 0815 8751024
    EMAIL : siswandibudi@yahoo.co.id

    Terima kasih.

  151. Saya sangat tetarik budidaya ini tapi saya belum tau serbuk gergaji kayu apa yang bisa dipakai untuk media jamur tiram ini. Apakah sembarang kayu atau kayu khusus, saya tinggal di Godean Yogya. atas jawaban bapak saya ucapkan terimakasih. hp 081931175474 EMAIL : SUDARJODIMAS@YAHOO.CO.ID SELAMAT BERWIRAUSAHA !

  152. salam kenal
    buat semuanya.

    saya tinggal di tangerang.
    saya ingin sekali mencoba mengikuti jejak sodara2 semua dalam pembudidayaan jamur ini. untuk itu saya ingin menanyakan bagaimana cara membuat bahan yang menggunakan serbuk gergaji dari awal sampai ahir. dan untuk membeli bibit jamur,dimana saya harus mendapatkannya?
    mohon kiranya ada diantara sodara2 yang mau memberikan sebagian ilmunya.
    jawabannya mohon dikirim ke email saya.
    bonang20042004@yahoo.com

    Sekian dan terima kasih

  153. Bagi anda pemula bisnis jamur tiram putih yang kesulitan mendapatkan bibit yg Baik bisa hubungi kami.Menjual bibit f2 berkualitas hanya Rp.25.000 /botol blm termasuk ongkos kirim.Dan kami siap membimbing anda sampai berhasil bikin f3 dan f4(baglog) hub.081384719035(fadil)

  154. “JAMURKU”
    Komplek PDAD no. 5 Ngadiwinatan Yogyakarta

    Sedia: Jamur tiram putih segar dari kebun sendiri.. Rp. 9.000,00 / Kg

    Kami juga menyediakan : Aneka masakan olahan jamur, kripik jamur

    Semua siap antar, luar kota juga OK..
    Beli banyak, lebih murah!!!!

    0857 2965 9988 dan (0274) 582541

    Terima Kasih

  155. saya pemula di bisnis jamur ini, banyak kendala yang saya hadapi!!! terutama masalah pemasaran jamur. saya berdomisili di keresidenan banyumas. tolong beritahu saya dimana pengepul jamur tiram or jamur kuping,trims………………………tolong blz an nya??

  156. to : pak Nur
    pak, di daerah semarang apa ada yang bapak kenal penjual bibit jamur tiram, saya msh bingung apa bedanya bibit F2,F3 dan yang memakia polybag dengan botol, mana yang lbh baik hasilnya.
    trima kasih atas infonya,
    bila ada yang tidak keberatan kasih info tlg kirim email ke smg_yanto@yahoo.com

  157. Aslm.
    S sngt tertarik ikut kemitraan jamur tiram,bgaimana persyartannya?s berdomisili di Bandar Lampung,cuaca disini panas,apakh cocok to usaha itu?
    trims.
    Wsslm.

    • InsyaAllah eksis apalagi jika kita dapat mengembangkan dengan baik dan menjadikan sebagai organic food yang kini semakin berkembang. artinya kita tinggalkan penambahan urea NPK dan berbagai pupuk buatan sanggupkah kita?

  158. lam knl smua…
    saya mohon petunjuknya pak.
    sy berdomisili di Padang (sumbar)
    saya berniat untuk usaha budidaya jamur tiram. sdh liat2 di net.. cuman ada beberapa masalah..

    yang mau saya tanyakan :
    1.untuk daerah Padang Sumbar, dmn sy bs menemui tempat budidaya jamur untuk studi banding.
    2. dimana saya bisa mendapatkan bibitnya.
    3. apakah di daerah tepi pantai Jamur Tiram bisa di budidayakan.

    sebelumnya terima kasih banyak tuk petunjukknya pak…
    alamat email saya : mr_cland@yahoo.com

  159. Hai. teman-teman penggemar budi daya jamur tiram.
    Saya ingin memulai bertani jamur tiram. Saya tinggal di Batam. Dimanakah bisa saya dapatkan bibit jamur tersebut (yang dekat ke Batam) sehingga ongkos kirim tidak terlalu mahal. Tolong dibantu ya teman!

    Salam,

    Julianis Ginting
    Perumahan Mitra Raya A-31 Batam Center
    Batam

  160. Ass…pak,,,
    saya ingin memulai budidaya jamur. Tp lahan yg saya gunakan dindingnya terbuat dr tembok,,,apakah itu berpengaruh?????
    terimakasih
    tolong beri saya arahan sebgi pemula budidaya jamur. Saya harap bapak bs kirimkan di email saya azizahismayanti@yahoo.co.id
    terima kasih

  161. aslm… pak..menurut anda antara jamur merang dan tiram prospeknya bagus mana.kalo mau budidaya jamur di daerah pesisir bisa g kebetulan q tinggal di pekalongan.mohon beri penjelasan lewat email maan_tuk@yahoo.com

  162. sy sngt terttarik sekali dengan dunia agribisnis karena bisnis ini sangat menjanjikan dan kehalalannya dapat dijamin tergantung pd yg mengelolanya,sebenarnya bagaimana mencri prospek agen hal in yg penting

  163. Dear All…

    saya berdomisili di daerah bogor dan kebetulan sy mempunyai lhan yang cukup.
    saya berminat budidaya jamur, mohon informasi dimana bisa saya peroleh pelatihan tentang budidaya ini.

    sebelumnya saya ucapkan terimakasih
    alamat email : edi_aksa@yahoo.com

  164. Kami menjual Jamur Tiram Putih segar langsung dari kebun di Cisarua, Lembang. Harga Rp.9000/kg curah. Segar, murah , dan berkualitas. Dapat dikirim sekitar bandung dan Jabodetabek (minimal 25 kg). Arief – 08562159422

  165. maaf pak saya adalah orang yang sangat awam soal jamur Tiram. Tapi saya ingin sekali bisnis dibidang jamur ini.
    saya domisili di bandung. Trus,, yang saya ingin tanyakan bagaimana
    Cara membuat bibit induk??
    Cara membuat polybag-polybagnya juga????
    Trus klo beli bibit,, kLo di bandung dmana???
    makasih sebelumnya.

  166. UNTUK PARA PETANI BUDIDAYA JAMUR TIRAM.
    KAMI MENJUAL BIBIT JAMUR TIRAM SIAP TANAM KE MEDIATANAM / LOG.
    LOKASI : Kp. PASAR KALER, DESA TAGOG APU, KECAMATAN PADALARANG, KABUPATEN BANDUNG BARAT.
    BERMINAT SEGERA HUBUNGI KAMI : HP 08158751024 / BUDI SISWANDI.

    TERIMA KASIH.

    • saya domisili di purbalingga, justru kita disini kekurangan suplay jamur, karena kira tiap hari untuk 1 outlet aja minimal 15 kg padahal kita rencana ada 7 outlet yang sudah berjalan baru 2 outlet

  167. saya mau tanya,,, kalau budidaya jamur tsb bisa ga dilakukan di daerah panas seperti di bantul? soale saya punya teman dia punnya budidaya jamur di bogor, usahanya sangat menjanjikan sekali, trs saya tertarik dg hal itu, saya berniat ingin mendirikan usaha tsb,,

  168. Selamat pagi pak,

    pak saya berminat dan ingin mengembangkan budidaya jamur tiram , sedangkan saya ingin belajar langsung dari petani. sedangkan saya domisili di tangerang – banten , apakah bapak punya petani yg bisa di referensikan ke saya ?…,

    terima kasih,
    selamet widodo
    hp. 085881485954.

    • setahu saya bisa banyak kok yang di Surabaya, bahkan ada eksprtir jamur disana namanya Budi Riyanto. silahkan hubingi yang lain di tulisan tentang Alamat……….. pada blog ini juga

    • Kami berlokasi di Jombang, bisa membantu anda dalam budidaya jamur tiram. Kami bisa menyediakan baglog siap panen dan juga bibit jamur. Untuk lebih jelasnya hubungi kami di:
      Hp:085730433614
      email:dyn_sam@yahoo.co.id
      blog:dyanwidyastanto.wordpress.com

    • Kami pembudidaya jamur, berdomisili di Jombang. Kami bisa membantu anda menyesiakan baglog siap panen dan juga menyediakan bibit jamur tiram. Untuk lebih jelasnya hubungi kami di:
      Hp:085730433614
      email:dyn_sam@yahoo.co.id
      blog:dyanwidyastanto.wordpress.com

  169. salam kenal… pak, saya tinggal di tangerang, dan ingin mengetahui lebih jauh lagi mengenai budidaya jamur. mungkin bapak bisa mereferensikan alamat petani jamur yang berdomisili di tangerang dan sekitarnya? saya tunggu infonya di e-mail saya yudhi_priambodo@yahoo.com, terima kasih..

  170. saya suda pernah usaha jamur sekaligus penjualanya sudah satu thn ini sampai skrg ini saya kesulitan mencari bag log jamur yang murah dan kualitas baik di blitar untuk pengambilanya saya secara kontinyu yaitu perminggu 100 setiap minggu kalao ada info tolong saya di kabari juga saya menerima jamur tiram secara kontinyu,tapi saya juga

  171. Salam kenal…
    Nama saya Rizal saya di Medan.dimana saya bisa mendapatkan bibit jamur tiram?bisakah kita membibit sendiri dengan media tanam serbuk gergaji kayu?
    trimakasih utk perhatiannya.kami sangat menunggu respon dari Bapak2

  172. Para petani yang terhormat :
    Kami menjual BIBIT JAMUR TIRAM PUTIH dan MEDIA TANAM (LOG).
    Berminat hubungi : WEKA APRILANDI di No. Telp : 02292369136 atau 08568051152.
    Terima kasih.

  173. salam kenal dari medan, saya berniat untuk memulai usaha baru yaitu budiadaya jamur tiram, tetapi masih kurang pengetahuan tentang cara penanaman, mecari bibit, media tanam, serta pemasarannya untuk wilayah medan. saya mohon bantuan dan bimbingan bapak…..!

    • membuat jamur betulnya ga sulit yg penting pemasarannya saya jadi ragu karna saya baca di situs ini kebanyakan mengeluh pemasarannya, saya di Malang , mungkin bisa bantu pemasarannya bisa contact :Andre= 081334426496 kita saling bantu coi ..trims

      • alamat anda sudah saya masukkan dalamartikel alamat pelatihan pada bagian pemasaran. makasih atas kesediaan salaing membantu

  174. Ass.Wr.Wb

    Saya berdomisili di Cilacap yang notabene berhawa panas kaena dekat sekali dengan pantai.
    apakah jamur bisa berkembang dengan baik di cilacap.alnya saya ingin mencoba budidaya tetapi belum tahu terimakasih……..

  175. Perkenalkan nama BUDI SISWANDI 08158751024.
    Alamat email : b.siswandi@gmail.com
    Menjual bibit jamur tiram putih, mulai dari Formula 1 s/d 3 dan media tanam.
    Berminat hubungi kami segera.

    Terima kasih.
    Salam sukses dari : budi siswandi.

  176. aslm’ualaikum wr wb
    pak saya sangat tertarik dngn budidaya jamur
    bagaimana cara mem buat bibit nya dan di pekalongan
    adakah petani/asoiasi p,jamur dan tempat membeli bibit jamur sekian dan terimakasih.

  177. saat ini saya di Yogya, saya ingin belajar tentang budidaya jamur tiram mulai dari pembenihan hingga perawatan dan panen juga pemasarannya. apakah ada buku panduan lengkap yang bisa membimbing saya untuk berbudidaya jamur tiram dengan baik. dimana saya bisa belajar. ke depannya saya ingin kembangkan di medan. apakah di medan ada komunitas tentang petani jamur tiram dan dimana saya bisa mendapatkan benih jamur tiram bila di medan?
    terima kasih.

    • rasanya di toko buku banyak. coba belajar di yayasan volva atau jejamuran di Sleman. atau ke Bu Sri Sumarsih dosen Fak Pertanian UPN Vetrean Jogja

  178. Bersama ini saya mohon petunjuk kepada saudara-saudara mengenai perawatan dari budi daya jamur tiram. Sebab saya sudah menekuni selama lebih dari 2 bulan. Belum pernah panen.

    Setiap hari saya melakukan penyemprotan sebanyak 2 – 3 kali dengan air bersih ke bibit-bibit jamur tersebut untuk menjaga kelembabannya.

    Namun saya bingung kok sampai dengan hari ini bibit2 tersebut belum tumbuh jamur seperti yang diharapkan.

    Demikian saya mohon petunjuk kiranya apa yang dapat saya laksanakan agar bibit2 jamur itu dapat tumbuh.

    Atas perhatian dan bantuan yang diberikan saya mengucapkan terima kasih.

  179. Alow para juragan jamur yg baik hati mau berbagi kiat dan solusi..
    Saya baru akan memulai untuk membudidayakan jamur merang ini di bekasi. Yg ingin saya tanyakan, untuk melakukan trial awal budidaya jamur apakah ada sarana yang tepat dan ideal untuk dipakai sebelum saya membuat sebuah kumbung?
    Trus apakah ada mitra usaha yg bisa saya jadikan induk sementara usaha jamur saya nanti selama awal2 budidaya jamur?Khususnya di bekasi..
    email : yulizalmi_riki@yahoo.com
    HP : 08561702349

    • pak sis……. saya ingin bisnis jamur tapi saya bingung bibitnya. sedangkan alamat saya di daerah sidoarjo. anda alamatnya dimana yah…. tolong dong saya diberi infonya…………..

  180. Assalamualaikum…
    minal aizin wal faizin…maaf lahir batin…
    sy dr kelmpok jamur universitas jenderal soedirman mau tanya bagaimana sih cara meningkatkan produksi?
    jamur yang saya tanam produksinya kurang optimum…
    ada gak sih kiat2 khusus..
    kami juga sedikit bermasalah dengan pengemasan.. agar tetap terjaga kualitasnya bagimana?
    terimakasih

    • DTC (Drenges Tiram Center) melayani:
      Menjual BAGLOG
      Menjual bibit jamur tiram putih (F2=50rb, F3=20rb)
      Menerima Pendampingan Usaha (±1 jt)
      Menerima Pelatihan Budidaya maupun Produksi mandiri

      HUBUNGI KAMI:
      Alamat:
      Tempat Percontohan Budidaya:
      DTC cabang Bojonegoro : Ds. Drenges RT.4 RW.01, Kec. Sugihwaras, Kab. Bojonegoro
      Tempat Produksi:
      DTC cabang Jombang : Ds. Kabuh Kec. Kabuh kab. Jombang
      Telp: 085 648 432 755
      http://www.drengrestiramcenter.blogspot.com
      Tempat Konsultasi : Surabaya, jombang, Bojonegoro.

  181. saya mencoba membudidayan jamur dimadura dengan cuaca yg selalu panas….
    stlh seluruh polybag putih merata tutup dari polybag sdh saya buka, tapi sdh lbh dari 15 hari jamur tiram tdk jga tmbh. mohon bantuan utk mengatasi solusinya, dan bgman cara menjaga agar kelembapan ruangan tetap terjaga

  182. Dear Bpk, saya domisili mojokerto jatim. saya ingin membuat usaha budidaya jamur.saya bingung banyak yg menawarkan jualan bibit.kira2 bapak ada kenalan yg menjual bibit yang baik di daerah saya? thx

    • silakan berkunjung ketempat kami dijombang, kami menyediakan baglog juga bibit,,,kami juga membina petani jamur plasma dan menerima hasil panen
      GRAHA JAMURKU media komunikasi petani jamur
      0813 5980 1074

  183. aslkm.saya pengen banget budidaya jamur tiram, saat ni dah nyoba 10 log d rumah(salatiga), aktivitas saya d semarang. apakah bisa jika perawatan d lakukan seminggu 1x, u/ nyiramnya ada saudara yg nyiram.mohon petunjuknya.trimakasih.
    oia:salatiga – semarang -+60km/ perjalanan 1 1/2 jam.

  184. Assalamualaikum
    Saya di jember jawa timur ,lagi pingin budidaya jamur
    tapi aku tdk tau cara pembuatan ruangan yang baik dan
    cara memperoleh bibit jamur.tlng bantu saya
    trims
    wassalam

  185. lamat anda dimana pak sis………. sedangkan saya di daerah sidoarjo. apakah alamat anda dekat dengan alamat saya……… tadi saya hub. no. hp anda ternyata tidak bisa tlg donk di balas……… saya butuh bibit jamur tiram putih. kira-kira bibitnya perbajinya berapa yah…….

  186. pak,saya pernah usaha jamur tiram dng cara membeli baglog 2.5rb/bh..pemasarannya saya titipkan tukang-tukang sayur. Tapi kendalanya kalo panen kadang banyak hingga jamur tersisa, kadang sedikit sekali..utk transport kirim aja pas2an..gimana solusinya pak?

  187. Saya mau tanya pak, kalau di sekitar kota medan, dimana saya bisa mendapatkan benih jamur tiram? atau adakah yang bersedia membantu mengajari dan mendampingi saya bagaimana cara membuat benih hingga pemanenan… Saat ini saya sedang di yogya, tapi saya tertarik dengan budidaya jamur tiram dan rencana akan saya kembangkan di kota medan. Terima kasih.

  188. wah budidaya jamur itu bagus ya..
    tapi sebaiknya kita juga bisa menampilkan halaman khusus di website.

    klo ingin buat web dengan mudah dan cepat
    ada kok caranya di mudahbikinweb.co.cc

  189. salam sejahtera Pak Nur,baru 2 bln ini saya telah bekerjasama dgn seorg teman dlm budidaya jamur tiram ini..kami masih sama2 blajar jg. Kemarin kami membeli bibit f2 dgn media bj jagung n disertai petunjuk turunan ke f3 dan f4. tetapi media utk f3-nya ada memakai NPK. apakah masih bisa terbilang pangan organik?
    faktor apa saja yg membuat inkubasi miselium jamur gagal?
    apakah dpt diketahui inkubasi yang pasti berhasil dlm jangka wkt 1 minggu? karena saya melihat ada miselium yg tumbuh halus2 kira2 10%.
    terima kasih banyak atas infonya.

    rida
    erida@gmail.com

    • salam
      NPK bukan organik, dapat diganti tepung tulang tapi belum ada yg nyoba.kegagalan inkubasi lebih banyak disebabkan faktor lingkungan misal kelembapan yang kurang. sehingga jamur tumbuh kurang baik dan warna putih yang merata jadi lambat terbentuk.

  190. terima kasih banyak atas infonya. Jd utk media f3 komposisi bahan yg terbaik terdiri dari apa saja? begitu pula media utk f4?
    lalu bagaimana dgn TSP yg dicampur utk media f4? karena selama ini dari semua buku yg saya baca rata2 menggunakan TSP.
    Terima kasih banyak sekali atas infonya. Sukses Slalu.

    • Komposisi Media tanam jamur umumnya diberi TSP untuk sumber fosfat, karena dalam bahan dasar media belum cukup P, tetapi kalau bahan dasar media sudah cukup kandungan P nya maka tidak harus diberi TSP. TSP bisa digantikan dengan bahan lain dari alam yang banyak mengandung P misalnya tepung tulang, batuan fosfat, dll

      BU Asih FPUPNVYK
      http://sumarsih07.wordpress.com

  191. Pak, saya kmrin berbisnis dengan tmn saya di daerah subang jawa barat untuk membudidayakan jamur tiram. tapi saya hanya membeli Lognya saja, dan skr sedang dipelihara dan dirawat oleh tmn saya di subang. saya mau menanyakan brp lama si Log tsb bisa di panen dgn hasil yang maksimal, dan saya jg mau nanya untuk daerah kota cirebon jawa barat apakah cocok untuk kita membudidayakan jamur tiram ini.

    terima kasih atas perhatian dan jawabannya.

    Jafar
    0815 8413 9825

    • tergantung perawatan. dimanapun dapat asalm kondisi ruang dijaga, bisanya dengan memasang termometer dan higrometer sehingga dapat diketahui kapan dilakukan penyemprotan atau pengkabutan air agar kelembapan dan suhu sesuai

  192. aslm..pak kisaran harga jamur yang standar d pasaran berapa???coz d tempat saya ada yang mencapai 20000/log
    klw 1 log bs brapa kilo haislnya?

  193. pak sis, sy tertark dgn budidaya jamur dan ingin mencb & bljr. tlg diberi pengarahan utk cr pemeliharaan & perawatan jamur serta pemasarannya. sy tgl didaerah sumatera selatan kota Lubuklinggau dkt bengkulu yg setau sy blm ada yg budidaya jamur tiram.

    terima kasih atas perhatian dan bantuannya.

    dody
    0815 32605070

  194. Salam Kenal pak, sy jg tertarik dengan usaha jamur ini… saya juga berasal dari lombok tepatnya daerah Narmada. boleh tahu tempat usaha jamur bapak, biar bisa tanya2 lebih.

    Terima kasih,
    Agus Santana

  195. salam kenal semua.
    maaf pak, saya pingin tanya: mungkinkah media tanam jamur tiram (log nya)di buat ukuran kecil seperti ukuran plastik 1 kg? dan di dalam media tanam yang kecil tersebut di tambahkan pupuk NPK atau bahan-bahan kimia yang biasa di pakai untuk kultur jaringan tanaman?

    misalkan kalo bisa kan bisa ngirit bahan, tempat waktu autoklaf dan tempat waktu inkubasi/penyimpanan.
    thanks pak atas jawabannya. indarto

  196. aww.pak..saya mau tanya jamur tiram bs tdk di awetkan dan gmana caranya.karena kalu dalam jmlah banyak akan d bawa ke luar kota yang memakan waktu 2-3 hari.gmana solusinya?

    trimakasih atas jawabanya.waslm…

    • umumnya jamur tiram tidak dikeringkan tapi dikonsumsi segar, asal dikemas baik dan didinginkan dapat tahan 2 minggu, jadi pengiriman harus pakai pendingin.

  197. aslm..maaf tanya lg pak.maklum bru pemula
    1 log ukran 5 kilo bisa menghasilkan bareapa kilo??dan barapa lama masa produktifnya??
    terimakasih atas jawabanya.
    waslm

  198. bpak sya mau nanya nich?bagaimana tata cara budidaya jamur tiram putih?media yang digunakan agar kualitas jamurnya bagus menggunakan apa?bagaimana cara mendapatkan media tanamnya?soalnya saya mw berwiraswasta jamur tiram putih?saya tunggu jawabannya?atas bantuanya saya ucapkan terima kasih…

    • jawaban sama dengan yg untuk saudara Syafar. silahkan pelajari dari buku2 yg ada dan dicoba jika ada masalah baru diskusi. dari sedikit dulu saja

  199. assalamualaikum,
    Saya tertark dgn budidaya jamur dan ingin mencb & bljr. tlg diberi pengarahan utk cr pemeliharaan & perawatan jamur serta pemasarannya. sy tgl didaerah kudus Jawatengah yg setau sy blm ada yg budidaya jamur tiram.
    Email saya : syafar.libra@gmail.com
    terima kasih atas perhatian dan bantuannya.

  200. assalamualaikum,
    Saya tertark dgn budidaya jamur. mungkin ada informasi cara budi daya jamur daerah probolinggo jatim saya bisa menghubungi siapa? terima kasih sebelumnya

  201. assalamualaikum,
    Saya tertark dgn budidaya jamur. mungkin ada informasi cara budi daya jamur daerah Batam Kepulauan Riau, saya bisa menghubungi siapa? terima kasih sebelumnya

  202. Pak saya memproduksi jamur tiram di area tegal dan pemalang serta menyediakan benihnya.tolong kalau ada rekan2 yang berminat ikut pelatihannya harap hub saya di no. ini 087832142928.trimakasih………….

  203. assalamualaikum pak, sy ristu mahasiswa uin malang asli kediri, sy tertarik sekali untuk mencoba usaha budidaya jamur yg rencananya akan sy buka di kediri atau di rumah sy. kira2 apa bisa bila jamur tiram di kembangbiakkan di daerah panas seperti kediri? kemudian, dimana sy bisa mendapatkan bibit jamur tiram yg baik. karena saya blum bisa sama sekali atau nol pengetahuan ttg jamur itu sendiri. tolong bantuannya

  204. Assalamu’alaikum, setelah membaca info mengenai jamur tiram,saya jadi tertarik mengembangkannya, saya tinggal di surabaya,semoga ada yang mau menampung saya semacam kerja praktek mengenai jamur tiram karena saya tiada ilmu mengenai jamur tiram, jazakallah

  205. Ass….
    saya sudah memulai mengembangkan budidaya jamur tiram di daerah Nganjuk.apakah ada eksportir jamur di daerah Nganjuk?
    Jamur Tiram bisa dikatakan kondisi bagus dan layak dijual dan dikonsumsi?

  206. saya tertarik dgn budidaya jamur tiram, tetapi saya ingin tau lebih jauh lagi cara membuat bibit jamur tiram, karena saya belum tau caranya membuat bibit jamur tiram, bahanya apa dan caranya gimana?

  207. bagi temen2 yang berminat memulai budidaya, konsultasi, atau membeli berbagai kebutuhan budidaya jamur tiram bisa kontek saya di 085292986203. kami menyediakan baglog jamur ukuran 35×20, cincin, plastik, bibit f3, alat press otomatis, dll. alamat di tempel sleman jogjakarta

    bagi yang mau liat2, foto2 atau konsultasi
    GRATIS…
    trimakasih…

  208. Assalamualaikum,
    Saya tertarik untuk budi daya jamur tiram putih, untuk itu saya butuh informasi dimana saya bisa mendapatkan bibitnya, dan berapa harganya.Saya tinggal di daerah pemalang…Jika ada informasi mohon menghubungi saya di nomor 087877141070,081386925992 atau 081932171625.Terima kasih.

  209. saya menyediakan benih F3 super dan log siap panen,bagi anda yang berminat,hub saya di 087832142928.saya berdomisili di tegal.Trims………….

    • mungkin ada yang bisa saya bantu pak dari segi budi daya sampai penyedia bibit atau sekedar konsultasi gpp saya siap, saya domisili di Tulungagung , brama 085710075687

  210. selamat siang teman2 sekalian.
    bagi teman-teman yang ingin budidaya jamur tiram putih dan kuping tapi masih bingung mencari baglog nya khususnya daerah BOYOLALI, KLATEN, SOLO, bisa menghubungi saya di 085647062688. [JAMINAN KUALITAS] InsyaAlloh.
    ato pengin tukar informasi dan pengalaman budidaya jamur bisa via e-mail di : moneylove39@gmail.com

    terimakasih

  211. pak apa perbedaannya F1, F2 dst di tanaman dengan di jamur. kalau dilihat dari penurunan keturunan pada jamur dilakukan dengan cara vegetatif (memindahkan misellium)seharusnya tidak ada istilah F1, F2 dst yang ada ‘klon’ seperti pada istilah di tanaman. adanya istilah F1, F2 dst terjadi karena suatu fusi sel kelamin membentuk sel embrio (pada jamur spora), dan sifatnya akan berbeda dengan induknya. berarti pada jamur keturunan berapapun yang dipakai sebagai bibit tidak berbeda dengan induknya karena dilakukan secara vegetatif. mohon penjelasannya. terima kasih.

  212. Bagi rekan-rekan yang kesulitan menjual jamur tiram, kami bisa membantu untuk kami pasarkan di Surabaya, tentunya rekan-rekan yang tempat budidaya jamurnya di sekitar Jawa Timur. sebagai ilustrasi, kami budidaya dan penjualan jamur tiram sudah berjalan 4 tahun dengan kapasitas penjulan 50-100Kg/hari (Tergantung hasil panen)lokasi budidaya ada di Pacet Mojokerto. silahkan hubungi kami:
    e-mail:wibowo6600@yahoo.co.id
    Phone :0817304727
    Flexi :031-77629757

  213. PAK SAYA AD SDIKIT pertanyaan “”
    lanttai yg lbh sesui untk ruangan produksi jmr tiram, sbaik nya ap y! apkh lantai ubin atau tanah? tolong beri saya jawabanya dan juga alasannya! terima kasih

    • yang murah ya di semen saja. yang penting dapat dibersihkan dengan baik. kalao tanah juga gak masalh tapi sering lembab dan basah sehga memicu kontaminan

  214. mas tlong saya di kirimi cara untuk budi daya yang abaik tapi masuk ke emailku bisa gak..
    karena saya mau melakukan penelitian di kaltim untuk budi daya jamur sangat minim…

  215. saya dri bali pak,,

    saya, pernah ke tmpat budidaya jamur tiram di daerah peguyangan denpasar,,,

    saya sngat tertarik,,

    apa saja hambatan untuk membudidaya jamur tiram itu pak???

    trimakasi

  216. aslm…pak kalau jamur tiramnya layu bentuknya jd agak kuning dan basah itu penyebebnya apa ya bu???gmana teknis penyiraman log yang sedang produksi??tlng dibuatkan vcd pembuatan bibit jamur tiram pak.saya pesan.
    terimakasih..
    arifin Musi Rawas Sumatera selatan

  217. Ass. Pak saya (trisnawaty dari Makassar)butuh info mengenai cara budidaya jamur, merang, sitake, dan jenis-jenis jamur lainnya beserta analisis usahanya, untuk keperluan membuka usaha budidaya jamur dengan teman-teman kuliah saya. saya juga membutuhkan info mengenai berapa banyak yang telah membuka usaha budidaya jamur di kota makassar. saya harap Bapak bisa mengirimkan jawabannya ke email saya: trisna.ar508@gmail.com , Terimakasih

  218. mohon dikirin teknik pengolahan jamur , karena saya ingin usaha pengolahan jamur namun belum mengerti cara pengolahan , dan bagaimana pemasarannya

  219. as.wr.wb..pertama-tama saya ucapkan terimakasih atas artikelnya..langsung aja pak..saya ingin membudidayakan jamur tiram tapi masih belum terlalu mengetahwi cara membuat bibitnya..kalo bisa tuntun saya secara detail..saya bedomisili di lombok timur NTB…wassalam..

  220. ass.
    pak saya domisili di malang dan ada minat untuk budidaya jamur. tapi saya belum tahu berapa modal awal dan bagaimana cara budidayanya serta pemasarannya. mohon bantuannya, terima kasih

  221. assalmualaikum

    Bagi teman yg saya hormati. yang hendak membudidayakan jamur, kami menyediakan baglog, bibit f3 sgala macam jamur, jamur segar, dll

    1. baglog jamur siap panen rp. 1500
    2. jamur segar rp. 7000
    3. alat press baglog otomatis (tlp)

    luar kota ok,

    KONSULTASI GRATIS…
    alamat: jl. tempel turi km 3 soka martani tempel sleman jogjakarta
    CP: 085292986203
    kami tunggu kedatangan temen2..
    trimakasih
    wassalmualaikum.

  222. ass. wr. wb.

    pak saya alo
    saya tertarik dengan budidaya jamur tiram. tapi saya msh belum tahu apapun tentang bagaimana perkembang biakan jamur tiram ini. minta tolong di bantu bagaimana budidaya jamur tiram yang baik secara spesifik
    terima kasih

  223. Mohon maaf sebelumnya,
    Bagi anda yang membutuhkan bibit jamur tiram (log) untuk daerah Purwakarta dsk, dapat menghubungi : Lutfi Adam, 081931423421. Harga : Rp. 1.800 perlog. Sedia pula bibit F1 dengan harga Rp. 20.000,- dan bibit F2 dengan harga Rp. 6.000,-
    Semoga bermanfaat
    Terima Kasih

  224. Assalamualaikum Pak,
    Saya baru memulai usaha budidaya Jamur, kebetulan lokasi saya berada dikota Palembang ( Sumatera Selatan) yg ingin saya tanyakan adalah :
    1. bagaimana dengan cuaca di lokasi saya yg terlalu dingin apakah cocok untuk budidaya Jamur ini?
    2.bagaimana Pemasaran di daerah saya apakah ada orang atau suatu organisasi yg bisa menampung Hasil Jamur nya nanti?
    3.Apakah ada trening untuk menjadi pembudidaya jamur di kota saya ?

    Wassalam,

  225. assalamu’alaikum,
    saya ingin budidaya jamur tapi tidak tahu caranya. setiap artikel yang saya baca isilahnya sulit2. saya ingin penjelasan yang mudah dipahami. mohon bantuan. saya tinggal di pati jawa tengah. dimana alamat penjual bibit dn pemasaran di daerah pati? tolong kirimi penjelasan dan info di email : syahzuhad.aswaja@gmail.com. atau di nomor hp 085226219210. terima kasih. wassalam.

  226. Saya bertempat tingal di kecamamtan jetis bantul (yogyakarta).Sy br 4minggu membudidyakan jamur tiram,Skarang sudah ad jmr yang berbunga.Yang ingin sy tanyakan, dengan suhu 30 derajat,kelembapan 75%, apakah jamur bisa hidup baik? kLu mlm suhu/kelembapan bisa 26/85%… Untuk ruangan saya menutupinya dengan plastik,sedangkan bagian atasnya sy tutup dengan anyaman bambu.Apakah ruanganya sdh memenuhi standart? Mohon d blz lwt email sy.. trimkasih

  227. Saya petani jamur tiram,
    saya minta di bantu pemasaran jamur tiram bagaimana,adakah agen/sales yang mau mengambil panenan jamur tiram dari petani-petani seperti saya?
    saya domisili di tebing tinggi-medan!
    telp saya:0621-24324

  228. Untuk rekan- rekan yang ada di seputaran medan dan sekitarnya, kami aos-farm saat ini menyediakan jamur tiram segar, baglog putih jamur tiram, bibit jamur tiram, dan konsultasi cara budidaya jamur tiram. Untuk jelasnya dapat dikunjungi di http://www.aos-farm.com atau di 08126073836.
    Terima kasih.

  229. pak,maaf saya minta tolong dimana saya harus memasarkan
    jamur saya di daerah tulungagung.
    saya setiap nhari panen +/- 5 kg.
    terima kasih

  230. Salam Sejahtera untuk semua…
    Untuk teman semua yang membutuhkan bibit jamur / bag log untuk jamur tiram, jamur kuping, jamur merang , jamur champignon, dan juga jamur tiram, merang, kuping, champignon segar atau produk olahannya ( kripik jamur, chrispy jamur, jamur kriuk ),dalam skala besar dengan harga kompetitif dan kwalitas bagus, kami siap kirim kelokasi anda.
    silahkan hubungi contac person :
    Yuri Prasetyo No.Hp : 08122712518
    domisili Purbalingga – jateng

  231. Saya tinggal di Lamongan, ingin sekali memulai budi daya jamur tiram, namun perlu informasi yang detail untuk pengembangannya
    barangkali ada informasi yang dekat dengan lamongan
    trim

  232. Assallamualaykum..Allhamdulillah jamur sy sudh ad yg berbunga pak walaupun belum seragam, Sy mao menanykan beberapa pertanyaan pak.Mengapa bunga jamur tdk bs mekar/keriting,Utk penyusunan jamur sebaiknya sampai lapis berapa,klo musim ujan apaperlu jamur disiram air,nenngingat kelembapanya 85-90%.Waktu yg tepat untk membuka bagian belakang baglog jamur,trimakasi pak..puccatsoi@yahoo.com

  233. assalamualaikum…kami mau memulai bisnis jamur tiraam di mataram…siapa yang bisa kami hubungi di mataram…(pendy fathurahman mahasiswa fp ’06)cp : 081917050180.

    • saya siap bantu Pak Nur. saya juga menerima
      Pelatihan Budidaya Jamur Tiram & cara membut bibit sendiri (Kultur Murni, F1, F2 F3 & Media Log jamur siap Panen). Hub. 085 655 723 086

  234. Salam Pak Nur,
    Saya sangat tertarik dengan budidaya jamur. Untuk sekarang ini saya masih belajar dari web maupun buku2, mohon bantuan informasinya untuk penjual bibit dan pengepul jamur di salatiga dan semarang.
    trimakasih

    • tuk mas ady sya dri nganjuk siap membantu pemasaranya,jika sa,at ini ada stok jamur,, ato buat rekan2 semua yg punya stok jamur bsa hub q di 081334907510/087858599499,

  235. Selamat Pagi
    Untuk Para Pecinta Jamur
    Saya Sudiro, kebetulan menyenangi masalah jamur.
    Bagi siapa saja yang ingin memasarkan semua jenis jamur, kami dengan senang membantu memasarkan, menyalurkan jamur ke lokasi saya di tangerang selatan.
    HUBUNGI SAYA BAGI YANG BERMINAT KE ALAMAT
    EMAIL : kecapno1@yahoo.com, atau via hp: 021 70661580
    Terim kasih
    Wassalam
    sudiro

  236. untuk para peminat budidaya jamur saya dapat membantu anda untuk menyediakan baglog.
    juga menjual jamur segar untuk daerah jogja dan sekitarnya.
    bagi yang berminat bisa hubungi saya di 085729000547

  237. saya petani jamur tiram di daerah prigen.
    kalau ada yang membutuhkan jamur tiram segar bisa menghubungi saya di 08134403041 partai amupun eceran.
    terima kasih.

  238. Saya petani jamur tiram di daerah prigen.
    Kalau ada yg membutuhkan jamur tiram yg segar hub = SurianSyah 081344403041.
    Melayani partai maupun eceran.
    Terima Kasih.

  239. sy domisili di balikpapan, menerima pesanan jamur tiram segar dan menerima pelatihan bagi peminat yang serius membudidayakan jamur tiram hubungi 085246623517 / 0542 7227323

  240. Saya pingin mencoba mengkonsumsi jamur tiram sebagai sayur.
    Dimana saya bisa membeli jamur tiram diwilayah Kamal di Madura.
    Mohon informasinya.

  241. Ass.Wbr. mohon maaf Pak, apabila saya terlalu lancang terhadap bapak tentang tulisan ini karena saya ada keinginan untuk mengembangkan keahlian dalam bidang budidaya jamur kuping merah atau hitan bagai mana caranya, agar saya tidak terjebak oleh kemiskinan dan kebodohan lhir dan bathin agr tidak tersiksa.
    Amin dengan ridho Allh agar ilmu bapak diterima oleh Alloh swt. amin

  242. asslm alaikum wr wrb
    pak saya mau tanya,saya sudah budidaya jamur tiram tapi kenapa mulai dari panen pertama umurnya cuma dua bulan panen dua bulan sesudah itu jamur langsung habis ga tumbuh lagi, saya mohon bapak dapat memberikan penjelasan apa penyebabnya atas bantuannya saya ucapkan teima kasih

  243. Minta ijin untuk memposting artikel diatas ke blog saya ya pa.Oiya saya sebenarnya juga tertarik dengan budidaya jamur tiram,saya tinggal di Cirebon dan kesulitan untuk mencari bibit ataupun Baglog barang kali ada yang bisa membantu saya ataupun tempat pelatihan di wilayah Cirebon.Terimakasih

    • Assalamualaikum,wrwb,,,
      sebelumnya saya ucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi seluruh umat islam. semoga kita selalu dalam bimbinganNya. dan trimakasih buat pak nur yang telah memberikan pencerahan dan mediasi kpada orang2 yang ingin berbudidaya jamur tiram.

      sedikit berbagi pengalaman kepada teman2 yang ingin berbudidaya jamur tiram bahwa perlu perencanaan yang matang sebelum jadwal itu dikerjakan. salah satunya adlah tentang kapasitas ruang/gudang. penghitungan yang cermat tentang kapasitas gudang sangat menentukan kontinyuitas produksi jamur yang keluar agar nantinya stabil dalam panen. tidak cuma sekedar langsung banyak trus langsung sedikit jumlah panennya. jika itu terjadi akan sangat mempengaruhi pasar. hal seperti itu sangat tidak diinginkan pedagang pasar. yang mereka tahu adalah mereka mendapat pasokan secara kontinyu. padahal dalam pproduksi jamur panennya naik turun. salah satu cara untuk mengantisipasi hal itu adalah dengan membagi ruang/gudang menjadi empat bagian. bagian pertama diisi pada bulan pertama, bagian kedua pada bulan kedua dan seterusnya. sekian dulu saya mau ngantar jamur ke pengepul. penjelasan selanjutnya secepatnya sya jelaskan.

  244. Assalam mualaikum
    Di kota saya pak(Kendari), belum ada budidaya jamur, sy berminak sekali untuk melakukan budidaya jamur tersebut,,,media banyak terdapat di daerah kami, hanya kendalanya bibit jamur belum ada dijual di kota kami,,,,dan apakah poliback yang digunakan khusus untuk jamur. sebelumnya banyak terimakasih

    • beli baglog untuk dijadikan bibit atau beli jamur lalu dibuat kultur jaringan.di kursus yang dilakukan istri saya diajari cara buatnya. CD belum jadi masih di edit

  245. Pengelompokan jamur digolongkan apa saja, kalo di Kalimantan Timur khususnya Kutai Barat ada gak bibit jamur yang bisa di budidayakan.

    Trus ada petunjuk budidaya jamur yang bapak punya ato semacam bukunya panduan budidaya u/ di jadikan panduan?

    Makasih

  246. Saya tinggal di klaten jateng tertarik sekali untuk usaha jamur tiram,di mana saya dapat penyuluhan tentang budidaya jamur tiram dan di mana saya bisa mendapatkan bibitnya,tolong kirim jawaban di alamat email saya terimakasih

  247. Assalamualaikum Wr. Wb
    Mohon di jelaskan bagaimana cara budidaya jamur tiram secara detail. Dan juga alat dan bahan apa saja yang di perlukan. serta bagaimana cara perewatannya.
    Terima Kasih…….

  248. SLAMAT PAGI, SAYA INGIN BERTANYA PADA BAPAK KENAPA JAMUR TIRAM YANG TUMBUH DI KAYU YANG MASIH HIDUP JAMUR TIRAM ITU BISA BERACUN YA DAN YANG KEDUA KNAPA WARNA JARUM TIRAM YANG DIHASILKAN TERGANTUNG DARI WARNA BIBIT AWAL ?TERIMAKASIH SEBELUMNYA

    • jamur tiram adalah saprofit jadi tumbuh pada bahan yang sudah mati. jika pada tanaman yg hidup mungkin bukan jamur tiram tapi yang lain dan mirip. warna jamur tergantung spesiesnya

  249. saya berminat untuk bisnis jamur tiram…tlg bantu saya dalam pembudidayan dan pemasarannya….saya tinggal di salatiga….dilingkungan saya banyak sekali pengusaha tahu…seandainya tidak dapat serbuk kayu bisa memakai ampas tahu…..terima kasih banyak untuk bantuannya….tolong hub saya di nomor 08151881057 ato ke email saya….

  250. saya tertarik budidaya jamur tiram, kalau di wilayah semarang/salatiga bisa menghubungi siapa ya. kalau sdh ada percontohan di wilayah mana ya? mohon info

  251. kalok boleh saya alamatnya di mataram.saya mansur dari lombok timur sangat tertarik dgn budidaya jamur tetapi saya masih kekurangan informasi tentang bididaya jamur.trims sebelumnya….

  252. Assalamualaikum Wr.Wb
    Paak Numpang Promosi Ya
    Alhamdulillah walaupun di kota kami kota Pekanbaru bersuhu panas, jamur tiram yang kami produksi dapat tumbuh dengan normal berat antara 100 gr s/d 150 gr bahkan 200 gr sekali panen dan dalam satu periode 1 baglog bisa mencapai 300 gr s/d 400 gr.Bagi Rekan-rekan yang ada di Sumatera khususnya Pekanbaru Yang membutuhkan kami menjual:
    - Jamur Tiram segar
    - Media siap panen (baglog)
    - Bibit Jamur Tiram F0, F1, F2
    - Kerjasama/investasi
    Hubungi Kami di
    0819 9325 6754
    jamur_pekanbaru@yahoo.com
    http://www.jamurpekanbaru.multiply.com
    Terimakasih
    Waalaikumsalam

  253. saya ingin sekali mencoba membudidayakan jamur tiram, ya,,mungkin untuk saat ini dalam kapasitas kecil dulu,,
    domisili solo,,
    mohon info pemasaran dan pengepulnya,,
    trimzz

  254. saya minta di bantu pemasaran jamur tiram bagaimana,adakah agen/bakul/sales yang mau mengambil panenan jamur tiram dari petani-petani?
    saya domisili di solo.
    adakah di asosiasi/perkumpulan untuk petani jamur agar dibentuk suatu kemitraan agar harga jamur tiram di pasaran stabil.mohon bantuannya, mengingat saya baru memulai usaha ini dengan modal kerja yang sangat kecil, karena saya masih mahasiswa.
    terima kasih.

  255. Ass, Pak saya ingin memulai budidaya jamur, domisili saya di Purwakarta Jawa Barat. Baiknya apa yang harus saya lakukan pertama kali dan apakah mudah pemasarannya?.
    Terima kasih

  256. Ass.Wr.Wb
    langsung saja pertanyaan saya :
    1. data demand/permintaan pasar dunia akan jamur tiram n merang?
    2. sumber data tersebut dari?
    3. bisa lihat data akurat di mana? (web)
    Mohon maaf, pertanyaan singkat saya ini yang menjadikan acuan atau motivasi budidaya jamur yang akan saya kembangkan…..

    Salam Hormat

    farid singgih prihutomo

  257. Assalamu’laikum pak.
    saya tinggal di Lombok Tengah NTB dan sangat tertarik dengan budidaya jamur tiram tetapi saya tidak tahu di mana saya bisa mendapatkan bibitnya di Pulau Lombok. untuk itu mohon petunjuk bapak. terimakasih.
    Wassalam.

    • waalaikum salam

      kami GRAHA JAMURKU media komunikasi petani jamur dijombang, siap supley bibit sampai keluar pulau.
      contac : 0813 5980 1074

  258. garut sekarang sudah banyak loh budi daya jamur turam
    malah teman ku sendiri yang sudah bisa bikin f1..hebatkan,and lw kalian pengen gabung jadi kelompaok tani silahkan dengan senang hati di antar ke rumahnya

  259. Untuk team semua, saya salah satu peminat budi daya jamur, untuk memulai masih kendala pada peroleh bibit, untuk itu bagi team semua mohon infonya penjualan bibit untuk daerah MEDAN sumatera utara. tks

    • Bang reza,

      Minggu lalu saya sudah mulai budidaya jamur tiram, kelihatannya bibit yang saya tebar sudah mulai tumbuh serta menyebarnya benang2 putih halus di media tanam. senang sekali melihatnya, ternyata satu langkah saya sudah berhasil.

      oh ya… saya beli bibit jamur tiram di pameran Taman A. Yani – Medan. Penjualnya Pak Ferry telp 0817210019

    • tidakmasalah selama anda dapat menjaga kondisi kelembapan.saya di Jogja di garasi depan rumah yang terbuka saya coba juga dapat tumbuh baik

    • untuk bibit car buat bibit mulai dari jamur ke biakan murni hinggta menjadi F1, ada pelatihan yang ngasih istri saya silahkan kunjungi di http://sumarsih07.wordpress.com anda kan diajari secara detil. tiap bulan ada kok pelatihan dan diikuti dari berbagai daerah. silahkan kontak saja

  260. Aslmlkm…..pak saya dari gresik ingin usaha jamur tiram tapi kalau kemarau panas sekali bisa tidak pak ya? dan harga per kg brapa kira-kira digresik pengepulnya ada gak pak?

    • waalaikum salam, jamur alami memang ditentukan oleh musim tetapi budidaya jamur tidak kenal musim, sedangkan untuk penanganan ketika musim kemarau memang sedikit berbeda, itula tantangan kita.
      jangan takut masalah pemasaran sejau ini tidak ada kendala bakan kami sering menerima pesanan dari gresik dan tuban. GRAHA JAMURKU media komunikasi petani jamur 0813 5980 1074

    • Waalaikum salam
      Jombang merupakan dataran rendah dengan suhu kisaran 31c tidak terlalu jau beda dengan gresik,tetapi jamur yang dihasilkan tidak jau bedah dengan dataran tinggi seperti malang…asal qta bisa tentukan bentuk atau model kumbung sehingga suhu stabil sama dengan datarang tinggi dan cara penataan log…silakan datang ke tempat kami di jombang.kami juga membina petani di tuban.contac 0813 5980 1074
      salam GRAHA JAMURKU

  261. Pak, sy sangat sewnang dng artikel jamur anda, untuk itu sy mhn info harga bibit siap proses , artinya yg sdh umur 1 hari. Mhn dinfrmasikan pak. Oh iya sy tinggal di Jember , dimana prospek pemasaran jamur tiram cukup menjanjikan. skl lg mhn info ya pak, dikirim via email saya

  262. Assalamu’alaikum wr.wb.

    pak saya seorang petani jamur, selama ini saya mendapatkan medianya dengan cara membeli. namun setelah saya pikir lagi dari segi biaya, saya ingin belajar membuat bibit jamur tiram mulai dari F0. dimana saya bisa mendapatkan pelatihan seperti itu.

    • Bagi yang pingin SUKSESSSSS Budidaya jamur di daerah Kediri-Jatim dan sekitarnya. Consult dgn kami, juga menyediakan bibit unggul F1, F2, F3 & MEdia Baglok – Pelatihan juga Oke
      Info : 085 655 723 086

  263. Kami Shalahuddin Multiusaha Mandiri dengan unit Usaha Shalahuddin Farm sedang menegembangkan usaha agrobisnis terintegrasi.Dalam dekat ini kami kami coba fokus untuk komoditas jamur,sayur dan buah(segar maupun olahan).Info lengkapnya dapat dilihat pada link dibawah ini

    http://shalahuddin-mandiri.indonetwork.co.id/

    Kami berdomisili di Cilacap-Jawa Tengah

    Terima kasih
    Hormat kami

    Kartino
    085292965984 (Call/SMS)

  264. Dear ibu angelina,

    kalau boleh tahu harga beli jamur tiram ditempat ibu berapa?apakah sudah termasuk biaya pengiriman?. saya berdomisili di Yogyakarta, tolong saya dikasih daftar harganya. No telpon ibu angelina yang bisa dihubungi berapa?. saya ingin usaha budidaya jamur, mohon bantuannya..saya tunggu khabar selanjutnya.

    Regards,
    Ahmad= hp 0817 914 3732 atw bestt_37@yahoo.com

  265. Pak saya domisili di Samarinda,kebetulan saya tertarik dengan budidaya jamur.Sebagai pemula apa saja yang harus saya siapkan. Kebetulan sepertinya di Samarinda saya belum dapat informasi mengenai budidaya jamur ini, bibitnya pun saya tidak tahu harus saya dapatkan dimana di Samrinda. Dan untuk Samarinda bagaimana pemasarannya?, thx

  266. Saya ingin sekali membudidayakan jamur tiram, dan saya tinggal di kampar Riau, namun kendalanya saya kesulitan mencari bibit pak,tolong pak infomasikan apakah ada yang memebudidayakan jamur tsb. Dan bagaimana cara membudidayakannya. Nb; tlng dibalas ke email saya….. terima kasih.

  267. saya dr lampung saya ingin bertanya apakah bisa membudidayakan jamur tiram di daerah lampung yang terkenal dengan suhu extra panas.
    tolong berikan pengarahan pada saya bagai mn menyiasati untuk membudidayakan jamur tersebut.
    terima kasih.
    magicman182@gmail.com

  268. Ass,, minta bantuannya untuk memasarkan jamur merang.

    saya berdomisili di daerah Bumiayu/ brebes, trm kasih sblumnya atas jawabannya.

  269. Bagi teman-teman yang membutuhkan perlengkapan untuk membuat baglog sperti : Kapas ( 1 kg Rp4500), cincin log perbiji Rp 75, plastik lipat ( 35 x 20 Rp 22rb/ kg dan 18×30 Rp 22rb/ kg ). kami juga menjual bibit jamur merang, kripik jamur 45rb/ kg. dapat hubungi kami Pelita Desa ( 02749260031)

  270. Salam kenalPak. Saya Ivan di Batam. Saya sangat tertarik untuk membudidayakan jamur tiram tetapi saya tahu harus memulai dari mana.mohon petunjuk.untuk di Batam potensinya cukup bagus.Mohon informasi disampaikan ivan_7114@yahoo.co.id

    Salam dan terima kasih
    Ivan

    • Numpang Promo Pak Yaa
      Untuk Rekan-rekan di Daerah Sumatera khususnya PEKANBARU yang membutuhkan Bibit Jamur Tiram dan Baglog/media siap panen silahkan hubungi kami di jamur_pekanbaru@yahoo.com, website: http://www.jamurpekanbaru.multiply.com, Hp 0819 9325 6754 (S.Khoirudin) Alhamdulillah Jamur Tiram Kami TERBUKTI dapat hidup dengan normal walaupun dikota bersuhu panas yaitu dapat menghasilkan 100 gr s/d 150 gr sekali panen dan 300 gr s/d 400 setiap log dalam satu periode. TERIMAKASIH

  271. AKU DIMAS Saya butuh dana utuk pengembangan jamur apa aja di pontiank mohon para pebesar dan para jutawan bantu saya ituk mngembang kan jamur ini di t4 saya di kalimantan pontiank. balas ya nn telp saya di no.
    081345979737

  272. saya domisili di pasegan kulon kecamatan sukodono sidoarjo. bagi para pemula atau penggemar budidaya jamur tiram..kami menyediakan baglog jamur tiram…atau serebuk kayu tuk pembibitan.. bagi yang ingin belajar atau memasarkan jamur tiram. kami dapat membantu. hub kami di e-mail kami atau di rumah kami. ma,af hanya malam hari kamai di rumah.

  273. sy tinggal di sby, tp sy berencana utk mengembangkan budi ddaya jamur terutama tiram buat di daerah jember.. bisa di bantu info di jember dimana bs dpt bibit sm ada pembinaannya tdk? di tunggu sgr.tq

      • pak tolong kasih info tempat beli bglog yang deket tempat tinggal saya Jepara…. kmren dikasih tau temen klo di klaten ada tapi terlalu jauh dari tempat saya. di deket rumah ada yang jual bglog sich tapi kwalitasnya masih meragukan masalahnya baru pertama kali bikin sendiri. tolong kasih tau infonya yah pak….. thanks

  274. “JAMUR KAYU MAS”
    Mari sukses dengan jamurrrrrrrr
    budidaya jamur emang unik dan nyata bukan MLM.
    dengan modal sedikit bisa menjadi kayaraya apalagi bahan-bahan cuman dari limbah kayu kemudian kita manfaatkan. Dengan Modal 1 botol Kultur murni kita uda punya 25.000 media Baglog kemudia panen jamur 50 Kg tiap hari. 1kg=10.000×50kg= Rp500.000,-
    Tiap hari lueh coy dpt gocek segitu

  275. Saya menyediakan cicin log jamur dengan harga Rp. 75 perbiji. Dan menjual bibit jamur merang.Bagi yang berminat dapat hubungi saya di jogja 0274 9260031

  276. saya tinggal di Jepara kota ukir, saya ingin usaha budidaya jamur tiram dan kuping… tapi saya belum tau bagaimana cara dan pemasarannya. Dan bagaimana cara/proses pengeringan jamur tiram dan kuping? thanks buat infonya…………..

  277. saya tinggal di pandegalang banten, ingin nyoba budi daya jamur, ingin tanya untuk rumah inkubator spt apa biar jamur bisa bagus, saya dah pernah nyoba tp banyk yg gagl, medianya jadi hitam n ga jadi

  278. pak saya ingin membuka usaha crispy dan sate jamur toiong dibantu resepnya mungkin bapak tau.bagaimana cara menunda panen jamur agar stabil?

  279. pak nur saya mau tanya kira2 serbuk gergaji 1 ret dibuat bglog dengan ukuran plastik 18 kali 35 jadi berapa log & harga serbuk gergaji 1 ret dipasaran umumnya berapa?terima kasih pak.

  280. yang punya info penjual bglog deket jepara tolong kasih infonya…. cz kmren dikasih tau sama temen daerah klaten ad tapi terlalu jauh dari jepara… transportnya mahal lom beli bglog-nya. di deket rumah saya ada tapi kwalitasnya gak meyakinkan soalnya baru pertama bikin blog-nya sendiri. tolong klo tau kasih infonya yah thanks……

  281. saya berdomisili di balikpapan KAltim,baru dengar tentang budi daya jamur tiram,rencana saya akan ikut berbudi daya juga,mohon bantuan nya pak,apa itu tentang bahan2,cara,kondisi lingkungan jamur dsb.dan informasi tentang pembeliaan bahan2 tsb yg terdekat dgn balikpapan dimana,atau ada kah alamat yg bisa di hubungi atau via telp, jika ada fleksi bagi saya dapat berhemat untuk mempertanyakan banyak hal disana.
    terimakasih

    • Temen-temen yang pingin SUKSESSSSS Budidaya jamur di daerah TulungAgung-Jatim dan sekitarnya. Kami siap melayani PELATIHAN Lengkap Mulai membuat bibit (F0 – sampai Media Baglog Jamur),Kami juga menjual bibit unggul F0 = Rp. 250.000/Botol.
      F2 = Rp. 75.000/Botol.
      F3 = Rp. 5000/botol.
      Media Baglog = Rp.@-1700 –
      Consultasi Gratis
      Hub : 085 655 723 086 Bpk. Andry – Tulung Agung-Jatim

      • assalamualaikum pak ANDRY..

        saya memang mau suksees dari berbudidaya jamur ini pak…Saya berharap saya bukanlah orang yang ketinggalan informasi bagus ini
        Mohon sarannya pak..
        sebelumnya saya ucapka n terimakasih..

  282. asalam….
    saya Riyadhie, usia 21 th,asal dari daerah purwokerto jawa tengah, saya meminta tolong untuk di beri petunjuk ( langkah – langkah awal untuk berbudi daya jamur )
    atas batuan bapak. saya ucapkan banyak terimakasih
    wasalam.

  283. pak, kami petani jamur mencoba budidaya 2000baglog menemui kendala yaitu jamur kami dikerumuni mrutu maupun semut apa tidak berpengaruh?/ gimana cara mengatasinya?

    terimakasih.

  284. Assalamu’alaikum wr. Wb.
    saya tertarik dengan budidaya jamur dan akan mulai mencoba membudidayakannya, bagaimana saya harus memulai.. lokasi saya di pekalongan jateng…
    kira2 modal awal yang harus saya keluarkan berapa?
    dan benihnya bisa didapat dimana…tentunya yang paling dekat dengan lokasi saya… mohon penjelasannya..
    maturnuwun sanget sakderenge…

  285. Perkenalkan pak Nur kami dari kelompok tani Agro Bangkit Sejahtera Semarang kami menyediakan baglog jamur tiram, kuping, ling zhi. kami juga memproduksi cincin baglog sendiri , bagi teman2 yang membutuhkan bisa hubungi kami di 085865292882, 081901238701.
    Trimakasih pak Nur.

    • alamatnya saya muat di artikel tentang alamat pelatihan ya… biar tersebar. kalo pas ke Semarang boleh mampir tidak? dimana semarangnya

      • Maaf pak Nur saya baru balas sekarang.
        alamat kelompok tani Agro Bangkit Sejahtera Semarang, jl.purwomukti dalam 3 no.16 pedurungan lor.
        Besar harapan kami bila pak Nur singgah ketempat kami. Kami tunggu kehadirannya pak. Tolong balas lewat email kami pak. Trimakasih.